Berlangganan RSS Blog Favorit dan Mengelolanya di Mozilla Thunderbird
fathurhoho

Berlangganan RSS Blog Favorit dan Mengelolanya di Mozilla Thunderbird

Published by:
Tahun 2018 ini saya mencoba meningkatkan produktifitas dengan menghindari ‘do nothing’ dan sebisa mungkin memanfaatkan waktu luang yang ada. Salah satu caranya adalah mengorganisir kembali susunan blog dan situs yang saya subscribe. Saya punya jadwal rutin membaca buku, paling tidak 2 jam sehari.
Feed Reader Menggunakan Thunderbird
Kalau urusan buku, epub reader dengan calibre sangat membantu. Selain itu, saya juga berlangganan ke beberapa blog favorit. Tapi karena tidak semua blog tersebut menyediakan newsletter melalui email, jadi ada beberapa blog yang saya bookmark secara manual di browser.

Ini jadi merepotkan, karena letaknya jadi terpisah-pisah. Hal yang saya harapkan kira-kira begini:
  • Blog tersebut bisa diatur berdasarkan kategori bahasan, teknologi, forum, linux, networking, produktifitas, dan sebagainya.
  • Semuanya di satu tempat, akan lebih bagus jika bisa dibuka dalam satu aplikasi.
  • Ada notifikasi update mengenai konten terbaru berupa summari konten.

Apa itu RSS dan Manfaatnya?

RSS atau Rich Site Summary adalah sebuah format yang digunakan untuk menyampaikan perubahan isi suatu web. Konten ini yang biasa disebut dengan feed. Untuk menampilkannya kita butuh aplikasi news aggregator atau biasa disebut dengan feed reader. Feed reader ini bisa berupa web, mobile atau desktop app.

Artikel blog khususnya, saat ini sudah jadi kebutuhan mayoritas orang. Buat bahan bacaan menambah pengetahuan. Atau misalnya seorang blogger yang butuh nulis artikel yang sedang trending. Daripada terus-terusan nge-cek situs seperti news.google.com, lebih efektif berlangganan RSS nya saja. Buka link aslinya jika merasa diperlukan.

Berlangganan RSS dengan Thunderbird

Karena sangat bermanfaat, banyak orang yang butuh feed reader. Oleh karena itu ada banyak feed reader premium yang fiturnya lumayan, contohnya feedspot, feedly (versi gratisnya udah lumayan), atau yang bisa ngirim update ke channel telegram. Semuanya berbayar.

Ada juga yang gratis, kalau kamu penasaran bisa di searching sendiri. Saya memutuskan pakai thunderbird karena:
  • Sudah lebih dari cukup, dan tidak ada perbedaan signifikan dibanding feed reader lain yang sama gratisnya. 
  • Saya tiap hari buka thunderbird untuk email dan IRC, jadi satu tempat jadi lebih bagus. Engga perlu buka aplikasi terlalu banyak.
Berikut ini langkah menggunakan RSS feeds di mozilla thunderbird.

1. Membuat Feed Account

Karena fitur utama thunderbird adalah email yang sifatnya multiple. Kita perlu membuat feed account, agar tampil di tab baru. Hampir semua aplikasi feed reader gratis tidak butuh registrasi, begitu juga di thunderbird.
Thunderbird Feeds - Blogs and News Feeds
Di sisi kiri terdapat bar "Blogs & News Feeds", jika di klik akan menghasilkan tampilan seperti diatas. Silakan buat account baru dengan nama yang diinginkan. Account ini bisa ditempatkan dibawah akun email (jika sudah ada), atau di local saja seperti kasus saya.

2. Mengatur Server dan Storage RSS

RSS Feeds Settings Thunderbird
Kemudian klik kanan lagi di "Blogs & News Feeds" tadi, lalu pilih settings. Ada beberapa hal yang bisa diatur. Di bagian server settings kita bisa menentukan pemeriksaan konten terbaru, checklist jika dibutuhkan. Disini saya juga perlu menentukan direktori untuk menyimpan rss tadi, tidak banyak kok. Puluhan blog hingga sekarang hanya berkisar 7MB.

3. Membuat Direktori dan Subdirektori RSS

Managing Feeds with Thunderbird
Agar tidak acak-acakan, blog-blog yang ingin di subscribe dikategorikan. Terserah berdasarkan apa. Contoh milik saya ada: networking, produktifity, dan reddit. Reddit sengaja saya pisahkan sendiri karena emang rada beda.

4. Langkah Terakhir: Menambahkan RSS Subscriptions

Kita sudah menyediakan tempat untuk blog-blog yang akan disubscribe. Sekarang saatnya menambahkan RSS ke thunderbird. Caranya kembali ke tab "Blogs and News Feeds" tadi lalu klik "manage subscriptions".
Menambahkan RSS ke Thunderbird
Disini gambarnya rada membingungkan. Saya selalu membuat direktori untuk satu blog. Karena ada juga blog yang memisahkan feed mereka, seperti contoh diatas, Network Computing punya rss masing-masing untuk cloud, networking, storage, wireless, dst.

Jadi ketika ingin menambahkan rss baru, cukup klik direktorinya saja, contoh "Network Computing". Lalu input alamat rss nya di "Feed URL", maka otomatis akan seperti gambar diatas. Selesai ~

Cara Mengetahui Alamat RSS Suatu Blog

Beberapa blog memang menyediakan alamat RSS mereka untuk pengunjung, sebagian ada juga yang tidak. Salah satu caranya kamu bisa melihat 'page source' halaman blog tersebut. Seperti ini: (CTRL+U) halamannya terlebih dahulu:
how to find rss url
Ketemu kan? Alamat RSS blog ini adalah https://www.fathurhoho.id/feeds/posts/default, tinggal copy paste ke URL feed thunderbird tadi. Tapi setiap situs, alamat RSS nya beda-beda, tergantung platformnya. Kalau blogspot biasanya langsung tambahkan /rss.xml saja di belakang domain utama.

Alamat RSS blog wordpress

Blog wordpress biasanya punya alamat RSS seperti : http://example.com/feed, engga pake 's'.

Alamat RSS forum

Alamat RSS medium

Kesimpulan

Sip, mulai sekarang kalo mau baca-baca blog tinggal buka thunderbird. Ga perlu repot-repot lagi. Thunderbird ini keren banget, kalo ini pertama kali pakai, kamu harus baca cara menggunakan email dengan thunderbird. Jadi bisa login outlook, gmail, yahoo!, di thunderbird. Ditambah lagi filtering message nya yang ajib. 

Btw tadi, RSS blog ini. Jangan lupa di subscribe ya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Back to top