Mengurus Sendiri BPKB yang Hilang
fathurhoho

Mengurus Sendiri BPKB yang Hilang

Published by:
bpkb-hilangSebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor, pastilah disertai sebuah dokumen penting yang namanya BPKP atau buku pemilik kendaraan bermotor. Jika sampai bpkb ini hilang.. pff, ribet. Ini pengalaman saya mengurus (sendiri) BPKB yang hilang.

Disclaimer: proses yang kamu atau orang lain lalui mungkin berbeda. Saya mengurus sendiri kehilangan BPKP (motor, perorangan), tanpa meminta bantuan orang lain atau menggunakan birojasa.


Syarat Mengurus BPKB Hilang

BPKB yang hilang harus segera diurus kembali. Karena tanpa BPKB, kita tidak dapat mengclaim sebuah kendaraan tersebut adalah milik kita. Nantinya BPKB ini akan diterbitkan lagi duplikatnya oleh samsat.

Berikut syarat-syarat yang harus kamu lengkapi untuk mengurus BPKB yang hilang. (Note: kamu bisa meminta contoh semua persyaratan dibawah di kantor polres)
  1. Laporan Surat Kehilangan
  2. Cek Fisik Kendaraan dan Berita Acara Cek Fisik
  3. Bukti Pemasangan Iklan Kehilangan di 3 Koran yang Berbeda
  4. Surat Pernyataan Tidak Diagunkan yang Distempel Oleh RT/RW
  5. Surat Kuasa
Selain itu, siapkan pula STNK juga KTP pemilik baik asli maupun fotokopi nya.

1. Laporan Surat Kehilangan BPKB

Pertama, kita perlu membuat surat laporan kehilangan BPKB di kantor kepolisian minimal tingkat polres. Tidak bisa di polsek. Polresnya tidak harus sesuai wilayah di STNK motor.

Misalnya di kasus saya, motor berwilayah di Tangerang Selatan berdasarkan STNK nya. Namun BPKB hilang di wilayah Slipi, Jakarta Barat. Saya melaporkan kehilangan BPKB di Polres Slipi Jakarta Barat.

2. Cek Fisik Kendaraan dan Berita Acara Cek Fisik

Berbeda dengan laporan kehilangan BPKB, cek fisik kendaraan harus dilakukan di kantor SAMSAT wilayah sesuai STNK motor. Setelah melakukan cek fisik, jangan lupa untuk meminta Berita Acara Cek Fisik Kendaraan di loket polres.

3. Bukti Pemasangan Iklan Kehilangan BPKB di 3 Koran yang Berbeda

Iklan harus dipasang di koran lokal. Jika kamu berada di wilayah Jakarta, maka pilihlah 3 koran lokal di Jakarta. Saran saya, pilihlah koran yang menyediakan Epaper, sehingga kamu dapat dengan mudah memantau iklan yang kamu pasang dan menyimpan buktinya.

Mengingat di zaman sekarang sudah semakin sulit menemukan koran, baik dari loper koran ataupun koran-koran yang biasa mangkir di ruang kerja.

Saya menggunakan jasa pemasangan iklan. Biayanya berkisar dari 50ribu hingga 100ribu per-terbitnya, tergantung koran yang kamu pilih.

4. Surat Pernyataan Tidak Diagunkan yang Distempel Oleh RT dan RW

Kemudian, pemilik kendaraan tersebut harus membuat surat pernyataan bermaterai bahwa BPKB kendaraan tersebut benar hilang, dan tidak berada dibawah agunan bank atau instansi manapun (tidak digadaikan dan semacamnya).

Setelah itu ditandatangani serta distempel oleh ketua RT dan RW.

5. Surat Kuasa

Mengurus semua syarat-syarat untuk kepengurusan BPKB hilang diatas, dapat dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan atau orang lain. Orang lain yang mengurus harus menyertakan surat kuasa bermaterai yang dibuat oleh pemilik asli kendaraaan.

Surat kuasa tersebut berlaku untuk:
  1. Surat kuasa untuk mengurus cek fisik kendaraan ke kantor SAMSAT
  2. Surat kuasa untuk mengurus laporan kehilangan ke polres.

Membuat BPKB Duplikat

Setelah semuanya lengkap, jangan lupa untuk memfotokopi semua persyaratan tersebut. Kemudian kamu perlu membawanya ke RESKRIM (reserse kriminal) polres untuk dibuatkan Berita Acara Laporan kehilangan.

Katanya, setelah proses di reskrim selesai, kamu perlu menunggu beberapa hari. Nanti akan dikabari lagi via telepon atau whatsapp untuk mengambil syarat-syarat tersebut untuk selanjutnya dibawa ke Polda melakukan penerbitan BPKB duplikat di SAMSAT.

Jika dihitung-hitung, mengurus BPKB hilang sendirian, bisa memakan waktu berbulan, dari melengkapi persyaratannya hingga menyelesaikan laporannya di polres. Harus menyediakan waktu. Apalagi tidak bisa dilakukan di akhir pekan. Mesti hari kerja.

Pengalaman saya sendiri, dari bulan November 2019 saya menghantarkan semua persyaratan diatas ke polres, hingga hari ini belum diberi kabar. Mungkin ada persyaratan yang kurang, ah sudahlah.

2comments: