Mengetik Cepat 10 Jari : Manfaat dan Metode Belajarnya
fathurhoho

Mengetik Cepat 10 Jari : Manfaat dan Metode Belajarnya

Published by:
Hidup di era digital menjadikan mengetik sebagai satu rutinitas kehidupan. Mereka yang selalu berhadapan dengan komputer pasti akan berhubungan dengan tombol-tombol di keyboard. Saat ini setiap orang bisa mengetik, tapi apakah semua orang bisa mengetik cepat? Mengetik cepat dengan 10 jari merupakan salah satu seni kreativitas penggunaan komputer.

Manfaat dan Metode Belajar Mengetik Cepat 10 Jari

Berikut akan saya berbagi cara agar dapat mengetik cepat menggunakan 10 jari dan juga manfaatnya. Sebelumnya saya jelaskan, cara ini tidak menjamin kamu langsung bisa mengetik cepat dengan 10 jari keesokan harinya, tapi jika kamu benar-benar serius mengikuti tips ini, InsyaAllah dalam waktu dekat kamu akan bisa melihat hasilnya, kapan? Semuanya tergantung keseriusan dan kedisplinan. Hehe

Baiklah, langsung ke tkp.. eh sebentar, saya jelaskan manfaatnya dulu.

Manfaat dari Mengetik Cepat 10 Jari

1. Menghemat Waktu
Semua pekerjaan yang berurusan dengan ketik-mengetik pasti bisa terselesaikan dengan cepat. Seorang yang bisa mengetik cepat itu membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk mengetik 65 kata (nilai minimal). Bayangkan jika kamu hanya bisa mengetik 20 kata per menit dan kamu harus menyelesaikan paper berisi 3000 kata.

2. Mengurangi Stress Pada Otak
Berikut contoh lebay. Katakanlah suatu ketika kamu memiliki tugas mengetik ulang teks dalam buku. Sebelum mengetik, kamu harus membaca setiap kata dan kalimat di buku tersebut, berfikir, kemudian mengingat dan menghafalkan untuk menulis ulang teks tersebut. Ditambah lagi kamu harus mencari-cari posisi setiap huruf pada tombol-tombol keyboard.

Ini akan membuat otak bekerja 2x lebih berat. Repot, dan tentunya membosankan bukan? Hal ini akan membuat kamu berfikir mengetik itu adalah suatu siksaan.

3. Chatting Tiada Lelah
Dengan kemampuan mengetik cepat, chatting menjadi lebih menyenangkan. Kamu akan dengan santainya membalas chat semua teman-temanmu di facebook, line, whatsapp, telegram, wechat, kakaotalk, segala macam. Semua rekan-rekan bisnis mu akan merasakan pelayanan terbaik.

4. Terlihat Proffesional
Terlepas dari keahlianmu yang lain, orang-orang akan menilaimu proffesional di bidang komputer. Mereka akan menganggap kamu ahli di bidang komputer dan memahami komputer sedalam-dalamnya. Keren gak?

5. Tidak Takut Mati Lampu
Lagi asik-asik ngetik, eh tiba-tiba lampu padam. Belum sempat beli keyboard backlight, keyboardnya ga keliatan. Tugas pun terbengkalai. Hal ini tidak akan kamu alami lagi, karena kamu sudah bisa mengetik tanpa melihat keyboard. Sekali lagi, tanpa melihat keyboard, sambil pejam mata juga boleh.

6. Aman dari Status Pengangguran
Jangan dianggap sepele, keahlian mengetik cepat patut dibanggakan. Banyak orang-orang yang membutuhkan jasa dari seorang pengetik cepat, terutama dalam bidang ketik-mengetik (menulis). Disamping itu, kemampuan mengetik cepat berbanding lurus dengan pemahaman penggunaan komputer sehari-hari. Banyak sekali kreativitas yang dapat diciptakan dari keahlian ini.


Secara garis besar, itulah manfaat dari keahlian mengetik cepat.

Gimana, tertarik?
Berikut tips cara mengetik cepat 10 jari.

Syarat Dasar: Gunakan 10 Jari (WAJIB)

Kenapa harus 10 jari? Iya karena ini jumlah yang maksimal. Seberapapun kecepatan kamu mengetik, jika hanya menggunakan 2 jari, kecepatannya tidak akan bisa mengalahkan orang yang mengetik sepuluh jari.
Waktu yang dibutuhkan jari untuk sampai menekan tombol di keyboard hanya sekitaran mili detik. Semakin jauh jarak jari dengan tombol, semakin bertambah waktu yang dibutuhkan, apalagi hanya dengan 2 jari.

Ada 2 model layout keyboard yang umum digunakan, yakni QWERTY dan DVORAK. Namun disini saya hanya membahas layout keyboard QWERTY.
  1. Keyboard sudah didesain berdasarkan jemari-jemari penggunanya. Berikut dasar penggunaannya (Kelingking – Telunjuk).
    Jemari kiri: ASDF Jemari kanan: JKL;
    Bingung? Lihat gambar.
  2. Setelah mengetahui tatak letaknya, kamu harus disiplin mengetik sesuai dengan aturan tersebut. Maksa kan? Hehe. Ya tapi inilah syarat dasarnya agar bisa mengetik 10 jari.
    Tidak perlu dihapal kok, biasanya keyboard sudah ada pembatas di tombol F dan J, kalau penasaran coba diraba-raba keyboard kamu punya.    
    Lanjut ke tips selanjutnya..

Gunakan Aplikasi Belajar Mengetik

Dulu saya menggunakan aplikasi bernama typing tutor. Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat membantu pembelajaran mengetik cepat 10 jari. Jika kamu baru belajar mengetik cepat, saya menyarankan aplikasi yang menyediakan metode pembelajaran bertingkat.

Maksudnya?
Setiap praktek di aplikasi tersebut ada level nya. Untuk basic, kamu akan dilatih dengan ASDF secara berulang-ulang sampai WPM (words per minute) sekian, kemudian lanjut ke tingkatan yang lebih sulit, begitu seterusnya.

Jangan lupa bahagiakan diri agar belajar menjadi menyenangkan. Sesekali kamu boleh submit speed test typing kamu supaya lebih semangat. Biasanya saya gunakan 10fastfinger.

Berikut penampakannya:
Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari
Bermaksud Sombong
Seberapa cepat anda mengetik?
Mengetik 96 kata per menit bahasa indonesia, itu masih tergolong lelet. Banyak yang pemain lain yang sampai ratusan kata permenit.

Jadikan Games dan Chatting Menjadi Aktifitas Belajar Mengetik

Sebenarnya dengan memahami dan menekuni secara serius 2 point diatas, sudah cukup. Namun untuk mencegah kebosanan, kamu bisa berlatih melalui kegiatan chatting dan games.
Tersedia juga games-games yang bisa melatih keahlian mengetik cepat, saya rekomendasikan games "ketik bulan". Silahkan cari di google.

Harus diingat, jangan sampai chatting malah merusak rencana belajar mengetik cepat mu. Kamu harus mulai chatting dengan kaedah posisi jari dan keyboard yang sudah saya jelaskan di awal.

Nah, begitulah sedikit tips mudah cara mengetik cepat 10 jari beserta manfaatnya. Belajar mengetik cepat itu tidak sulit, hanya butuh ketekunan dan kedisplinan. 

Semoga Bermanfaat.

Bonus:

0 comments:

Post a Comment

Back to top