Mengaktifkan Stereo Mix di Windows 10 - Conexant SmartAudio HD
fathurhoho

Mengaktifkan Stereo Mix di Windows 10 - Conexant SmartAudio HD

Published by:
mengaktifkan stereo mixAda cara mudah merekam suara yang keluar dari laptop kita sendiri, yaitu dengan memanfaatkan stereo mix -- atau kadang orang menyebutnya dengan recording playback audio. Contoh sederhananya, kita bisa memutar musik sekaligus merekamnya saat itu juga. Hasilnya juga sebelasduabelas dengan audio aslinya.

Gini sejarahnya, dulu saya sering merekam suara dari laptop, apalagi masa-masa menjayakan 'voice message' di telegram bersama teman-teman. Banyak yang nanya "ente rekam ini gimana caranya?" Saya cuma jawab, ya "hold aja button voice messagenya sambil denger musik" terus "release" ¯\_(?)_/¯

Contoh rekamannya bisa kamu lihat disini atau disini.

Karena memang saya ga paham, tiba-tiba saja musik saya ikut kerekam. Akhirnya ini saya sadari ketika menggunakan laptop baru, dengan sistem operasi windows. Kok ga bisa lagi ya? ^ ^
Jadi install dualboot linux saking penasarannya, eh ga bisa juga :D

Setelah searching barulah sadar kalau rekam audio yang keluar dari laptop diatas karena adanya stereo mix. Saya menggunakan thinkpad P40, rata-rata laptop sekarang tidak memiliki stereo mix karena disabled by vendor, karena copyright.

mengaktifkan stereo mix

Sekarang stereo mix nya sudah bisa dimunculkan. Silakan periksa milik kamu dengan:
  • Klik kanan pada icon sound di pojok kanan bawah, lalu klik recording devices
  • Klik kanan lagi di sisi luar, lalu centang 'show disabled' devices, karena stereo mix defaultnya disabled.
  • Enabled. Silakan di test, misal buka telegram, puter musik, sambil rekam suara. 
Gimana kalau stereo mix nya ga ada? Mari kita buat supaya ada. [Hint: tulisan ini akan penuh GIF]

Cara Mengaktifkan Stereo Mix Device di Windows 10

Seperti gambar diatas, saya menggunakan Connexant SmartAudio HD, chipset yang kamu gunakan mungkin berbeda, misal realtek atau yang lain. Jadi sesuaikan saja nanti, ini ringkas tahapan yang kita lakukan:
  1. Check chipset audio, bisa dari menu audio atau device manager. 
  2. Temukan lokasi (path) driver audio tersebut, file ini berekstensi .inf
  3. File tersebut akan diedit, menggunakan teks editor. Tapi kita harus mengubah file permissionsnya terlebih dahulu. 
  4. Terakhir, reinstall driver mengarah ke .inf yang sudah diedit tadi. 
  5. Stereo mix akan aktif, tinggal enable. Selesai.

Mengetahui Letak File .inf Driver Windows

Ini bisa dilakukan dengan 2 cara, biasanya audio driver dalam paket exe yang akan di ekstrak di tahap instalasi. Dari hasil ekstraksi itu kita bisa menemukan file berekstensi .inf. Conexant SmartAudio bisa punya ekstensi chdrt.inf atau T15Plmwa.inf (kasus saya).

Mengetahui Lokasi File .inf Driver Windows

Cara kedua dengan melihatnya melalui device manager. Masuk ke "sounds, video and game controllers". Lalu periksa properties driver, kemudian temukan informasi file .inf nya di tab "events". Agak ribet, perhatikan gif berikut:
Saya sarankan untuk menyimpan path driver tersebut: karena ada banyak sekali subfolder di //system32/DriverStore/FileRepository.

Mengubah File Permission File .inf

Meskipun dibuka dengan administrator, file chdrt.inf atau T15Plmwa.inf ini tidak bisa diedit. Akan muncul notif "file opened by another program". Jadi kita harus mengubah permissionnya. Ini bisa dilakukan dari menu properties ke tab 'Security", lalu tambahkan user OS kamu sebagai owner file.
Eum, repot ugha each banyakan gif -_-
Ingat owner aslinya di kasus saya adalah "SYSTEM", nanti akan dikembalikan setelah di edit.

Enable Stereo Mix Audio Driver

Okelah, kita sudah sampai pada tahapan inti. Silakan buka file .inf tersebut di teks editor. Lakukan backup dulu untuk berjaga-jaga. Lalu cari kata "StereoMixEnable". Kamu akan menemukan 3 baris seperti ini:
;HKR,%EPattributePath%\EpSettings\StereoMixEnable,Enable,1,01;
;HKR,%EPattributePath%\EpSettings\StereoMixEnable,MixAssocSeq,1,E0,E0;
;HKR,%EPattributePath%\EpSettings\StereoMixEnable,MuteGainSettings,1,00,00;
Hapus semi colon (;) di awal setiap baris. Kamu mungkin menemukan lebih dari 1 "StereoMixEnable" tersebut. Hapus semuanya. Ini akan mengaktifkan stereo mix. Jika sudah, save file, dan jangan lupa kembalikan permissions tadi ke default.

Finishing - Update Driver dan Enabled Stereo Mix

Kita tinggal update driver tadi, karena aslinya udah berubah. Klik kanan di audio driver, lalu update driver dan pilih opsi manual, arahkan ke file .inf yang sudah diedit. Ini bisa berhasil, bisa juga engga. Seperti kasus saya (ini gif terakhir deh):
Jangan khawatir, mari kita paksa supaya berhasil:
  1. Klik kanan di audio driver, lalu pilih "uninstall device"
  2. !! jangan centang "delete the driver software for this devices".
  3. Klik OK dan tunggu prosesnya selesai. Silakan restart ketika selesai.
Driver akan otomatis diinstall oleh windows menggunakan file .inf tadi. Nah sampai disini, mungkin tampilan device manager akan bolak balik refresh karena hardware changes. Periksa lagi "recording devices" di volume kamu. Klik kanan dan show disabled devices, akan muncul stereo mix.

Jadi ketika ingin merekam suara yang keluar dari laptop, tinggal jadikan stereo mix tadi sebagai defaultnya. Hal ini bisa dilakukan di sistem operasi linux juga kalau stereo mix nya ada, alternatifnya kamu bisa merekam suara dengan memanfaatkan linux loopback audio.