Report Spam: Hal yang Menyebabkan Tidak Bisa Mengirim Pesan di Telegram
fathurhoho

Report Spam: Hal yang Menyebabkan Tidak Bisa Mengirim Pesan di Telegram

Published by:
Tidak bisa mengirim pesan telegram"Kenapa saya tidak bisa mengirimkan pesan di telegram?" Entah sudah berapa pengguna yang menanyakan di group kenapa dia tidak bisa mengirimkan pesan di telegram. Apakah kamu pernah mengalaminya? Kalau pernah, selamat! Kamu tidak sendirian.

Kali ini saya akan share pengalaman mengenai report as spam di telegram, hal-hal yang membuat akun telegram di banned/blokir oleh telegram hingga cara mengatasinya.

Gagal mengirimkan pesan di telegram

Tidak bisa mengirim pesan telegram
Ketika mengirim pesan di telegram, muncul tanda seru merah seperti diatas. Berarti pesan gagal dikirimkan. Hal ini biasanya terjadi ketika mengirim pesan ke seseorang melalui private message, atau ke group (umumnya public supergroup).

Periksa status akun telegram ke bot @spambot

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kita tidak bisa mengirim pesan ke telegram. Tapi kalau sudah seperti gambar diatas, biasanya akun tersebut statusnya limited. Untuk memastikannya, gunakan bot resmi dari telegram: https://t.me/spambot
Akun telegram dilimit
Kalau balasannya seperti diatas, berarti akun telegram sedang limited oleh telegram. Biasanya ada rentang waktunya, dari seminggu hingga berbulan-bulan. Tapi ada juga yang tidak ada rentang waktunya, ini artinya akun telegram kamu limited selamanya (permanent ban).

Cara mengatasi akun yang dibanned di telegram

Bot @spambot diatas resmi dari telegram, jadi kita bisa mengajukan release blokir darisana. Dengan syarat "mau menceritakan aktifitas akun, hal-hal yang mungkin jadi penyebab banned, dan permintaan release ban"

Kamu tinggal berdialog dengannya dengan opsi yang disediakan dengan inline keyboard seperti gambar diatas. Kalau akun tersebut di banned atas kesalahan atau error, biasanya sehari atau beberapa jam kemudian akan direlease, selain itu, jangan harap.

Dulu akun saya pernah limited atas alasan tidak jelas, saya meminta pelepasan blokir langsung ke email spam telegram, sehari kemudian akun normal kembali. Sepertinya sekarang cara ini tidak disediakan lagi.

Hal-hal yang menyebabkan akun telegram di-limit

Penyebab pastinya karena di report spam oleh orang lain. Setiap kali di report as spam, pesan tersebut akan di forward ke team telegram dan akan di review untuk pemblokiran. Ini ringkasnya:
  1. Mengirimkan pesan sembarangan ke orang lain yang bukan mutual contact
  2. Menambahkan (invite) orang lain ke channel/group
  3. Menelfon orang sembarangan
  4. Mempromote seseorang menjadi admin di channel/group (dulu, belum cek lagi)
  5. Pesan kamu di group dihapus + direport as spam oleh admin group.
Sebenarnya semua sudah tertera jelas di halaman FAQ spam telegram. Ini keterangannya:
yang mereport spam akun telegram

Akun bisa saja diblokir oleh telegram

Kalau akun sudah limited dan masih saja melakukan kesalahan-kesalahan diatas, besar kemungkinan akun telegram kamu akan limited selamanya, bahkan bisa diblokir. Telegram ini banyak aturan, makanya banyak orang yang nyaman (kecuali spammer).

Oh iya, mengenai akun diblokir dari telegram, saya masih belum yakin. Ini sih kalau pakai virtual number, udah lama banget diblokir. Nah baru-baru ini ada yang mengirimkan screenshot gagal login di telegram dengan pesan "your number is banned", doi bilang itu akun sebelumnya aktif dan normal.

#1. Izin terlebih dahulu jika ingin mengirim pesan ke orang lain

Ingat, cara paling gampang kena report spam ya dengan mengirim pesan ke orang lain. Karena hal ini sangat mengganggu, saya pribadi sangat dongkol jika ada orang yang seperti ini. Biasakan untuk izin terlebih dahulu, caranya bisa dengan me-mention yang bersangkutan di group.
ask for pm
Sengaja saya contohkan, karena faktanya buanyaaaaaaak banget yang suka nyelonong lewat pm. Dia siapa, datang dari group mana, apalagi kalau tidak paham cara bertanya, kesel banget, serius! Oh iya, kalau udah izin seperti ini, lebih nyaman. Bahkan obrolan di pm bisa jadi terus berlanjut.

#2. Jangan suka mengganggu orang yang tidak dikenal

Katanya, telegram itu perpesanan yang aman, encrypted by default, menjaga privasi. Ini bukan berarti kita bisa suka-suka. Buktinya diatas, pesan-pesan yang ada bisa saya screenshot dan saya sebarluaskan disini.

Di pengaturan privasi, kita bisa menentukan siapa yang bisa menelfon akun telegram kita. Kalau private message, ga bisa. Makanya banyak teman-teman (terutama perempuan) yang mengeluhkan hal ini, tiap hari nerima pesan entah dari siapa saja. Ya tentu, digodain.

Ga percaya? Coba lihat channel ini. Tiap hari rata-rata nge-report spam 5 sampai 10 orang. Sampai hari ini, ada 1000 lebih akun yang sudah diblokir dan di report spam. Gila! Saya miris apalagi mengetahui ternyata yang mengganggu akun tersebut adalah lelaki yang sudah beristri dan punya anak.

#.3 Pahami peraturan grup

Ada banyak sekali grup telegram yang bermanfaat. Tiap grup punya aturan masing-masing. Jika tidak tertera di pinned message, tidak ada salahnya menanyakan aturan grup yang harus dipatuhi. Di group yang saya kelola, saya selalu memberi tautan ke FAQ telegram di catatan aturan grup. 

Jadi, setiap kali ada yang ngaco, suka-suka, saya tinggal delete pesannya + report spam, pasti. Terutama kalau pesannya out off topic, tidak sopan, spam, porn, insulting orang lain, atau berlagak kayak heker, dan sebagainya.

Penyebab lain akun telegram di-limit

Selain limited karena spam, ada juga limited dari API telegram (di beberapa client menampilkan code errornya, seperti error: 429). Hal ini disebabkan oleh aktifitas akun yang tidak normal, misalnya menggonta-ganti username, atau gagal login sekian kali dalam waktu yang cepat.
limit exceeded telegram
Sumber: @tentangtelegram:89096
Diatas contoh gagal login telegram dari iOS, tidak ada opsi detailnya. Setelah dicoba dari telegram web, muncul detil error seperti ini. (kalau pakai challegram/telegramX juga kelihatan).
Method: auth.sendCode
Result: {"_":"rpc_error","error_code":420,"error_message":"FLOOD_WAIT_63998"}
Ada juga error yang lebih detil, karena terlalu sering mengganti/memeriksa username, seperti ini:
tidak bisa mengganti username telegram
Sumber: @tgbetachat:2640
Method: account.checkUsername
Result: {"_":"rpc_error","error_code":420,"error_message":"FLOOD_WAIT_30096"}
Tidak perlu khawatir, tunggu saja karena nanti akan normal kembali.Flood_wait_30096: berarti menunggu selama 30096 detik.

Baca juga: Tips Menggunakan Telegram

Kesimpulan

Baiklah, tidak ada tujuan lain dari tulisan ini selain berbagi tips dan saran. Sumber foto diatas tidak saya ingat secara pasti, namun terkumpul dari grup: @werewolfarena - @tentangtelegram@newschat , Telegram Spam FAQ dan dokumentasi pribadi. 

!! Ini iklan: untuk bertanya-tanya seputar telegram, internet, komputer, software, hardware dan semua tentang IT, mari bergabung di grup telegram Ngobrolin IT - Biar Dibilang Geeks
Back to top