Mengatasi Error "battery is not detected" - Lenovo Thinkpad
fathurhoho

Mengatasi Error "battery is not detected" - Lenovo Thinkpad

Published by:
battery is not detectedSebelumnya, saya sudah pernah mengganti baterai untuk laptop yang saya gunakan, lenovo thinkpad p40 yoga. Baru dipakai setahun, tiba-tiba suatu hari baterainya ngedrop, menyisakan 12% kapasitas maksimal dari designnya.

Seharusnya full charge capacitynya sekitar 52550 mWh, tinggal 6ribuan mWh saja di indikator 100% nya. Dicabut bentar udah langsung lowbet. Terpaksa saya order baterainya, dari amazon, yang harganya lumayan. Mahal!!

Malah beberapa waktu lalu saya mendapati error "The battery is not detected balbalbalala". Terlihat icon battery bar di pojok kanan bawah, ada tanda silangnya. Artinya laptop saya hidup tanpa baterai, bermodalkan power adapter saja.

Kalo aja beneran rusak lagi. Serius. Saya bakal blacklist lenovo, kapok. Pindah ke brand sebelah aja.

Iseng saya coba cabut power adapternya. Ehh ternyata laptopnya ga mati. Berarti kan.. kemungkinan besar baterainya ga rusak, cuma pembacaannya yang salah.

battery is not detected

Searching bentar, ternyata banyak permasalahan yang sama. Saya ikuti langkah-langkah dari sini untuk mengatasi baterai laptop saya yang tidak terdeteksi.
  1. Matikan laptop, bongkar, dan cabut baterainya.
  2. Dengan tanpa baterai (hanya menggunakan power adapter), nyalakan laptop.
  3. Uninstall driver "Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery" di Device Manager, di bawah tab Battery.
  4. Matikan laptop, kemudian nyalakan kembali.
Selesai. Seharusnya baterai akan terdeteksi kembali, dengan normal. Alhamdulillah.

Oh iya, ini sedikit tips agar baterai laptop bisa awet.

Sejak pergantian baterai hingga saat ini, wear level (level pemakaian) baterai saya masih 0%. Berarti belum ada kapasitas yang hilang. tl;dr baca-baca dari "battery university" dan forum-forum, tidak disarankan menggunakan baterai Li-ion terlalu low, atau menchargenya terlalu penuh.

wear level battery

Jadi saya set charging levelnya di 50% maksimal (pengisian baterai akan berhenti) dan 40% minimal (dibawah kapasitas 40% maka akan melakukan pengisian baterai). Semoga awet deh.

Sekian tjoerhatnya, jan lupa dilaik en subrek ya gais.

0 comments: