Report Spam: Hal yang Menyebabkan Tidak Bisa Mengirim Pesan di Telegram
fathurhoho

Report Spam: Hal yang Menyebabkan Tidak Bisa Mengirim Pesan di Telegram

Published by:
Tidak bisa mengirim pesan telegram"Kenapa saya tidak bisa mengirimkan pesan di telegram?" Entah sudah berapa pengguna yang menanyakan di group kenapa dia tidak bisa mengirimkan pesan di telegram. Apakah kamu pernah mengalaminya? Kalau pernah, selamat! Kamu tidak sendirian.

Kali ini saya akan share pengalaman mengenai report as spam di telegram, hal-hal yang membuat akun telegram di banned/blokir oleh telegram hingga cara mengatasinya.

Gagal mengirimkan pesan di telegram

Tidak bisa mengirim pesan telegram
Ketika mengirim pesan di telegram, muncul tanda seru merah seperti diatas. Berarti pesan gagal dikirimkan. Hal ini biasanya terjadi ketika mengirim pesan ke seseorang melalui private message, atau ke group (umumnya public supergroup).

Periksa status akun telegram ke bot @spambot

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kita tidak bisa mengirim pesan ke telegram. Tapi kalau sudah seperti gambar diatas, biasanya akun tersebut statusnya limited. Untuk memastikannya, gunakan bot resmi dari telegram: https://t.me/spambot

Akun telegram dilimit
Kalau balasannya seperti diatas, berarti akun telegram sedang limited oleh telegram. Biasanya ada rentang waktunya, dari seminggu hingga berbulan-bulan. Tapi ada juga yang tidak ada rentang waktunya, ini artinya akun telegram kamu limited selamanya (permanent ban).

Cara mengatasi akun yang dibanned di telegram

Bot @spambot diatas resmi dari telegram, jadi kita bisa mengajukan release blokir darisana. Dengan syarat "mau menceritakan aktifitas akun, hal-hal yang mungkin jadi penyebab banned, dan permintaan release ban"

Kamu tinggal berdialog dengannya dengan opsi yang disediakan dengan inline keyboard seperti gambar diatas. Kalau akun tersebut di banned atas kesalahan atau error, biasanya sehari atau beberapa jam kemudian akan direlease, selain itu, jangan harap.

Dulu akun saya pernah limited atas alasan tidak jelas, saya meminta pelepasan blokir langsung ke email spam telegram, sehari kemudian akun normal kembali. Sepertinya sekarang cara ini tidak disediakan lagi.

Hal-hal yang menyebabkan akun telegram di-limit

Penyebab pastinya karena di report spam oleh orang lain. Setiap kali di report as spam, pesan tersebut akan di forward ke team telegram dan akan di review untuk pemblokiran. Ini ringkasnya:
  1. Mengirimkan pesan sembarangan ke orang lain yang bukan mutual contact
  2. Menambahkan (invite) orang lain ke channel/group
  3. Menelfon orang sembarangan
  4. Mempromote seseorang menjadi admin di channel/group (dulu, belum cek lagi)
  5. Pesan kamu di group dihapus + direport as spam oleh admin group.
Sebenarnya semua sudah tertera jelas di halaman FAQ spam telegram. Ini keterangannya:
yang mereport spam akun telegram

Akun bisa saja diblokir oleh telegram

Kalau akun sudah limited dan masih saja melakukan kesalahan-kesalahan diatas, besar kemungkinan akun telegram kamu akan limited selamanya, bahkan bisa diblokir. Telegram ini banyak aturan, makanya banyak orang yang nyaman (kecuali spammer).

Oh iya, mengenai akun diblokir dari telegram, saya masih belum yakin. Ini sih kalau pakai virtual number, udah lama banget diblokir. Nah baru-baru ini ada yang mengirimkan screenshot gagal login di telegram dengan pesan "your number is banned", doi bilang itu akun sebelumnya aktif dan normal.

#1. Izin terlebih dahulu jika ingin mengirim pesan ke orang lain

Ingat, cara paling gampang kena report spam ya dengan mengirim pesan ke orang lain. Karena hal ini sangat mengganggu, saya pribadi sangat dongkol jika ada orang yang seperti ini. Biasakan untuk izin terlebih dahulu, caranya bisa dengan me-mention yang bersangkutan di group.

ask for pm
Sengaja saya contohkan, karena faktanya buanyaaaaaaak banget yang suka nyelonong lewat pm. Dia siapa, datang dari group mana, apalagi kalau tidak paham cara bertanya, kesel banget, serius! Oh iya, kalau udah izin seperti ini, lebih nyaman. Bahkan obrolan di pm bisa jadi terus berlanjut.

#2. Jangan suka mengganggu orang yang tidak dikenal

Katanya, telegram itu perpesanan yang aman, encrypted by default, menjaga privasi. Ini bukan berarti kita bisa suka-suka. Buktinya diatas, pesan-pesan yang ada bisa saya screenshot dan saya sebarluaskan disini.

Di pengaturan privasi, kita bisa menentukan siapa yang bisa menelfon akun telegram kita. Kalau private message, ga bisa. Makanya banyak teman-teman (terutama perempuan) yang mengeluhkan hal ini, tiap hari nerima pesan entah dari siapa saja. Ya tentu, digodain.

Ga percaya? Coba lihat channel ini. Tiap hari rata-rata nge-report spam 5 sampai 10 orang. Sampai hari ini, ada 1000 lebih akun yang sudah diblokir dan di report spam. Gila! Saya miris apalagi mengetahui ternyata yang mengganggu akun tersebut adalah lelaki yang sudah beristri dan punya anak.

#.3 Pahami peraturan grup

Ada banyak sekali grup telegram yang bermanfaat. Tiap grup punya aturan masing-masing. Jika tidak tertera di pinned message, tidak ada salahnya menanyakan aturan grup yang harus dipatuhi. Di group yang saya kelola, saya selalu memberi tautan ke FAQ telegram di catatan aturan grup. 

Jadi, setiap kali ada yang ngaco, suka-suka, saya tinggal delete pesannya + report spam, pasti. Terutama kalau pesannya out off topic, tidak sopan, spam, porn, insulting orang lain, atau berlagak kayak heker, dan sebagainya.

Penyebab lain akun telegram di-limit

Selain limited karena spam, ada juga limited dari API telegram (di beberapa client menampilkan code errornya, seperti error: 429). Hal ini disebabkan oleh aktifitas akun yang tidak normal, misalnya menggonta-ganti username, atau gagal login sekian kali dalam waktu yang cepat.
limit exceeded telegram
Sumber: @tentangtelegram:89096
Diatas contoh gagal login telegram dari iOS, tidak ada opsi detailnya. Setelah dicoba dari telegram web, muncul detil error seperti ini. (kalau pakai challegram/telegramX juga kelihatan).
Method: auth.sendCode
Result: {"_":"rpc_error","error_code":420,"error_message":"FLOOD_WAIT_63998"}
Ada juga error yang lebih detil, karena terlalu sering mengganti/memeriksa username, seperti ini:
tidak bisa mengganti username telegram
Sumber: @tgbetachat:2640
Method: account.checkUsername
Result: {"_":"rpc_error","error_code":420,"error_message":"FLOOD_WAIT_30096"}
Tidak perlu khawatir, tunggu saja karena nanti akan normal kembali.Flood_wait_30096: berarti menunggu selama 30096 detik.

Baca juga: Tips Menggunakan Telegram

Kesimpulan

Baiklah, tidak ada tujuan lain dari tulisan ini selain berbagi tips dan saran. Sumber foto diatas tidak saya ingat secara pasti, namun terkumpul dari grup: @werewolfarena - @tentangtelegram@newschat , Telegram Spam FAQ dan dokumentasi pribadi. 

!! Ini iklan: untuk bertanya-tanya seputar telegram, internet, komputer, software, hardware dan semua tentang IT, mari bergabung di grup telegram https://telegra.ph/Group-List-belajarnetworking-11-22

45 comments:

  1. Saya pengguna telegram pertama kali. Dan ktika sdh sampai mmsukan kode verifikasi tiba2 muncul tulisan bhwa nomor saya di banned. Kenapa yaaaa...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan nomer virtual kan? Biasanya nomor virtual kena banned atau pengguna nomer sebelumnya menggunakan nomor tersebut untuk aktifitas spam di telegram. Bisa contact telegram support dari form ini atau kamu bisa langsung dm @smstelegram via twitter.

      Delete
  2. Saya main telegram tapi kenapa setiap di grup mau mengirim pesan tulisannya mute unmute jadi gabisa ngirim pesan tapi kalau pribadi bisa itu gimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya itu diatur oleh admin, banyak juga yang pakai bot untuk secara otomatis nge-mute orang yang baru join dengan syarat harus mencet tombol atau selesaikan captcha terlebih dahulu biar ke-unmute.

      Cara ini biasa dipake untuk mencegah masuknya spammer. Coba perhatikan lagi group yang kamu masuki.

      Delete
  3. Aku makin gak ngerti sama TELEGRAM.
    Aku buka yang itu adisaqani.
    Ada 10subscriber.
    Ada suara suara gitu.
    Kaya youtube apa gimana gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia ngerekam suara yang keluar dari hp/komputernya sendiri. Caranya nge-redirect/reroute suara speaker agar ditujukan ke microphone. Bisa juga menggunakan stereo mix, tinggal pakai.

      Delete
  4. Kenapa saya masih tidak bisa mengirim pesan padahal waktu limit nya sudah berakir kemare?
    Tolong dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau limitnya sudah berakhir darimana? Spambot?
      Biasanya spambot ngasih tanggal pakai UTC, dimana telat 7 jam di GMT+7.

      Delete
  5. saya nyoba kirim gambar terus yang keluar di orang yang saya kirimin jadi full hitam itu kenapa y?

    ReplyDelete
  6. Aku invite orang ke group .knapa no nya langsung ke banned ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya usahakan jangan suka nge-add orang ke group dalam jumlah banyak. Kalau memang kenal, baiknya invite melalui link saja, biar dia yang gabung sendiri :D

      Delete
  7. Kalo akun kebanned itu kenapa ya min? I dan apakah kebanned itu emang dari telegram atau si pengirim pesan?

    ReplyDelete
  8. Grup akun saya muncul: tidak dapat mengirim pesan di grup ini, sedangkan grup lainnya bisa,itu kenapa ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang begitu kadang kalau akunnya limited atau dibatasi. Bisa jadi cuma ga bisa ngirim pesan ke grup tertentu saja.

      Delete
  9. Tolong bantu saya mengembalikan akun saya

    ReplyDelete
  10. no telpon kena limit di telegram brapa lama c huhuhu udh nunggu seminggu msi aja kena limitπŸ˜­πŸ’”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa di grup saya tidak bisa mengirim pesan??? Tolong bantu saya:))

      Delete
  11. PLEASEEEE GA BUSA CHAT DI GROUP PUBLIK
    JSSKKSKSKS πŸ˜­πŸ’”

    ReplyDelete
  12. Email nya apa kalau boleh tau biar langsunb email tele gram

    ReplyDelete
  13. Kenapa kalau saya kirim pesan di gc itu pending terus ya, padahal klo di pc normal saja, mohon dijawab kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya, kemungkinannya ada 2 mas:
      1. Memang koneksi ke telegram dari providernya lemah, biasanya kalau pakai provider merah putih nih suka begini. Solusinya, pakai proxy, kalau belum paham tentang proxy, langsung tanya2 aja di group misalnya @tentangtelegram, disana banyak yang share proxy, kamu tinggal sekali klik & langsung aktif. Biasanya manjur.
      2. Faktor dari hp nya, terlepas dari spek hp, biasanya pengguna baru engga nge-disable auto-download. Soalnya auto-download ini active secara bawaan. Solusinya, matikan autodownload biar lebih lanjay.

      Delete
  14. adakah cara melacak siapa yg spam akun kita min?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya, engga ada pak & ga mungkin dikasitau dimana & siapa yang nge-report akun kita. Hehehe

      Delete
  15. saya kan pakai telegram, saya jika japri lewat pc tidak pernah pending tapi ketika saya bicara di group manapun, saya selalu pending dan tidak bisa mengirim pesan, saya tanyakan pada spambot tapi jawabannya akun saya tidak di limit, jaringan saya lancar, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya providernya mas. Emang gitu, kalau di pc lancar, di mobile suka ngadet. Saya sarankan pakai proxy saja -- atau test pakai provider yang lain.

      Delete
  16. Ini kan kena batas limit room chat ya, apakah akunnya akan kehapus dengan sendirinya, karna aku saya lagi kena limit chat, jadi apakah tetap bisa diakun ini lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun itu bisa terhapus sendiri kalau tidak login selama (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun), tergantung yang kita atur di pengaturan.

      Kalau limited, akunnya engga akan kehapus kok

      Delete
  17. AnonymousMay 18, 2021

    bang kalo loading buat masuk ke bot lama itu kenapa ya? sinyal padahal bagus tapi loading buat masuk ke botnya lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai proxy saja pak, banyak yang nyediakan kok proxy buat telegram, tinggal klik aja makenya.

      Delete
  18. Saya punya telegram kena spam tapi tidak ada jangka waktu nya, jadi apa kah telegram saya kena banned selama nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya permanent banned kalau tidak ada jangka waktunya dari @spambot

      Delete
  19. Mau tanya, d TELEGRAM saya punya beberapa grup, tapi hanya d satu grup yg tidak bisa kirim stiker, file apapun, grup lainnya bisa, itu kenapa ya? Mohon bantuan jawaban nya

    ReplyDelete
  20. Mengapa mau login ke telegram tdk bisa lagi dgn tulisan "api error app banned" tlong itu artinya apa min:) saya sad tdk bisa cht dgn telegram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar limited sementara, tunggu saja.

      Delete
  21. akun telegram saya dibajak 2 minggu yang lalu sehingga saya tidak bisa masuk ke akun saya sendiri. apakah saya bisa meminta telegram untuk ban akun telegram saya yang telah dibajak itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor hp yang terkait masih aktif & bisa digunakan? Force takeover saja akunnya, login kembali seperti biasa.

      Delete
  22. permisi bang mau tanya kenapa aku nggak bisa masuk id lawan berbicara atau memasuki link permasalahan nya selalu loang muter" gitu padahal jaringan baik semua? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih bingung dengan pertanyaannya :D

      Delete
  23. AnonymousJuly 27, 2021

    permisi bang mau nanya, jadi gini saya kan tadinya ingin mengkoneksikan telegram saya ke laptop dengan cara memakai telegram web, tetapi pas saya sudah memasukan "kode masuk" ke telegram web tidak bisa2 setelah itu pas saya ingin mengirim pesan dari telegram di hp malah tidak ke kirim2 kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi koneksi dari providernya mas

      Delete
  24. Bang kenapa ya ko kalo keluar tele saya ga bisa kirim pesan jadi harus masuk dulu ga bisa langsung balas di noif

    ReplyDelete
  25. bang telegram saya tidak bisa ngirim pesan selalu pending, sudah uninstall ulang masih tetap sama di desktop,web,mobile, saya mau coba chat spambot tidak bisa karena pending terus, itu kenapa ya?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak