Microsoft Word Terasa Lambat Ketika Mengetik
fathurhoho

Microsoft Word Terasa Lambat Ketika Mengetik

Published by:
Salah satu kekurangan yang terjadi ketika kita menggunakan Microsoft Office versi 2010 keatas adalah lambatnya respon ketika mengetik. Slow respon ini bisa terjadi di semua sub aplikasi microsoft office, baik word, excel, power point, dan lain-lain. Namun yang sering terjadi adalah di Microsoft Word.

Microsoft Word Terasa Lambat Ketika Mengetik

  1. Ada delay ketika mengetik. Artinya, teks terasa lambat tampilnya, ini terasa sekali bagi mereka yang bisa mengetik cepat.
  2. Semakin berat ketika menggunakan foto, walaupun ukuran foto tersebut sudah di compress sekecil mungkin. Terkadang, microsoft office malah not responding.

Penyebabnya:

Karena dalam hal ini saya membahas Microsoft Word, penyebab yang saya ketahui cuma satu.
Yaitu karena microsoft office versi 2007 keatas membutuhkan akselerasi dari graphic. Fitur ini terpasang secara built in, sehingga sering menyebabkan masalah jika dijalankan pada komputer berspesifikasi rendah.
Mengatasi Microsoft Word terasa lambat ketika mengetik

Mengatasi Microsoft Word Yang Lambat Ketika Mengetik

  • Klik menu File --> Options
  • Di jendela Options, akan tampil beberapa pilihan. Drag terus kebawah sampai ketemu menu "Display".
  • Check pilihan "Disable hardware graphic acceleration" (opsi ini dalam keadaan uncheck by default)
Kalau belum berhasil, lanjutkan ke cara-cara berikut ini:

1. Jangan buka file dengan compatibility mode

Microsoft office sekarang sudah versi 2016. Tapi masih banyak yang menggunakan versi dibawahnya. Ini berarti, kalau saya buka format .doc di microsoft word 2010 atau 2016, file akan dibuka dengan compatibility mode.

Mode ini tidak berjalan maksimal, ada hal-hal yang menyebabkan aplikasi microsoft word jadi terasa lambat atau bahkan formatnya menjadi tidak sempurna. Solusinya coba "save as" file tersebut sesuai dengan versi microsoft word yang kamu gunakan.

2. Insert picture, jangan copy dari sumber lain

Di microsoft word kita bisa memasukkan gambar dengan cara mengcopy-paste misal dari internet. Ini juga penyebab microsoft word jadi terasa lambat. Karena aplikasi akan merequest file tersebut dari luar.  Solusinya adalah dengan menginsert gambar tersebut secara manual. Efeknya memang file microsoft word jadi lebih besar, tapi menjadi lebih ringan ketika digunakan.

3. Create new style untuk format tertentu

Style pada umumnya seperti heading, subheading, caption, dan lain sebagainya. Kadang kita membutuhkan format tulisan sendiri, semakin unik format yang kita buat, proses yang dibutuhkan aplikasi akan semakin besar. 

Malah bahkan ketika kita mengedit format sudah terasa lambat deluan. Solusinya di 'create a new style' saja, nanti ketika ingin menggunakan format yang sama, tinggal kamu gunakan style yang tadi sudah dibuat.

4. Faktor resource laptop/komputer

Terakhir penyebab microsoft word menjadi lambat adalah faktor eksternal, seperti kapasitas ram dan prosesor yang kamu gunakan. Semakin besar file yang kita buka, semakin besar pula sumber daya yang dibutuhkan aplikasi untuk membuka file tersebut.

Coba tutup aplikasi lain yang tidak terpakai seperti browser, media player, file explorer dan aplikasi-aplikasi lainnya yang tidak sedang digunakan. Ini akan meringankan kinerja laptop.