Tips Menulis Konten Blog, Mudah dan Sederhana
fathurhoho

Tips Menulis Konten Blog, Mudah dan Sederhana

Published by:
tips menulis konten blogSaya beberapa kali mendengar keluhan dari teman-teman yang kesulitan menghasilkan konten blog mereka. Biasanya mereka bilang “duh mau nulis kok jadi bingung mau ngetik apa pertama kali”. Padahal tadi udah kebayang banyak yang ingin ditulis.

Maka tulisan ini khusus buat kamu yang baru belajar menulis di blog baru. Entah itu blog personal berisi opini-opini dan curhatan pribadi, atau blog dengan tujuan khusus, terserah.


Mudah-mudahan, bermanfaat. Let’s begin.

#1. Mulailah Kalimat Pembuka dengan Case Umum

Sudah pengen banget nulis. Tapi kok rasanya jari ini kaku banget mau ngetik satu kalimat pertama. Pernah ngerasain? Selamat, kamu ga sendirian. Ini hal wajar, karena sekelumitan kata yang ada di kepala kita begitu banyak.

Banyaknya rangkaian kata itu, tidak bisa begitu saja ngebyurr (kayak air tumpah), ga bisa. Mengeluarkannya harus perlahan. Agar lebih mudah, mulailah dengan kalimat yang menggambarkan secara umum apa akan yang kamu bahas seterusnya di artikel tersebut.

Jika digambarkan, maka teknik ini mirip dengan gambar segitiga terbalik. Atasnya paling lebar, semakin kebawah akan semakin mengecil, maka pembahasan akan makin kerucut (makin fokus).

Dengan begitu, otak kamu ga akan lelah dan kamu lebih mudah menuangkan bahasan satu per satu.

#2. Berikan Subheading, Item List atau Numbering

Sama dengan nomor #1, subheading, item list (bullet) dan numbering bertujuan untuk memilah-milah topik yang akan dibahas lebih lanjut. Tidak masalah jika kamu sering melakukan seperti ini...

“Kira-kira inilah garis besar yang akan kita bahas nantinya:”
  1. Bahasan satu
  2. Bahasan dua
  3. dan seterusnya.
Diatas adalah contoh.

Dengan begitu kamu sudah memilah bahasan artikel tersebut menjadi sub bagian. Lalu numbering tersebut bisa menciptakan beberapa subheading.

Ibaratnya, konten blog kamu adalah sebuah rumah. Lalu subheading, bullet (item list) dan numbering tadi ibarat sekat yang menciptakan ruangan-ruangan kecil, diisi dengan furniture-furniture mini lainnya.

Mudahkan, ya?

#3. Jangan Menumpuk Kalimat Dalam Sebuah Paragraf yang Panjang

Oh ya, menulis konten di blog berbeda halnya dengan menulis karya ilmiah – yang awal paragrafnya kudu menjorok ke dalam. Satu paragraf bisa puluhan kalimat.

Pembaca blog kamu akan mudah lelah dan bosan. Satu paragraf di konten blog kamu cukup kamu isi dengan 3 sampai 5 kalimat kok.

... atau bahkan cuma satu kalimat. [ya, seperti kalimat ini]

Maka mata dan otak pembaca pun tidak lelah, kamu pun lebih nyantai ketika menuliskannya.

#4. Berikan Gambar, Jangan Khawatir

Saat ini, masih banyak saya menemukan blogger yang pelit menyisipkan media seperti gambar, gif, atau video ke konten blognya. Alasan mereka, supaya load blognya tidak berat.

Jangan khawatirkan hal ini.

Ukuran gambar di blog tidak terlalu seberapa kok, lagian masih bisa dicompress. Tidak usah terlalu menghindari pemakaian gambar, apalagi kan, sekarang sudah zamannya video content yang ukurannya jauh lebih besar.

Maka gunakanlah gambar, se-yang kamu butuhkan.

#5. Kuasai Dasar HTML

... atau markdown. Sesuai dengan markup language yang kamu gunakan di blog kamu. Sebagai blogger, kamu tidak dituntut menjadi expert menggunakan HTML. Cukup ketahui penggunaan tag dasar, seperti misalnya h3 h2 h1 h4, ol, ul, li, i, b, dll.

Karena sewaktu-waktu pasti kamu perlu mengedit formatnya secara manual. Apalagi kalau kamu nge-blognya pakai blogspot, macam saya ini.

Hal ini bisa kamu pelajari dengan HTML editor online. Cari-cari saja. Atau langsung di blog editor milik kamu.

#6. Rajinlah Menabung Kosakata

Bagi pembaca, ini tidak begitu berpengaruh. Serius. Tulis saja kalimat se-mau kamu, tidak harus sempurna EYD banget. Seperti ngobrol ke temen, ga ada bedanya kok. Tulis saja apa yang mengalir di kepala kamu.

Tapi.. akan berbeda halnya jika kamu penulis puisi dan sejenisnya.

Oke bagi pembaca tidak begitu berpengaruh, tapi bagi kita sebagai penulis, penting. Karena penulis sering kali kehabisan kosakata ketika mengetik. Sering-seringlah membaca, menyimak orang berbicara, dimanapun, entah berbicara langsung atau saat menonton.

#7. Kamu Akan Menemukan Gaya Menulis Sendiri

Banyak para blogger yang meniru gaya penulisan blogger lainnya. Ingat ini: Segimanapun kamu senang membaca gaya tulisan orang lain. Kamu tidak akan bisa menirunya. Toh kamu akan menciptakan gaya penulisanmu sendiri.

Ga percaya? Ketika kamu sudah menulis puluhan konten atau lebih, kamu akan menemukan gaya penulisanmu sendiri. InsyaAllah.

Nah silakan ditambahkan kalau kamu punya tips yang lainnya. Semoga bermanfaat yaa.