Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge [SOLVED]
fathurhoho

Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge [SOLVED]

Published by:
Woy lek, cemana kabar? Sehatko kan? Masih ingat kau sama si Togar dan Ucok yang semalam kuceritakan? Kalo gak, cak tengok la dulu tulisan ku semalam neh “Togar, Ucok, dan HP Xiaomi”. Aku bukannya apa-apa, biar nyambung sikit cerita kita malam ini ya nggak?!

Jadi, kemarin saya sempat menyinggung tentang Handphone Xiaomi pada tulisan saya yang sebelumnya. Sambil menulis, sebenarnya kemarin saya sedang menguprade ROM Xiaomi Mi4i saya ke ROM terbaru, yakni MIUI 7.2.3.0 | Stable.

Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge Setelah Upgrade

Mengatasi Xiaomi Mi4i Tidak Mau di Charge
Ini masalah yang sedang saya alami sekarang. setelah muter-muter di internet seharian, saya tidak menemukan cara mengatasi Xiaomi Mi4i yang tidak mau di charger setelah upgrade ke MIUI 7.

Walaupun saya sudah menemukan sekitar 5 thread yang sama di forum-forum terbeda, namun belum ada yang case closed.

Akhirnya saya coba mengatasi dengan analisa dan penalaran saya sendiri. Saya berpikir, mungkin upgrade nya kurang hati-hati. Berikut pemahamannya:
  • Upgrade berbeda dengan clean install, atau kalau ga salah orang nyebutnya flashing. Dari notifikasi upgrade xiaomi sendiri, kita hanya diminta mengupgrade saja kalau sudah punya ROM terbarunya. Tentu dengan langkah yang dianjurkan.
    Kemarin saya upgrade yah langsung main upgrade aja, apalagi hp saya sudah sering saya rusak-rusakin , sudah di root dan segala macem. Bisa jadi ini masalahnya. Tapi belum saya coba karena saya langsung hapus downloaded rom nya, maka saya lanjut ke penalaran kedua.
  • Masih dengan keadaan hp saya yang sudah di root + twrp nya juga. Saya mencoba clean cache dan reset, semoga-semoga ini berhasil. Maka saya masuk ke twrp dan reset seluruh settingan di hp saya. Sehingga kondisinya balik lagi menjadi factory setting, semua aplikasi saya hilang. Hmmm. Cara kedua ini berhasil, kalau tidak berhasil, saya anjurkan pakai cara yang pertama.

Solusi Paling Mutakhir Mengatasi Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge

Perlu diketahui, xiaomi memiliki fitur auto cut. Fungsinya? Autocut ini adalah fungsi untuk menahan daya yang masuk, ketika pengisian baterai sudah sampai 100%. Apakah bisa di customize? Kayaknya ga bisa. Beda dengan laptop yang beberapa merk punya fitur yang sama, namanya mungkin smart charging, contohnya kalau di Laptop Vaio kita bisa mengatur pada level berapa % baterai tidak menerima daya yang masuk.

Jadi, di beberapa hp xiaomi yang beredar, fitur ini tidak berjalan mulus, banyak yang gagal. Harusnya fitur auto cut tersebut akan mati sendirinya kalau charger sudah dilepas. Sayangnya tidak.
Ini menyebabkan hp xiaomi tidak mau di charger walaupun baterai nya sudah low bahkan 0% sekalipun.
Untuk mengatasinya, coba langkah berikut:
  1. Coba reboot hp kamu, kemudian charge kembali.
  2. Jika tidak bekerja, biarkan charge tetap terhubung sekitar 30 menitan atau lebih.
  3. Jika belum berhasil juga, lakukan hal yang sama.
    Namun hp dalam keadaan mati.
  4. Biasanya di langkah ke 3 ini berhasil.
    Tapi masih ada masalah selanjutnya, yaitu chargingnya “lost and connect”, so, karena putus nyambung, pengisian baterainya cukup lama.
  5. Untuk mengatasi masalah di nomor 4, coba lakukan kalibrasi baterai. Caranya, gunakan baterai sampai benar-benar habis, lalu charge dalam keadaan mati, sampai 100%.
    Yah kalau kamu bersabar, lakukan sampai 3x sirkulasi pengisian sampai penuh.

Cara Paling Ampuh Mengatasi Xiaomi Mi4i yang Tidak Mau di Charge

Bagaimana jika belum berhasil juga?
Sebelumnya saya ingatkan, saya sudah mencari solusinya di beberapa forum, tapi belum ada yang closed. Maka cara ini hanya berdasarkan nalar saya aja. Silahkan di coba kalau kamu siap untuk lelah. Di thread yang saya baca, hampir semua menyarankan untuk membawa hp xiaomi yang tidak mau di charge agar dibawa ke service center.

Nah bisa dikatakan ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi hp xiaomi yang tidak mau di charge. Apalagi jika masih garansi, jika mereka tidak bisa memperbaikinya, maka biasanya diganti yang baru. Mayan kan..

Yaah, begitulah caranya mengatasi hp xiaomi mi4i yang tidak mau di charge. Apa boleh buat, cuma ini hp saya satu-satunya dan memang sedang dibutuhin banget untuk bulan-bulan ini, sehingga saya mengurungkan niat untuk membawanya ke service center.

Update!! Mengatasi Masalah HP Xiaomi Tidak Bisa Di Charge | Sabtu April 2016

Setelah berhasil dengan langkah-langkah sebelumnya yang telah saya jelaskan diatas, ternyata hasilnya tidak berjalan maksimal. Beberapa hari kemudian, hp xiaomi mi4i tidak mau di charge lagi. Saya sempat berpikiran untuk membawa hp xiaomi saya ke Xiomi Service Center Jakarta Roxy Mas.

Eh tapi tunggu dulu, bukankah hp xiaomi tidak mau charge awalnya karena upgrade ROM? Apa salahnya di downgrade lagi? PAS! Akhirnya saya coba untuk downgrade ROM xiaomi mi4i saya.
  • Pertanyaan pertama, ke versi berapa? Awalnya juga saya bingung, saya coba cari-cari release version ROM untuk xiaomi mi4i yang paling stabil dan ketemu di satu forum xiaomi, yakni Global Stable ROM V6.5.6.0.LXIMICD. Tidak tersedia di website resmi, karena disana hanya menampilkan 3 versi terakhir saja.
    Untuk mendapatkannya kamu bisa gunakan link berikut.
  • Sebentar sebentar, kan hp nya tidak bisa di charge, otomatis tidak bisa terhubung ke MiPhone juga dong. Saya terpaksa download melalui hp, gunakan Cm Browser supaya lebih cepat.
  • Selanjutnya, silahkan reboot ke recovery.
    Jangan lupa untuk wipe cache dan … happy flashing.
  • Kalau sudah berhasil, silahkan di upgrade lagi ke ROM yang terbaru, InsyaAllah masalah baterai tidak mau di charge di hp xiaomi sudah teratasi.

Update!! | Senin 31 Juli 2017

Buat teman-teman yang masih menghadapi kendala dengan masalah xiaomi tidak mau di charge, bisa mengikuti tips berikut:
  1. Cari colokan lain (dari sebelum2nya
  2. Colok, dan seperti biasa tidak ada respon, kalaupun ada paling cuma kedip-kedip LED merah, dan kemudian no respon.
  3. Coba biarkan berkedip, atau mati sendiri dalam 5 sampai 10 menit.
  4. Tekan tombol kunci + volume atas secara bersamaan. 
  5. Xiaomi akan menyala dan muncul pilihan bahasa, pilih Inggris (dengan menggunakan tombol volume), pilih dengan tombol power atau kunci. 
  6. Kemudian akan muncul berbagai opsi, pilih power off, dengan cara yang sama (tombol power dan volume). 
  7. Charging akan bekerja, biarkan dalam kondisi ini hingga 75%. 
Tested on Xiaomi 4C.
Credit: Ridho Azlam Ambo Asse

Terima kasih mas Ridho atas sarannya pada komentar di artikel ini. Semoga membantu.
Back to top