 
  Mau curhat lagi deh. Kali ini saya mau bercerita pengalaman apes saat
  menggunakan jasa dari sejasa.com. Ini bukan pertama kalinya saya memesan
  pelayanan disana, sudah beberapa kali, sering lah. Tapi baru kali ini ketemu
  penyedia jasa yang tidak bertanggung jawab.
  Singkatnya, saya (dan istri) kesampaian untuk pindah tempat tinggal. Jadinya
  kami butuh teknisi yang bisa bantu bongkar pasang AC dari alamat sebelumnya.
  Berhubung teknisi langganan sedang berhalangan, akhirnya saya pesan lagi di
  sejasa.com
  #1. Memesan Jasa Bongkar Pasang AC dari Sejasa.Com
  Sejauh pengalaman, pesan jasa di sejasa.com gampang banget, tinggal pesen
  pelayanan, kasih catatan (kalau ada), tentuin jam pengerjaan. Jasa pemasangan
  AC ini saya pesan untuk dikerjakan hari Sabtu, 24 Oktober 2020, jam 12:30 WIB
  siang.
  Tinggal tunggu beberapa saat, biasanya beberapa menit kemudian akan ada
  penyedia jasa yang menghubungi. Seperti di bawah ini percakapan saya dengan
  penyedia jasa dari sejasa.com
  Obrolan punya obrolan, akhirnya saya memutuskan agar pipa AC disediakan saja
  oleh mereka. Perbedaan harga sampai 20 ribu. Kalau beli online di kisaran 45
  sd 55 ribu, untuk pipa AC R410/A dengan tebal 0.6mm. 
  Mereka menawarkan harga 75ribu per meternya. Angka yang lumayan sebenarnya.
  Tapi tak apalah, yang penting pipa nya aman, tidak bermasalah dan dapat
  dipertanggungjawabkan.
#2. Teknisi Telat Hingga 3 Jam
  Sekitar pukul setengah 11 siang, saya hubungi si penyedia jasa untuk
  konfirmasi pengerjaan. Jawabnya "jadi" dan dijanjikan ba'da dzuhur. Saya
  tunggu-tunggu kok tidak ada kabar sama sekali.
  Setelah 2 jam menunggu akhirnya saya minta agar pengerjaannya dicancel saja.
  Karena saya khawatir pekerjaannya akan sampai malam dan akhirnya mengganggu
  tetangga.
  Oh iya, di sebelah, ada 2 rumah yang saat ini tengah renovasi. Pukul 5 teng,
  biasanya kerjaan mereka sudah berhenti. Engga ada yang ketak ketok. Masa saya
  sebagai penghuni baru kok wani wanian bikin kebisingan.
  Setelah saya minta cancel, akhirnya saya dihubungi oleh teknisi yang infonya
  sedang di jalan dan baru selesai ngambil peralatan. Mereka bilang sedikit lagi
  sampai, tapi ga bilang sudah sampai mana.
#3. Kerjaan Kotor dan Bermasalah
  Akhirnya, efektif pekerjaan dimulai sore. Saya memang tidak pantau terus tiap
  saat apa yang mereka kerjakan. Kecewa saya melihat sentuhan pertama saja sudah
  ngotorin dinding. Kok gini amat ya kerjanya. Padahal westafel dekat, sabun
  juga lengkap, handuknya juga ada.
  
    
      |   | 
    
      | Foto dari kamera saya tidak bisa menunjukkan banget objek kotornya, tapi
        kontras kalau dilihat secara langsung. Mengingat dinding baru dicat. 
 | 
  
  Sebenernya yang begini bikin males, kalau diliatin terus berasa kayak "bos".
  Engga diliatin khawatirnya aneh-aneh. Panjang cerita.. sampai menjelang
  maghrib, AC juga belum terpasang. Masih belum beres.
  Sampai waktu Isya (sekitar pukul 19:00 WIB), unit indoor/outdoor sudah
  terpasang. Tapi AC masih belum bisa nyala. Ada masalah kelistrikan antar unit
  indoor dan outdoor. Mereka menduga kabel yang saya beli bermasalah.
  Pff, ya test aja kan gampang. Tapi mereka engga bawa test pen (voltage
  tester). Didapati juga blok es di bagian outdoor, artinya ada kebocoran.
  Akhirnya yang dikhawatirkan pun terjadi, mumet sudah saya, jam segini belum
  kelar.
  #4. Teknisi Izin Mengambil Peralatan Hingga 2 Jam
  Saya konfirmasi juga kepada teknisi apakah masalahnya berat dan mudah
  diselesaikan? Mereka optimis bukan masalah yang berat. Btw AC saya ini juga
  masih tergolong baru dan rutin service, terakhir sebelum dibongkar juga baru
  saja diservis dan isi full freon.
  Selepas isya akhirnya teknisi minta izin keluar sebentar untuk mengambil
  peralatan. Saya "ok" in saja, mungkin cuma mau ambil test pen di toko
  elektronik terdekat. Namun ternyata berjam-jam tidak ada kabar.
  Selama 2 jam saya (dan istri) di rumah tidak bisa ngapa-ngapain, kondisi rumah
  masih berantakan, aktifitas terhambat pokoknya. Pukul 9 malem kurang, baru ada
  kabar dari teknisi. Baru sampai ke lokasi kembali pukul 9 malem. 
  
    
      |   | 
    
      | Pesan bawah terakhir adalah masalah lain setelah instalasi AC, saya
        ceritakan di bawah. 
 | 
  
  Saya fikir tadinya cuma ambil test pen doang. Lumayan terkejut saya kok mereka
  ngambil freon lagi.
  
    - 
      Saat kedatangan, saya lihat mereka sudah menenteng tabung freon. Ini salah
      freon, atau freon yg mereka bawa habis?
    
- 
      Sebelum AC dibongkar (oleh teknisi lain), saya baru saja service cuci AC
      & isi full freon. Mereka bilang teknisi sebelumnya engga "ngunci"
      freon saat bongkar AC, jadinya habis.
    
    Ah sudah, mumet. Pukul 9 malem teknisi kembali, dan langsung saya tanyakan,
    "apakah AC nya bisa dibereskan secepatnya?". Kalau masih belum ketemu titik
    masalahnya, saya minta dilanjut besok pagi saja, karena mau istirahat dan ga
    enak sama tetangga.
  
 
  Akhirnya mereka optimis, dan bilang tinggal masalah sambungan kabel yg
  bermasalah & isi freon, akan selesai dijanjikan pukul 10 malam. Okelah
  pekerjaan kita lanjut dengan catatan tidak ada kebisingan.
  #5. Akhirnya Pasang AC pun Selesai, Pukul 10 Malem. Kwitansinya mana?
  Sebagai informasi, orang yang saya hubungi sebelumnya di whatsapp saat memesan
  jasa, adalah berbeda dengan teknisi yang mengerjakan. Bisa dibilang beliau
  adalah "bos" atau "admin" perusahaan mereka. 
  Pekerjaan pun selesai pukul 10 malam. Teknisi saya tanyakan tidak pernah
  memberikan kwitansi manual dan selalu diurus oleh admin mereka. Jadi saya
  tanyakan ke admin tersebut:
  
    
      |   | 
    
      | Penyedia jasa (ET) Elektro Tehnik tidak menginput biaya pipa di
        invoice 
 | 
  
  Total biaya yang saya bayarkan adalah Rp1.125.000,-. Bukan saya tidak aware
  dengan harga pipa yang tidak diinputkan ke dalam invoice, karena biasanya
  pihak penyedia jasa dari sejasa.com selalu memberikan ini.
  Udah capek, pengen istirahat. Mereka menjanjikan garansi 1 bulan sejak
  pamasangan. That's nice.
#6. Unit Outdoor AC Tiba-Tiba Jadi Berisik
  Karena rumah minim ventilasi, AC cuma kami hidupkan malam hari.
  Pagi/siang/sore kami usahakan buka pintu dan jendela supaya ada pertukaran
  udara. Apalagi saat istri saya memasak. Saya (dan istri) aware kalau AC ini
  makin malem kok dinginnya berkurang.
  2 hari digunakan, outdoor tiba-tiba berisik bunyi "krek krek" seperti AC
  rongsokan. Tapi dinginnya masih kerasa walaupun jauh berkurang. Keesokan
  harinya saya laporkan issue ini ke penyedia jasa (ET) Elektro Tehnik.
  
    
      |   | 
    
      | Keluhan 1: Tidak ada follow up pengecekan | 
  
Begitulah, cuma dijawab seperti itu. Padahal saya tunggu kabarnya dari teknisi
buat nge-cek langsung. Seharian tidak ada kabar lanjutan dari penyedia jasa.
Selasa malamnya, kami sudah merasa AC nya tidak normal. 
#7. AC Bocor, Tidak Dingin Sama Sekali
  Ternyata AC nya bermasalah. Saya temukan embun yang tebal banget di pipa AC,
  sampai menetes ke bawah. Kipas indoor berputar tapi tidak ada dinginnya,
  bahkan tidak ada pembuangan air yang keluar. Juga terdapat blok es di
  sambungan unit oudoor. Kemudian saya laporkan lagi ke penyedia jasa.
  
    
      |   | 
    
      | Penyedia jasa mengaku kebanjiran, dijanjikan lusa akan dikerjakan. 
 | 
  
Saya (dan istri) harus bersabar lagi. Karena AC baru bisa dibenerin lusa,
berarti hari Jumat, 30 Oktober. Yasudahlah ya, mau gimana lagi. Terpaksa pakai
kipas angin dulu.
  #8. Penyedia Jasa Mulai Terlihat Tidak Bertanggung Jawab
  Saya bukan pelanggan yang bawel dan cerewet ya. Tapi dari awal saya lihat
  penyedia jasa ini tidak menunjukkan gelagat ingin menyelesaikan pekerjaan.
  Jadi saya konfirmasi lagi keesokan harinya.
  Lihat pesan saya di hari kamis, 29 oktober 2020. Tidak ada tanggapan sama
  sekali. Okelah karena mereka bilangnya belum beroperasi. Hari jumatnya juga,
  tidak ada balasan, padahal statusnya saat itu sedang "online" dan pesan saya
  sudah di-"read". Thanks whatsapp.
  Firasat saya sudah ga enak. Akhirnya saya putuskan memberi
  
review di sejasa.com
  karena saya sudah ditodong terus-terusan untuk mereview pekerjaan yang belum
  selesai ini. Really, saya berikan review buruk dengan bintang 1. 
  Akhirnya pesan whatsapp saya dibalas dan dijanjikan akan dikerjakan esok
  harinya, Sabtu 31 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB. Mari kita lihat.
  #9. Pihak ET (Elektro Tehnik) sejasa.com Tidak Bertanggung Jawab
  Sampai hari yang dijanjikan, saya tunggu-tunggu konfirmasi dari teknisi
  Elektro Tehnik mengenai pengerjaan AC, engga ada kabar. Akhirnya saya
  inisiatif untuk menghubungi.
  Kecewa saya. Pesan whatsapp tidak dibalas, hanya di-read saja. Telfon juga
  tidak diangkat. Begitu juga teknisi yang mengerjakan, tidak ada tanggapan.
  Okelah darisini saya menyimpulkan pihak ET Elektro Tehnik sejasa.com tidak mau
  menyelesaikan pekerjaannya.
  Saya kumpulin semua percakapan w.a, kwitansi, bukti pengerjaan, dan hal-hal
  lain yang dibutuhkan untuk melaporkan pihak ET Elektro Tehnik ke sejasa.com
  atas dasar tidak bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan.
  #10. Melaporkan Penyedia Jasa (ET) Elektro Tehnik ke sejasa.com
  Benar-benar kecewa. Baru kali ini saya temukan penyedia jasa dari sejasa.com
  lari dari tanggung jawab. Saya pernah menerima jasa dari teknisi lain yg
  kerjaannya kurang bener, tapi dia bertanggung jawab sampai akhir, tidak kabur
  seperti ini.
  Berikut laporan saya ke sejasa.com terhadap penyedia jasa ET Elektro Tehnik.
  Yah, isinya sama dengan yang saya ceritakan diatas. Dari laporan ini, saya
  berharap sejasa.com dapat membantu menyelesaikan pekerjaan ini.
  Tidak lama kemudian, saya menerima email balasan dari sejasa.com terkait
  konfirmasi pelaporan kinerja Elektro Tehnik tersebut. Mereka bilang akan
  secepatnya akan menghubungi pihak ET Elektro Tehnik untuk menyelesaikan
  pekerjaannya.
  Kemudian saya akan dihubungi di hari kerja (minggu depan) untuk konfirmasi
  terus progress masalah ini. Dari sini saya apresiasi sekali terhadap tanggung
  jawab sejasa.com.
  11. Memanggil Teknisi Lain, Masalah, Perbaikan, dan Biayanya
  Yasudah biarlah, sekiranya sejasa.com lebih mengerti dan sudah punya prosedur
  sendiri untuk laporan diatas. Saya engga terlalu berharap ET Elektro Tehnik
  mau menyelesaikan tanggung jawabnya. Udah kecewa. 
  Jujur saya engga gitu memikirkan biayanya, tapi lebih kecewa dari cara mereka
  "kabur". Entahlah kalau dihitung paling untung berapa, dibawa kabur juga
  untungnya berapa pak. Saya khawatir di akhirat nanti engga bisa bales.
  Maka saya ikhlaskan. Dah ah malah ceramah kayak naruto. Akhirnya di sore hari
  saya pesan jasa lagi di sejasa.com untuk memperbaiki AC yang bermasalah
  tersebut. 
  Di sejasa, kalau pesan untuk pengecekan, kita dikenakan biaya Rp75.000 rupiah.
  Maka ini sebenarnya saya pesan minimal untuk mengetahui apa saja yang rusak
  dan kira-kira biayanya berapa. Supaya tenang dulu dan engga kepikiran, lalu
  dilanjutkan besok.
  Namun teknisi dari 
Adinda Tehnik lumayan cepat mendapati root cause kerusakan
  AC nya, yaitu pemasangan pipa di unit indoor yang bermasalah, ada sambungan
  yang retak di-ujungnya. Oleh karena itu embun dan blok esnya muncul karena
  terjadi kebocoran.
  Karena mereka percaya diri bisa selesai dalam 1 jam, akhirnya perbaikan
  dilanjut. Dan selesai dengan total biaya 725 ribu.
  Sudah saya tebak akan isi ulang freon full 350ribu rupiah (yang seharusnya
  menjadi tanggung jawab penyedia jasa Elektro Tehnik). Tapi saya baru tau kalau
  ada yang namanya "flushing" alias pembersihan pipa AC.
  Katanya flushing ini merupakan SOP yang harus dikerjakan saat bongkar pasang
  AC, dari vendor AC sendiri biasanya menyatakan bongkar pasang AC tanpa
  flushing tidak mendapatkan garansi. 
  Jadi mengingat biaya yang ditawarkan lumayan (Rp375 ribu rupiah), saya coba
  cari info dulu mengenai flushing ini dan emang engga ketemu pasarannya, tiap
  teknisi beda-beda mematok harganya. 
  Tapi karena teknisi Adinda Tehnik berani menjamin tidak akan ada kebocoran
  & AC bisa dipastikan dingin, dan tidak ada masalah yang timbul. Maka kita
  sepakat untuk melanjutkan proses flushing... dan akhirnya sampai hari ini AC
  masih terasa dingin dan tidak ada masalah yang muncul.
  Ngomong-ngomong, malem harinya (sudah hari minggu pagi) pukul 12 malem saya
  dihubungi lagi oleh pihak Elektro Tehnik bahwa mereka mau menyelesaikan
  pekerjaannya. Pff, dah ah. Ntar malah makin rusak. 
  12. Sanksi Terhadap Penyedia Jasa ET Elektro Tehnik
  Hari senin, 2 November saya mulai mendapati telfon dari pihak sejasa.com
  terkait progress masalah ini. Saya jawab kalau penyedia jasa ET Elektro Tehnik
  sudah menghubungi saya namun masalah AC sudah diselesaikan oleh penyedia jasa
  yang lain.
  Beberapa hari setelahnya saya perhatikan profile ET Elektro Tehnik di lama
  sejasa.com tidak bisa dibuka alias 404 not found. Entah emang error atau ada
  kaitannya dengan masalah ini, entahlah.
Yah semoga saja mereka lebih profesional dalam bekerja. Sekarang
profilenya sudah bisa kembali. Silakan yang penasaran bisa memesan jasa disana, saya tunggu keluhannya di
kolok komentar.
  
  Kesimpulan
  
    Dari begitu panjang curhatan saya mengenai pengalaman memesan jasa di
    sejasa.com, agar sekiranya menjadi pendek namun bermakna, ini kesimpulan dan
    saran yang bisa kita petik:
  
  
    
      - 
        Perhatikan review penyedia jasa saat ingin menggunakan jasa mereka dari
        sejasa.com, jika banyak ulasan kekecewaan, sebaiknya cancel saja dan
        pilih penyedia jasa yang lain.
      
- 
        Saat membongkar AC, pastikan teknisi agar mengunci freon agar kita tidak
        harus mengisi ulang freonnya.
      
- 
        Selalu supervisi penyedia jasa saat bekerja, komunikasikan agar
        pekerjaan bersih dan tidak asal-asalan.
      
- 
        Kalau teknisi sudah telat, lebih baik batalkan. Biasanya kalau udah telat, kerjanya
        juga banyak yang engga bener.
      
- 
        Upayakan hal penting terekam di histori percakapan whatsapp agar bisa
        menjadi bukti sewaktu-waktu terjadi masalah dengan penyedia jasa
        sejasa.com
      
- 
        Selalu minta kwitansi manual dari penyedia jasa atau minimal penyedia
        jasa menginputkan lengkap total biaya di invoice dari sejasa.com
      
- Cari tau pasaran harga jasa/barang yang kamu pesan. Jika dirasa terlalu mahal, lebih baik jangan dikerjakan terlebih dahulu.
      Dah.. begitu saja. Sekiranya pengalaman ini bisa bermanfaat sesama. Monggo
      yang mau komentar lewat channel telegram
      
silakan bergabung kemari.
     
 
 
terima kasih atas reviewnya, saya jadi lebih aware.
ReplyDeleteYap, biar jadi pengalaman saya aja, yg lain jangan, hehe
Deletepanjang artikelnya, tak baca sampe abis biar ga kena tipu.. thanks gan
ReplyDeleteTerima kasih kunjungannya, semoga bermanfaat
DeleteSaran aja ia pak setidak nya jangan sampai ada pekerjaan di malam hari aja untuk mengerjakan ac ,dan menganggu aktifitas dan untuk pengerjaan nya pasti kurang maxsimal,untuk penyedia memang rendem siapa cepat dia dapat untuk pekerjaan nya pak.. saya juga salah satu dari jasa ac di sejasa.com tidak pernah sampai seperti bapak yang alami.. lebih hati hati aja pak memang kita sama sama saling membutuhkan tapi customer yang bisa menilai dan memilih .. terima kasih.
ReplyDeleteBaca baik2 pak teks ulasannya, baru komentar. Yang mau mengerjakan malem malem itu teknisinya. Bapaknya pesan untuk pengerjaan siang jam 12.30 ya, yg molor sampe jam 5an itu ET tekniknya. Kelar kelar jam 10 malem. Ngga mungkin itu AC dikelarin sendiri kan sama bapaknya.Mana kerjaan ditinggal pergi juga ngga kira2 lamanya lagi, sampe 2 jam. Parah bangetlah inisih. Saya juga pernah pesan lewat sejasa, kecewa banget. Udah teknisi ngomel2, minta bintang 5 lagi. Kesel jadinya, ngga mau lagi pesen di sejasa.
Deletesaya service AC belum lama di teknisi tersebut. dan saya conplain AC tidak dingin selama seminggu. kebanyakan janji dan tidak amanah. saya mencoba untuk ganti rugi malah nomor saya di blockir sama pengguna begitu saja. semoga kedepannya temen2 disini bisa hati2 dalam memilih teknisi
ReplyDeleteSaya jg kena kmrn begitu bayar sampe 500rb lebih isi freon, vacum, flushing ternyta di kerjain blm seminggu uda ga dingin ac.. Parah teknisi AZKHA TEKNIK, pas ditagih garansi, blg y ga garansi lg, pdhl tukang blg 1 bln
Deletesama saya juga pengalaman buruk dengan sejasa, semoga mereka lebih memperhatikan hal-hal seperti yang dikomplainkan penggunanya.
ReplyDeleteBaru mau pesen, setelah baca review saya langsung cancel 😅 , makasih yak reviewnya
ReplyDeleteHalo, Apa bapak mengetahui nomor untuk menghubungi pihak sejasa?
ReplyDeleteTidak ada, saya complain ke sejasa via email [email protected]
DeleteSaya baru 1 bln kemarin dikerjain tukang ac, AZKA TEKHNIK, Hati2 pake ini.. padahal saya pesan dari google dan kelihatannya sangat bagus aplikasi nya, tp ternyta pas dtg, semua di tawarkan, katanya mesti isi freon, flushing, vacum, dan el a 500rb lebih, tp blm 2 minggu sudah bermasalah ac saya.
ReplyDeletehati-hati juga dengan tukang AC dari sejasa Abil Sejuk AC karna menipu dan playing victim.
ReplyDelete