Perjuangan Melamar Kerja di Tokopedia
fathurhoho

Perjuangan Melamar Kerja di Tokopedia

Published by:
kerja di tokopediaHari ini rasanya saya ingin menulis pengalaman melamar kerja di Tokopedia, mulai dari pengalaman interview di Tokopedia, nakama academy, hingga akhirnya saya diterima menjadi bagian dari Tokopedia. Ngomong-ngomong tentang Tokopedia, emm kayanya tidak usah saya bahas disini ya. Karena begitu panjang kisahnya, mulai dari kisah William Tanuwijaya CEO Tokopedia yang dulunya seorang penjaga warnet yang menghabiskan pagi siang dan malam di depan internet dan akhirnya terbesit ide untuk membentuk suatu perusahaan internet yang menciptakan sistem jual beli online menjadi aman dan nyaman. kan .. jadi panjang.

Ok baiklah, jadi saat itu saya yang sedang menjalani masa perdjoeangan sebagai job seeker sejati, mencari pekerjaan tanpa henti dan akhirnya saya melihat ada lowongan kerja di Tokopedia. Tepatnya saya lupa darimana, entah dari jobstreet, entah dari kaskus, entah dari website tokopedia sendiri, lupa. Yang jelas saya apply melalui microsite career tokopedia.

Saat itu Tokopedia sedang membuka lowongan untuk banyak posisi, dari engineer, designer, operational, business dan marketing, human resource, sampai internship. Denger-denger katanya Tokopedia saat itu baru mendapatkan suntikan dana senilai sekian dollar dari 2 investor. Kedua investor itu adalah Softbank Internet and Media inc (SIMI) dan Sequioia Capital, investor besar yang telah membiayai perusahaan raksasa seperti Google, Apple, Whatsapp, Youtube, Linkedin, dan jajarannya.

Semakin penasaran, saya  pun searching kesana kemari tentang perkembangan Tokopedia, mulai dari forum-forum, berita-berita teknologi dan business sampai blog-blog pribadi kayak punya saya ini. Menariknya memang, dengan dana sebesar itu Tokopedia berencana merekrut seribu orang pegawai untuk mengembangkan Tokopedia, membangun Indonesia lebih baik lewat internet.

Tak mau kehilangan kesempatan, saya coba apply saat itu juga. Dengan sedikit memodifikasi cv lamaran kerja saya, saya melamar di bagian team Infrastructure untuk 2 posisi.

Interview Di Kantor Tokopedia

Melamar pekerjaan di Tokopedia sangat mudah, bisa melalui jobstreet atau langsung dari website Tokopedia. Tapi lebih enak langsung dari microsite career, tampilannya cantik, bosen ama jobstreet. Saya bisa langsung submit profile-profile medsos kekinian (linkedin, twitter, blog/website/portofolio) dan upload file, beres. Hehe, sebenernya ga gitu juga sih, kalau dari jobstreet saya takut kalah saing, banyak banget penggunanya, takut cv saya malah keselip dan tidak terbaca, disamping itu saya harus menulis “kalimat cinta” sebelum apply lamaran.

Hari Pertama Interview Di Tokopedia

Sekitar 5 orang kami melamar pekerjaan di Tokopedia, dalam waktu yang sama, dan dengan komputer yang sama. Sudah takdir, sejak yudisium kamar saya memang disulap menjadi lab bersama, seperti buka usaha percetakan (gratis), kertas-kertas cv berserakan dimana-mana. Mungkin inilah yang dinamakan kebersamaan.

Tepat setelah 3 hari apply lamaran di halaman karir Tokopedia, saya mendapat email masuk untuk panggilan interview.
Dear. Fathur Rizki Saragih
Based on your resume, we are interested to invite you to join our selection process:
Date : Monday, September 21st 2015
Time : Please come around 9-11 AM
Place : PT Tokopedia, Wisma 77 Tower 2 2nd Floor. Jl, Letjen S Parman Kav 77. Slipi. West Jakarta.
PIC : Tokopedia HR Recruitment
Schedule : Interview
Documents : cover letter, newest CV, degree certificate, academic transcript, and other supporting documents such as portfolio (if available)
Please reply this mail to confirm your availability to attend our invitation. We will adjust the time and date according to your schedule.
Note :
- If you have any question about this appointment or need to reschedule the selection process, do not hesitate to contact us by reply this mail or call our phone <...>
- For IT (Web Developer, Database Administrator etc), Design (Web Designer, Graphic Designer, etc), and Copywriter position; you should bring your portfolio if available.
- If you need more information about PT Tokopedia, please visit our website on www.tokopedia.com and our LinkedIn page: PT Tokopedia
We are looking forward to meet you. Thank you.
Warm Regards,
People Departement
PT. Tokopedia
Ada juga teman saya yang dapat email panggilan interview dari Tokopedia, di jadwal yang sama, sebut saja namanya Akbar Siddieq, melamar sebagai product administrator saat itu. Ini akan menjadi pengalaman interview pertama buat Akbar, berharap kita bisa diterima bekerja di Tokopedia.

Akbar di schedule jam 9 pagi, saya jam 11. Malamnya kami liat street map untuk memantau keadaan lokasi, eaah. Saya buta sama sekali wilayah Jakarta, naik kereta aja masih bisa dihitung. Kami pun berangkat bareng, dengan menyimpan kertas print out map kantor Tokopedia, Wisma 77 Tower 2.

Sumpah!! Ini memang bukan pengalaman pertama kalinya saya naik KRL (mungkin keenam). Saya tidak tau sebelumnya kalau KRL pagi dari Bogor itu memang padet, penumpang berdesak-desakan, dan……    berdiri. Iya berdiri.

Untuk ke Wisma 77, berarti kami harus turun di stasiun tanah abang. Kami berpikir harus transit kereta dulu di stasiun manggarai, makanya kami turun.

Padahal gausah turun juga gapapa, halaah. Gugup bukan main si Akbar karena takut telat dan mencoreng citra dirinya di depan HR nanti.

Kami pun menanti kereta jurusan tanah abang selanjutnya. Ada hikmahnya, saya bisa beli roti untuk menjinakkan perut yang daritadi protes, ga sempet sarapan, saya telat bangun, untungnya si Akbar ngingetin, makasih loh bar.

Sampai di stasiun, kami memilih naik ojek, kami tidak tau rute angkot. Kami menyewa satu ojek untuk berdua, kelewat hemat memang, tapi biarlah, ini masalah dompet. Sepanjang jalan mata saya melirik kesana kemari, takut ada polisi.

Sampailah di kantor Tokopedia, lumayan membuat kagum, karena design interior kantornya yang ijo-ijo kayak rumput.Selain design kantor yang berbeda, saya lebih tertarik melihat karyawan-karyawan di Tokopedia. Semuanya masih muda-muda, hebat.

Karena kami datang berdua, HR meng-interview kami disaat yang sama. Akbar di interview cewe, saya di interview cowo, namanya Risky Nugroho. Interview Tokopedia dilakukan di lantai 2. Ada beberapa kandidat yang saat itu sedang menunggu interview juga.

Sama dengan interview-interview yang saya jalani sebelumnya, diawali dengan perkenalan, dan menceritakan seputar keahlian yang saya cantumkan di CV.

Berikut kira-kira obrolan saya dengan Mas R*** saat interview di Tokopedia:

R: Kenapa tertarik bergabung di Tokopedia?
F: Jawabannya sederhana, “pengen kerja” halaah. Takut nganggur mas. becanda…. kantor ini ideal buat saya. Saya pengen kerja di startup, peluangnya banyak, pengalamannya banyak. Ditambah lagi duit investor tadi kan gede, pasti lagi migrasi gede-gedean nih, (saat itu website tokopedia sering error). Yah kali saya bisa berperan di pengembangan infrastrukturnya (bantu-bantu dikit gitu, gulungin kabel). Belum lagi kantornya lucu, karyawan-karyawannya masih muda dan manis-manis. Eh maksudnya kalau masih muda-muda pasti enak diajak brainstorming, semangatnya gede, ga banyak politik-politik nya. Kerjasama pun jadi asik, wong sebaya.
….
R: Kita baru saja membeli sebuah alat untuk keperluan IT. Alat tersebut di produksi dari China dan hanya memiliki manual book dengan bahasa China, bagaimana kamu menggunakannya?
F: Kayaknya ga bisa gitu mas, kalau sudah masuk kemari ya minimal pake bahasa inggris. (sotau)
….
R: Ya tapi ini buktinya bahasa China thur!!
F: Yasudah kalau begitu mas, saya coba pastikan lagi di Internet atau website resmi produsen nya, kali aja ada bahasa inggrisnya (masih ngeyel si fathur). Kalau tidak ada, saya cari orang yang bisa bahasa China deh, saya minta jasanya untuk mere-phrase manual book tersebut, tidak semua, hanya beberapa point yang saya butuhkan saja.
….
R: Berapa gaji yang kamu harapkan?
F: sekian…

Baca juga: Peluang Kerja di Startup Bagi Fresh Graduate

Tidak lama setelah saya keluar ruangan, Akbar pun keluar. Kami menenangkan diri sejenak, jantung deg-deg an, tangan pun dingin. Bukan karena gugup yee, AC nya dingin serius.

Ruangan Interview Tokopedia Wisma 77 Tower 2 Lantai 2
Ruangan Interview Tokopedia
Interview pertama di Tokopedia memang singkat, kurang lebih sekitar 15-20 menit saja. Obrolannya pun terkesan lebih satu arah, mungkin karena kandidat yang melamar dalam sehari bisa sampe ratusan. Mas R**** bilang akan dikabari paling lambat satu minggu, hmmm, biasanya kalau udah gini artinya ditolak secara halus.

Baiklah, kami pun pulang dengan hati tetap menunggu kabar dari Tokopedia.. Semoga besok langsung dikabarin. Aaamiin.

Sulitnya Mendapatkan Pekerjaan

Detik menit berlalu, sehari dua hari, sampai seminggu, tak ada email masuk dari Tokopedia dan beberapa perusahaan lain  (saat itu mailbox lebih penting daripada bbm masuk). Sebut saja salah satu software house yang berada di Bali, saya sempat test posisi Junior Network Engineer melalui talent pool dan sedang menunggu tahapan selanjutnya dan tahapan selanjut-lanjutnya lagi (panjang).

Mestinya diri ini bersyukur, saya saat itu sudah diterima di beberapa perusahaan dengan posisi yang beragam (tentunya di bidang IT), 4 diantaranya adalah perusahaan di Jakarta, dan 1 di bandung.

Sudah lebih seminggu, tidak ada email masuk perihal kelanjutan lamaran saya di Tokopedia. Jujur saja, mendapatkan pekerjaan saat itu sangat terasa sulit. Idealis dalam diri mulai berontak, bukan masalah diterima atau tidaknya, tapi tidak diberi kabar, merasa digantung, dan saya harus berfikir keras untuk benar-benar mengoreksi apa yang kurang, baik dari cara melamar maupun berkas-berkas lamaran saya.

Baca juga: Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Semakin idealis karena saat itu saya beberapa kali merasa tidak cocok dengan kesepakatan kerja yang ditawarkan pada saat interview. Gaji memang bukan perkara utama, apalagi saya hanya seorang “sarjana muda” yang minim pengalaman kerja, artinya harus siap digaji pas-pasan, sesuai UMR (pengalaman). Tapi yang terpenting, saya sangat menginginkan pekerjaan yang memberikan kesempatan waktu, peluang belajar, tidak sekedar menjadi service worker yang seharian mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja. Tidak ada esensinya.

Memang prinsip saya, jika saya belum dapet pekerjaan sebelum wisuda, maka saya tidak mau kedua orang tua datang jauh-jauh dari kampung menghadiri wisuda saya. Apa yang Emak dan Bapak banggakan nanti ? Cumlaude engga, kerjapun belum,  Paling tidak saat mereka datang nanti, saya tidak akan cape-cape menjawab segala pertanyaan “tuntutan” seperti “mau kerja dimana, kapan dapat kerja” sementara mereka sudah 3 tahun menaruh harapan, khawatir, dan tentunya bersusah payah membayar uang kuliah yang tidak murah.

Buruknya, saya merahasiakan proses ini dari keluarga, pengen ngasih kejutan, yang mereka tau saya hanya “sedang mencari kerja”. Kemudian hari-hari mulai sulit, keuangan menipis, saya pikir, ga bakalan cukup sampe bulan depan! Kalau saya mulai kerja hari ini, berarti saya baru punya uang bulan depan.

Baiklah sepertinya perusahaan yang saya idam-idamkan saat itu (termasuk Tokopedia) belum berjodoh. Saya harus menentukan pilihan, saat itu email saya berisi beberapa offering letter dari perusahaan yang telah menerima dan tinggal menunggu persetujuan. Satu persatu perusahaan saya overview kembali, pelan-pelan, perlahan.

Hening…
Handphone saya berbunyi, Ada telfon dari Emak yang saat itu sedang menunaikan haji di mekah.
….
“Assalamualaikum, +-(*#^-jo69kdj6#$&^#)../?.. ??????”

Heran, kenapa suara laki-laki, berbahasa arab, sama sekali ga ngerti. Siapa ini??
Pelan-pelan saya dengarkan dia berbicara, seperti orang kepanikan. Mulai saya coba jawab dengan bahasa inggris, yah walaupun belepotan saya mengerti pesan yang dia sampaikan.

Intinya, hp Emak ketinggalan di hotel yang berada di Madinah. Saya langsung menelfon keluarga dirumah untuk memberi kabar. hmmm, pasti panjang ini ngobrolnya.

Bisa ditebak, Bapak pasti nanya-nanya gimana hasil nyari kerjanya? haduhh, karena ini adalah urusan perut dan nasib saya sebulan kedepan, akhirnya saya jujur kalau malam ini lagi balas email.

Bapak kami ini memang tidak banyak bicaranya, jarang sekali menolak alasan dari anak-anaknya. Saya bilang mau di Bandung saja, di Jakarta macet, panas. Kalau betah di Bandung, saya lanjut kuliah disana nanti.

Tidak lupa saya meminta sedikit bantuan untuk biaya pindahan kos ke Bandung, hmmmm.

Bismillah..
Saya tolak satu persatu email tawaran yang ada, menyisakan satu. Tertulis bahwa saya akan mulai bekerja minggu depan. Artinya besok saya harus mengemas barang, lusa pindahan ke Bandung..
Sekitar pertengahan september, saya sudah mulai bekerja di Bandung.

Makasih banyak untuk teman-teman yang sudah mau nganterin saya, semoga kalian sukses.. Tidak banyak yang saya lakukan di hari pertama bekerja, berkenalan dengan rekan-rekan kerja, hands offer tanggung jawab, dan pemberesan administrasi.

Hari kedua saya dipanggil atasan untuk kelengkapan kontrak kerja. Terdapat beberapa lembar surat persetujuan yang harus saya tandatangani. Saya harus menjalani probation dulu disini, sebelum saya benar-benar diterima menjadi karyawan. Artinya saat itu, saya dan perusahaan memiliki jatah waktu untuk saling mencoba dan mencari kecocokan.


Hari Kedua Interview di Tokopedia

Lucunya, semenjak saya mulai bekerja di Bandung, masih ada beberapa email dan telfon masuk perihal panggilan interview. Ahh ini pasti karena saya sempat nge-broadcast lamaran kerja.
Baca: Kesalahan Yang Sering Dilakukan Freshgraduate Ketika Melamar Kerja

Satu persatu saya coba jawab dengan alasan saya sudah bekerja. Namun saya kaget ketika saya melihat panggilan tak terjawab dari Tokopedia. Salah memang, saya nekat keluar kantor untuk menelfon balik, dann… saya dipanggil interview lanjutan dengan user. Berbeda dengan Akbar, dia mendapat email penolakan. Tidak apalah anggap saja pengalaman. "Masih banyak ikan di laut, ya kan bar?".

Andaikata Tokopedia saat itu adalah seorang pacar, saya bilang “maaf, sudah terlambat".

Mulai pusing gimana caranya bisa menghadiri interview kedua di Tokopedia. Beruntungnya, ketika awal diskusi dengan atasan, saya memang minta beberapa hari libur untuk mengambil barang-barang yang tertinggal di Bogor dan juga membereskan berkas-berkas wisuda ke kampus. Saya bisa memanfaatkan jatah waktu ini.

Tidak lama kemudian, email interview invitation dari Tokopedia pun saya terima. Saya coba re-schedule sesuai jadwal libur saya di kantor supaya tidak harus cuti. Bandung dan Jakarta itu jauh, saya juga tidak hafal dengan lokasi Bandung.

Paginya saya naik motor ke terminal leuwipanjang Bandung, naik bus jurusan Kalideres. Kata abang-abangnya nanti bisa turun di slipi jaya. Iya memang, banyak sekali bus yang keluar dari Tol untuk menurunkan penumpang di Slipi Jaya.

Perjalanan kurang lebih 3 jam, saya sudah sampai, kepagian. Bingung mau kemana. Teringat dulu ketika interview pertama di Tokopedia bareng Akbar, ada masjid dibawah kolong jembatan, yah bolehlah saya istirahat sejenak disana sampai waktu dzuhur, sembari mengulang-ulang teori yang mungkin nanti ditanyakan pas interview. (biasanya kalau interview user pertanyaannya seputar teknikal skill).

Sendirian muter-muter di Ibukota untuk mencari pekerjaan memang menjadi kenangan tersendiri bagi saya. Dengan celana bahan, kemeja rapih, sepatu pentofel, dan dasi, sudah cukuplah dandanan saat itu seperti eksekutif muda yang sering muncul di seminar-seminar MLM.

Seperti mengulang hari, saya melakukan hal yang sama, masuk gedung, meminta id visitor ke satpam, menuju ke lantai 2 wisma 77 tower 2, submit form kandidat. Menunggu user datang dan kemudian saya dipanggil ke ruangan.

Sudah ada 2 orang menunggu di dalam ruangan, sebut saja mereka Bang D*** dan Bang T****. Liat-liat penampilan mereka, saya kok jadi minder sendiri.

Lucu saja, saya sudah berpakaian rapi, pake dasi lagi. Eh bang d*** cuma pake kaos oblong + jaket salju + celana jeans yang robek di dengkul. halah thur kali ini kamu salah kostum..
Interview kali ini cukup aneh, saya didiemin sekitar 2 menit, mereka asik membuka berkas lamaran saya. Hemm, gelisah.

Berikut obrolan interview saya dengan user Tokopedia:

T: …..Disini butuh team yang punya inisiatif tinggi,. Kita ga butuh orang yang pinter,.
F: (Lah belum apa-apa kok saya udah dimarahin)
D: Pak Fathur asalnya darimana, tadi kemari naik apa?
F: (ceritanya bang d*** menenangkan suasana, kayanya 2 orang ini ga nyiapin pertanyaan)
T: (sambil menggambar perangkat-perangkat jaringan di kertas) Coba kamu gambarin susunan topology untuk semua perangkat ini.
F: Kalau tidak salah, di gambar tersebut terdapat 3 router, 1 diantaranya adalah mikrotik. Lainnya adalah distribution switch dan end device. Banyak topologi yang bisa diterapkan dengan perangkat-perangkat itu. Tapi intinya saya hanya mengambil solusi untuk menjadi mikrotik sebagai core router.
D: Pak Fathur kapan bisa bergabung dengan kami?
F: sekian..

Yang ini lebih singkat dari interview sebelumnya, kalau tidak karena curhatan Bang D*** yang rumahnya di Cik&as, durasinya kurang lebih cuma 4 menit. Jauh-jauh saya kemari cuma untuk 4 menit. Yasudah saya pulang lagi ke Bandung..

Di perjalanan saya masih ga habis pikir, kenapa interviewnya aneh. Mereka berdua itu siapa??? Atau jangan-jangan jawaban saya tentang topologi tadi masih salah. Saya coba overview lagi, kok kayaknya ga ada yang salah deh. Baiklah esok saya harus mulai bekerja.

Tapi saya bingung mau nunggu bus jurusan bandung dimana, kata orang saya musti ke kampung rambutan dulu. Ke terminal kampung rambutan sudah hampir sejam, nunggu bus jurusan Bandung sekitar 1 jam, alhasil saya nyampe Bandung tengah malem. Itu juga naik bus jurusan Garut, dan saya diturunkan di jalan tol, jembatan, gelap, banyak ibu-ibu genit.

Hari Ketiga Interview di Tokopedia

Malam harinya, saya gelisah. Dalam hati saya tidak nyaman, disatu sisi saya sudah bekerja, namun saya masih menyempatkan untuk interview di kantor lain. Ini tidak sepatutnya ditiru. Saya jalani saja sebisanya, saya berani karena memang disini saya masih testing kantor, nyaman atau tidak, keputusan ada di kedua belah pihak.

Tidak seperti penantian-penantian sebelumnya, keesokan harinya saya langsung mendapatkan kabar hasil interview saya. Email masuk dari Tokopedia, bertanda Tyas, konstelasi bagian HR di Tokopedia.
Saya pikir isinya adalah tawaran pekerjaan, tapi nyatanya saya harus interview untuk ketiga kalinya, dikantor yang sama. Mengulang hal yang sama. Kenapa aneh sendiri ya? Padahal banyak kandidat yang melamar di Tokopedia hanya 1 hari sudah kelar. Baiklah tidak saatnya mengeluh, akan saya selesaikan secara adat.

Sesampainya di kantor Tokopedia, saya baru paham kalau hari ini jadwalnya offering job, dikasih tau oleh receptionist Tokopedia. Wahh ini saat yang dinantikan. Obrolan dengan Kak T*** sebenarnya cukup panjang, terhitung 1 jam lebih, kita banyak ngobrol-ngobrol lucu disini. Saya diajukan pertanyaan lebih detil, mulai dari tentang Tokopedia, apa yang saya cari di Tokopedia, kenapa ini, kenapa gitu, bagaimana jika, ahh segala macam. Sedikit overview tentang Kak T***, awal-awal do’i keliatan judes dan ngomongnya cepet, berhasil membuat saya gugup.

Saya ditanyakan masalah apa yang akan saya hadapi jika saya bekerja, dan bagaimana mengatasinya. Banyak pertanyaan serupa. Yang intinya adalah saya harus mencari-cari masalah sendiri, dan mencari solusinya sendiri. Sulit..

Saya tidak peduli jika saya bermasalah dengan komputer dan benda-benda IT lainnya, masalah di kantor lebih disebabkan oleh kerjasama tim. Contohnya jika saya memiliki 2 orang atasan dengan tujuan berbeda, dan cara yang berbeda, itu bisa jadi masalah. Si A maunya gini, si B maunya gitu. Tentunya ini saya ceritakan dengan contoh kasus yang nyata, hehe

Bagaimana cara mengatasinya?
Yang bisa saya perbuat hanya membantu keduanya, nantinya akan keliatan yang mana cara yang lebih baik. Lebih baik lagi kalau saya bisa kasi solusi, andaikata saya adalah saya orang yang mahir di dalam kasus yang saya ceritakan tersebut.

Pertanyaan terakhir, dapat ditebak, yaah, tentang gaji. Lucunya saya jawab “berani gaji saya berapa?” eh becanda. Banyak yang tidak boleh disebutkan, rahasia perusahaan. Intinya, setelah ngobrol panjang lebar. Saya ditinggal di ruangan, katanya sih mau nemuin team manajemen (ahiya masa orang kaya saya ini perlu banget di review manajemen).

Bisa ditebak.. Do’i balik sendirian, katanya team lagi ga ada di tempat. Tapi, saya diterima bekerja di Tokopedia.
(Alhamdulillah)

Baca juga: Tips Sukses Tahap Interview Pekerjaan

Belum sempat saya jawab, Kak T*** lanjut cerita tentang detil gaji dan tunjangan yang saya peroleh, ngomongnya tetap cepet sampe saya ga bisa nangkep apa aja detilnya. Saya cuma inget angka gaji bulanannya saja, haha. Intinya mereka menawarkan angka yang lebih tinggi dari yang saya minta. Ajaibb

Bagaimana, tertarik dengan penawaran kami?
Saya cuma bisa bilang terimakasih, makasih banyak udah buat saya seneng. Saya meminta detil offering letternya untuk dikirimkan lewat email saja.

Belum selesai sampai disitu.
Jika menerima tawaran tersebut, kapan bisa mulai bekerja?
Ah serius ini membuat saya galau, saya udah jenuh pindah-pindahan, belum lagi saya tidak tau lokasi didaerah sini. Saya meminta waktu sebulan, ditolak, dengan alasan team sedang butuh orang yang bisa fast join. Andaikata ada kandidat lain bisa lebih cepat bergabung, maka saya ditolak, terdengar seperti serius bukan?

Sepulangnya dari kantor Tokopedia, saya pun harus siap-siap pindahan. Besoknya saya menemui atasan saya dikantor, saya ceritakan semuanya. Alhamdulillah saya disetujui untuk pamitan dan menyelesaikan probation saat itu juga. Saya juga dapat semangat dari beliau, haduhh memang  jadi freshgraduate itu rasanya seperti anak bawang.

Karena memang belum tau lokasi daerah Jakarta Barat dan tidak ada teman yang bisa mencarikan saya rumah kost-kostan. Akhirnya saya balik lagi ke kost lama saya di Bogor. 2 bulan awal saya pulang pergi Bogor – Jakarta sebelum akhirnya saya pindah kost di Jakarta.

Well, begitulah pengalaman saya melamar kerja di Tokopedia. Alhamdulillah sekarang sudah hampir 6 bulan saya bekerja di Tokopedia, so far good. Pengalaman selanjutnya akan saya tulis di lain kesempatan.

Eh, makasih loh udah mau baca tulisan panjang ini sampai habis :))

PS: Saat ini saya sudah tidak bekerja di Tokopedia.

107 comments:

  1. Susahnya -_- .. Minimal ijasah apa bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gasusah kok, ceritanya aja terlalu dilebih-lebihin.
      Rata-rata minimal S1, tapi saya pakai ijazah D3.

      Delete
    2. ada interview pake bahassa inggris nggak yah?

      Delete
  2. Saya tgl 20 mei 2016 dapat panggilan interview dr Tokopedia, saya ngelamarnya lewat jobstreet.. apa nanti hanya interview saja atau ada test jg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa interview saja, bisa test juga. Karena ada interview hr, dan interview user.
      Divisi apa mbak? Kalau engineer biasanya harus lewati test dulu.

      Delete
  3. saya kmrn nglamarnya bgian customer care officer.. saya dr bogor juga.. klo dr bogor rute ksana trun di st. apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh, biasanya ditanya seputar permasalahan belanja online saja mbak.
      Naik kereta, turun di stasiun tanah abang. Nanti bisa naik kopaja, turun di depan wisma 77.
      Atau bisa juga turun di stasiun cawang, nanti naik busway lagi, turun di halte kemanggisan (saya lupa namanya).

      Delete
    2. kopajanya nomor berapa mas hehehehe ? lebih murah mana ama naik gojek (kmrn nyoba harganya 5 rebu)

      Delete
  4. Oh bgtu ya, makasih ya Mas Fathur utk infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba gimana udah di interview blum? Kebetulan saya terima undangan interview di tgl 15 Juni, minta sharing dong mba :)

      Delete
    2. Yg ditanya apa aja ya?

      Delete
    3. Saya juga apply customer care

      Delete
  5. Selamat gan fathur udah gawe ditokopedia...

    Kebetulan sy jg lg proses interview ditokopedia untuk posisi senior treasury specialist.
    Melamar via web tokopedia kalau ga salah tanggal 15 Mei 2016, dpt email panggilan interview 17 Mei 2016.
    Saya dpt jadwal interview HR ma user tanggal 19 Mei 2016, dan alhamdulillah lolos dikabarin kurang dari 1 jam setelah interview..
    Dan langsung dikabari final interview dengan VP, Ibu Melissa tanggal 23 Mei nya.
    Saya kaget ternyata prosesnya cepat sekali..

    Kira kira agan tau ga untuk interview dgn VP biasanya apa saja yang dibahas?
    Kemudian untuk kesan selama bekerja disana bagaimana?
    Terimakasih sebelumnya agan fathur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh luar biasa mas sukma..
      hehe, maaf saya kurang tau. kayaknya ntar bakalan ngerivew total pngalaman mas sukma tntang posisi yang dilamar, sampai offering job.
      Semoga sukses ya mas.

      Delete
  6. Halo mas mau tanya, tanggal 1 juni kemarin saya sudah saampai interview user. Yang saya mauu tanyakan kira kira berapa lama ya memunggu hasil saampai dinyatakann lolos? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak laras,
      Sepertinya beda-beda tiap orang mbak, tapi biasanya seminggu udah dikasihtau hasilnya.
      Semoga lolos (y) ....

      Delete
  7. Halo mas mau tanya, tanggal 1 juni kemarin saya sudah saampai interview user. Yang saya mauu tanyakan kira kira berapa lama ya memunggu hasil saampai dinyatakann lolos? Makasih

    ReplyDelete
  8. mas fathur ada kontak yg bisa dihubungi gak? mau tanya beberapa hal nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo
      Silahkan kontak saya, lihat halaman contact me ya:
      http://www.fathurhoho.id/p/contact-me.html

      Delete
  9. Mantap mas. Saya baca tulisannya sampe abis haha.
    Sukses terus ya mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, ada yang baca sampe habis ternyata.
      Makasih ya mas, sama-sama loh,

      Delete
  10. Halo mas Fathur,
    Terima kasih untuk sharing di blognya
    Saya sendiri baru melamar sebagai bagian Script Writer disana, dan sedang menunggu panggilan interview, semoga dipanggil hwhwe.
    Oh ya mas Fathur, di tokopedia apakah budaya kerjanya menyenangkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Venny, semoga dipanggil secepatnya yaa ::
      Alhamdulillah, sejauh ini menyenangkan..

      Delete
  11. Keren kak
    Oiya kalau boleh tau pelamarnya hanya untuk sarjana saja yah kak ?

    ReplyDelete
  12. Kalau posisi transaction officer gimana bang?? Sistem kerja di posisi itu ketat tidak? Krna adek ku pnya pengalaman kerja di online shop besar dan sistem kerja nya cukup ketat dan keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, rasanya enggak deh. Hanya mereka berbeda di jam kerja saja. Detil nya sudah saya balas melalui email ya.

      Delete
  13. Wah.. Bang, nggak ada FGD kah? Saya dapat invitation untuk schedule test & FGD. Kira2 test nya itu test apa ya? Saya apply posisi costumer care.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di schedule nya test FGD ya mbak? waahhh,
      Kebijakan baru kali yaa. hehehe

      Delete
  14. Biasanya status karyawan ny kontrak berapa lama atau ada tetap? Benefitny dengan bukalapak sama tidak mas,seperti dapat makan dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat itu semuanya adalah karyawan tetap.
      Tapi saat ini ada juga yang kontrak / menggunakan tenaga kerja dari pihak ketiga (outsourcing).

      Benefit hampir semuanya ada kecuali makan. hehe
      Kalau lembur sih ada tanggungan makan.

      Delete
  15. Mas Farthur, 1-2 kata dong kesannya selama kerja di Tokopedia. Pengen tau gambaran secara keseluruhannya aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, ini cukup panjang mas.
      Tentunya banyak sih pengalaman yang bisa didapat di lapangan kerja, khususnya disini karena saya katakan teman-teman nya masih relatif muda, bersemangat, ada saja ide-ide baru yang muncul.

      Delete
  16. buat posisi transaction officer itu ada interview bahasa inggris nggak ya?
    terus yang dimaksud dengan "berbeda di jam keja saja" itu gimana?

    ReplyDelete
  17. Mas fathur saya sampe baca tulisan blog ini sampe habis hehehe soalnya tokopedia itu target saya banget untuk dunia pekerjaan,saya sekarang masih berstatus sebagai mahasiswa IT disebuah universitas swasta,nah kan nanti semester 7 itu ada program mahasiswa magang mau tanya kalo disana magang untuk anak IT bisa ga ya? dan pertanyaan seperti apa yang biasanya ditanyakan sama hrdnya dan test apa aja,mungkin mas fathur tau biar saya bisa persiapkan dari sekarang semuanya biar nantinya masuk sana bisa lancar hehehe

    ReplyDelete
  18. Mas fathur saya sampe baca blognya sampe habis karna tertarik sama ceritanya,kebetulan tokopedia itu target saya banget untuk ke dunia kerja,kebetulan saya ini masih mahasiswa semester 4 jurusan IT mau tanya kalo program magang di tokopedia itu ada ga ya untuk anak IT? dan biasanya pertanyaan dan test apa aja yang dikasih? biar saya bisa persiapin dari sekarang untuk nanti semester 7 saya ada program magang

    ReplyDelete
  19. Hi mas Fathur, tanggal 20 kemarin saya interview sebagai CS smpai user interview hari itu juga, dan diminta seminggu menunggu panggilan kembali, kalau mas Fatur sendiri sampai menunggu lewat dari seminggu itu kira-kira berapa lama ya hhe.

    ReplyDelete
  20. Mencari pekerjaan emg susah untuk yang tidak memiliki berpengalaman mencari pekerjaan, tapi berkat ada blog ini sangat bermanfaat sekali. Eh ternyata yang nulis blog ini orang yang sering cuap cuap di kampus XD hahahaha. Doain gue bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhaa, perasaan bukan nulis tips nyari kerja deh. cuma pengen curhat aja :D
      Aamiin, dimanapun good luck

      Delete
    2. Lah ada elu can wkwk

      Delete
  21. permisi, mau tanya, kalo bagian Customer Care Spesialistnya terbagi brp shift? dan yg cewe paling malem jam berapa ya? dan infonya dong gaji CCS sama Product Admin kisaran brp ya?
    saya ada interview CCS (via jobstreet) tapi pas liat web karir toped saya jd tertarik Product Admin/Desain Grafis yg syaratnya mesti tau software desain grafis krn sy lulusan Komunikasi Visual, cuma sy blm ada pengalaman jadi admin ataupun jd desainer grafis, pengalaman sebelumnya jadi Customer Service.

    thx

    ReplyDelete
  22. Good information. Kalo customer care ada 2 shift ya kerjanya, jam berapa aja kalo boleh tau? Thanks.

    ReplyDelete
  23. bro,boleh minta alamat email dong, ane mau curhat masalah tokopedia yang ane alami bro, klo berkenan, ane pengen ngobrol. [email protected]

    ReplyDelete
  24. salam kenal mas fathur, saya senin ada jadwal interview ditokoped. semoga saya bisa lolos kyk mas fathur yaa😊

    ReplyDelete
  25. Mas klo setelah interview dengan Ibu Tyas dan gak ada kabar trus pulang aja tanpa dapet info apa-apa dari Ibu Tyas berarti gak lolos yaa?

    Thanks untuk sharingnya yaa

    ReplyDelete
  26. Mas berarti setelah interview dengan Ibu Tyas pasti dapet keputusan diterima apa enggaknya yaah?
    klo gak ada kabar atau offer apa-apa setelah interview dengan Ibu Tyas berarti gak lolos yaa?

    Thanks yaa mas sharingnya

    ReplyDelete
  27. mas fathur ada email nggak??

    ReplyDelete
  28. mas fathur ada email nggak??

    ReplyDelete
  29. Ahh abang... Saya mah pengen tahu gajinya, sepertinya banyak. Tapi sukses bang.. amin yaa Rabb

    ReplyDelete
  30. saya sudah 2 minggu setelah interview belum mendapatkan kabar dr tokopedia, bang fathur waktu itu tepatnya berapa lama sampe akhirnya dikabarin??

    ReplyDelete
  31. sudah 2 minggu yang lalu saya interview ditokopedia, tapi sampai sekarang belum dikabarin huhuhuhu jadi harap harap cemas niihh..
    bang fathur tepatnya berapa lama waktunya sampe dikasih kabar gembira itu? :D

    ReplyDelete
  32. Ceritanya bikin penasaran,gak sadar klo di scroll terus smpe abis.haha

    ReplyDelete
  33. Terimakasih untuk share cerita pengalamannya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  34. Mas fathur bisa minta contact / email? Mau tanya"..

    ReplyDelete
  35. Mas fathur bisa minta contact / email? Mau tanya"..

    ReplyDelete
  36. Mas fathur kalo untuk internship gmn ya?

    ReplyDelete
  37. Wah. Pengalaman yang sangat menarik. saya baru saja mengirimn lamaran ke Tokopedia. Semoga aja rejeki saya sama kaya anda ya mas Fathur. hehe

    ReplyDelete
  38. Mas fathur tanya dong kira2 nanti ditanya apa aja ya, dapet info interview di customer care officer

    ReplyDelete
  39. Ceritanya malah bikin merinding..

    ReplyDelete
  40. Kenal sama Gian Giovani ngak bang?

    ReplyDelete
  41. Blog yg sangat menarik (y)
    Kayanya ga ada fitur follow atau subscribe ya, mungkin bisa ditambahkan. Lumayan untuk mempertahankan trafic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Wahyudi :) sudah berkunjung ke blog saya
      Di atas sudah saya sertakan field untuk subscribe ke email. Selain itu saya belum ngerti karena baru belajar nge-blog :D

      Delete
  42. Good story om Fathur, ampe abis saya baca hhaha soalnya tggl 12 Jan besok saya panggilan juga mas buat customer care. Punya kontak wa gak mas mau tanya2 ni?

    ReplyDelete
  43. Wah bagus ini isi dan cara penulisannya, walaupun saya dari bidang bukan IT ...

    ReplyDelete
  44. Wah mksh ya mas fathur sdh berbagi pengalaman, saya baca smpai selesai.. Oia mau tanya nih sklian, tokopedia terima PKL anak smk ga? Kbtulan adik saya smk jurusan marketing berbasis internet, dy minat sm tokopedia.. Mhon infonya ya mas☺

    ReplyDelete
  45. wahhh, keren bang.
    jadi pengen ngelamar di tokopedia nih :D
    kira-kira untuk posisi yang cocok untuk anak ekonomi apa ya bang
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. sangat membantu!!! terimakasih atas cerita perjalannnya!!!

    ReplyDelete
  48. Wah mas fathur sangat menginspirasi sekali :) saya sore ini baru buka email dan besok ada panggilan interview tokopedia bagian call center officer..hanyasaja ko disertakan FGD nya ya mas.. huu

    ReplyDelete
  49. Wahh mas fathur sangat menginspirasi sekali :) sore ini saya baru dpt email untk interview tokopedia besok untk posisi call center officer. Hanyasaja ko disertakan FGD nya yaa mas huuuuhu

    ReplyDelete
  50. Agan pas kerja di bandung saat menyelesaikan probation brp lama ?

    ReplyDelete
  51. kak mau tanya aku sekolah di SMK Telkom jurusan IT bisa kan nglamar di tokopedia?

    ReplyDelete
  52. Emmmm😊😊😊 kok lucu curhatannya. Seruu..hihihi
    Good job
    Wish Me luck😊

    ReplyDelete
  53. Waaaah pengalaman yang berlika-liku dan berakhir dengan mendapatkan hasil yang diinginkan , congrats mas fathur .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Rizki.
      Sukses buat Anda juga yaa.

      Delete
  54. kak aku ini mahasiswa D3 manajemen informasi bisnis sekarang smt 4
    nah smt 5 nati aku pengennya magang di tokopedia. bisa ngga ya kak kira kira?
    dan kira kira aku ambil apa yang cocok sama jurusanku ini kak?
    mohon pencerahannya terimakasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, tergantung posisinya dibuka atau tidak mbak. Nanti kalau sudah saatnya magang silakan check saja halaman careers.
      Yang pasti sesuaikan saja dengan minat dan keahlian yang kamu miliki.
      Magang dimana saja asal tulus dan ikhlas mudah-mudahan asik. :D

      Delete
  55. Wow,, kayaknya menyenangkan tuh lihat dari percakapannya. Mau dong kerja di Tokopedia.. hehe
    (ngawur)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja dimana saja asal bahagia ndak masalah toh mas :D

      Delete
  56. Halo
    Saya ngga ada undangan dan belum dapat wangsit untuk apply ke tokopedia tapi saya baca ini sampai selesai haha storytellingnya enak Mas (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, senang mendengar ada yang suka membaca curhatan saya :D

      Delete
  57. mas, mau tanya jarak dari interview 1 sampai interview 2 berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa selesai dalam sehari (kalau usernya available)
      Bisa 2 hari, bahkan bisa 2 minggu. Hehe

      Delete
  58. terimakasih mas atas curhatannya hehe. kemarin saya baru memasukkan CV dan Portofolio ke HRnya. kira-kira direviewnya berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memakan waktu 3 hari sampai seminggu mas, ada juga yang lebih :))

      Delete
  59. Salam, bang fathur. Saya mahasiswi tingkat akhir perbankan minat sm job vacancy escrow speciallist nya tokopedia. Skrg masih nunggu sidang, kira2 masuk kriteria gak ya bang kalo ikut ngelamar ?
    kalo boleh tau, dulu bang fathur ngelamarnya stelah dapat SKL atau saat smster akhir ya ?
    Thx bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah yudisium, berarti sudah lulus dan menyandang gelar kan?
      SKL saja cukup, karena jarak antara yudisium dengan wisuda relatif lama biasanya.

      Delete
  60. hai kaa aku mau tanya, tolong direspon yaa… buat bagian Customer Care Officer-Resolution.. di schedule ada FGD dan interview (3-4 jam) di email ditulis seperti itu, apa interview dan FDG pake bhs inggris? lalu user dan hrd ada berapa orng ya yg interview kita nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Putri,
      Mohon maaf saya kurang paham mengenai test FGD yg digunakan.
      Bahasa Inggris *mungkin2 saja, tapi engga fully kok. (Cuma menebak).

      HRD biasanya 1 orang.
      Dengan user bisa lebih, tergantung waktu dan keadaan. hehe

      Delete
    2. Gimana mba Putri, sudah FGD dan interview? Kaya gimana gambarannya? Saya baru di email utk posisi yg sama nih utk tgl 20 Juli..

      Delete
  61. Waah ceritanya bagus mas wkwk.. saya juga baca sampai habis. Ternyata melamar pekerjaan itu prosesnya panjang ya, tapi ternyata kalo jodoh ga kemana haha. Doakan saya juga ya semoga cepat dapat kerja karena pengen sebelum lulus sudah dapat kerjaan. Salam kenal mas fathur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :))
      Engga begitu panjang sebenarnya, cuma dilebih-lebihin aja hehehe.

      Semoga sukses mbak Dewi.
      Salam kenal juga.

      Delete
  62. cerita nya keren bang ,

    bang saya dari jambi , tokopedia tertarik ga ama anak rantau?

    ReplyDelete
  63. ka, contact kirim email nya kenapa tidak bisa ya ?
    apa sudah di klik otomatis masuk ke email kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Winda,
      Iya nih mohon maaf yaa, akan segera saya perbaiki.
      Bisa menghubungi saya via telegram :))

      Thank you.

      Delete
  64. Ka fathur saya mau nanya, kalau customer care officer itu kerjanya gmna ya? Terus shift kerja nya ada brapa? Saya baru akan mengikuti interview dan fgd minggu depan, biasanya apa aja ya yg ditanya pada saat interview cco itu? Makasih kak mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Team customer care setau saya ada untuk email dan call.
      Mengenai jadwalnya shiftingnya saya kurang paham pastinya, sekarang banyak perubahan. hehe.
      Semoga sukses mbak Desy.

      Delete
  65. Halo mas fathur, kemarin saya dapet email fgd interview di tokped tp kebetulan saya masih kerja diluar kota dan minta reschedule jadwal ke awal september (jadwal interviewnya 22 agstus) Udah saya reply tp blm ada jawaban jg. Emang suka lama ya dibales email buat reschedule? Jadi galau :( pgn bgt kerja di tokped

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Maklum saja, terkadang response dari email bisa cepat atau bisa juga lama. hehe
      Kalau beberapa hari belum ada tanggapan, bisa ditelfon saja ke PIC yang mengirimkan email tersebut, sesuai dengan ext yang disertakan di email.

      Delete
  66. Terima kasih sharingnya bang. Saya jg domisili bogor. Melamar di tokoped apakah ada syarat ipk minimum bang? Jika ada minimumnya brapa bang? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya tidak ada, selama experience dan skill yang tercantum pada CV / Resume bisa menarik perhatian, kemungkinan besar akan diundang untuk interview.
      Setelah itu kembali ke kemampuan diri. ^ ^

      Semoga sukses, Wilson.

      Delete
  67. hallo mas. saya calon newkama training mulai tgl 28 divisi customer care.salam kenal

    ReplyDelete
  68. makasih kak udah mau sharing di sini, jadi punya gambaran nih sebelum ikut interviewnya nanti hehe

    ReplyDelete
  69. saya baca blog ini di 2021 dan saya ingin sekali melamar disini tp sy tidak kuliah di jurusan jurusan sarjana. Saya hanya lulusan politeknik APP jakarta distribusi dan delivery itupun hanya D1

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak