Yuk Gabung ke Grup dan Channel Terbaik di Telegram
fathurhoho

Yuk Gabung ke Grup dan Channel Terbaik di Telegram

Published by:
Tidak dapat dipungkiri kalau aplikasi telegram memang sangat powerful terutama fitur supergroup dan channelnya.
Aktifitas telegram saya sendiri sebagian besar dilakukan di grup dan channel, sangat sedikit sekali saya melakukan obrolan di pesan pribadi (private message).

Alasannya karena rasanya memang lebih enak berdiskusi di grup, banyak ide-ide yang mungkin datang dari anggota lain. Tidak jarang jika ada yang mengirim pesan pribadi ke saya bertanya tentang Jaringan Komputer, saya memintanya untuk berdiskusi di grup saja, jika bertanya tentang telegram, saya tawarkan untuk bertanya di grup saja. Lebih enak.
Seringnya seperti itu.
Kecuali memang benar-benar penting dan private.
Channel Group Telegram

Baik, di Telegram terdapat banyak sekali grup-grup yang menarik dan sangat bermanfaat. Saya hanya merangkumnya sebagian di artikel ini berdasarkan pengamatan dan testimoni dari teman-teman.

1 Gimpscape Indonesia

Fokus bahasan utama grup ini adalah GIMP dan Inkscape serta hal-hal terkait Free/Libre Open Software (FOSS). Berawal dari grup telegram, gimpscape kini menjadi komunitas yang luar biasa.

Terbukti dengan channel ruang karya mereka yang berisi daftar kreasi member-member kreatif member gimpscape.
Tidak hanya itu, gimpscape juga telah mendirikan sebuah website beralamatkan gimpscape.org.

2 Belajar LibreOffice Indonesia

Komunitas Belajar LibreOffice Indonesia dibentuk oleh Kang Taufik Hidayat dan sekarang sedang fokus mengerjakan projek buku bersama teman-teman yang lain. Mungkin kamu pernah membaca buku berjudul "Mari Mengenal LibreOffice".
Buku ini adalah karya mereka.

Sebelumnya komunitas BLOI sudah menerbitkan buku "Lebih Dekat dengan LibreOffice Writer" yang sangat membantu teman-teman dalam mempelajari aplikasi LibreOffice sebagai alternatif dari Microsoft Office.
Semua buku tersebut berlisensi CC BY-SA 3.0 yang artinya bebas dipelajari, disunting, dikomersilkan, dibuatkan salinan / turunannya dengan menyertakan sumber buku asli tersebut.

Sebuah karya yang sangat luar biasa!
Kamu yang tertarik dengan proyek istimewa ini, silakan bergabung ke komunitas BLOI.

3 Telegram Bot PHP - Indonesia

Sesuai dengan namanya, grup ini fokus membahas pengembangan bot telegram dengan menggunakan bahasa PHP. Kamu juga diperkenankan membahas bahasa pemrograman lain selama masih dalam ruang lingkup developing.
Grup ini cocok sekali bagi kamu yang ingin belajar mengembangkan bot telegram atau belajar bahasa pemrograman php tingkat pemula hingga mahir.

4 Tentang Telegram

Faktanya, tidak sedikit pengguna baru yang belum terbiasa menggunakan aplikasi telegram. Dengan adanya grup ini, saya tertolong sekali karena tidak harus berlelah-lelah memberi tutor kepada teman-teman saya yang bertanya-tanya gimana cara buat tulisan miring di telegram, gimana supaya teks di telegram ada tombolnya, gimana cara pinned pesan di telegram.
Semuanya sudah terarsip dengan rapi di channel @tgbeta yang dikelola oleh member grup "Tentang Telegram".

Grup ini berisi para antusias telegram dan fokus membahas tips dan trick menggunakan telegram, review fitur-fitur baru telegram, nyari bug bareng-bareng aaanndd much more!!

5 Belajar GNU/Linux Indonesia

Kamu fans berat GNU/Linux? Sehari-hari berkutat dengan GNU/Linux? Cool, this group has been made for you!
Disini kamu bisa belajar linux dari hal yang paling dasar hingga mahir. Banyak sekali anggota grup yang siap menjadi rekan diskusimu.

Alternatif lainnya kamu bisa bergabung di Linux for server, grup khusus membahas Linux untuk kebutuhan server.

6 The English Club

Pengen mahir berbahasa inggris? Disini kamu bisa belajar bahasa inggris, gratis!
Grup ini memiliki jadwal rutin seperti, Senin: Speaking, Listening and Pronunciation Practise. Rabu: Writing and Grammar Focus. Jumat: Life Quotes

..dan malam minggu dengan kegiatan Creativity Night. Menarik sekali!
Tidak hanya menulis dalam bahasa inggris, teman-teman The English Club siap menjadi rekan belajarmu untuk melatih speaking english. Wow!

7 Blogger Indonesia

Terakhir .. grup bagi para blogger.
Disini kamu bebas membahas seputar dunia internet marketing, content writing, article trading, pengembangan blog dengan platform apapun, wordpress, blogger, github pages, joomla, iklan PPC, PPD de el el.
Silakan bergabung!


Baca juga: Beberapa Tips Setelah Install Telegram

Selain grup, kita juga bisa berlangganan channel. Bedanya member di channel tidak bisa mengirim pesan, hanya admin saja. Tidak jarang grup-grup ramai di Telegram menggunakan channel sebagai media arsip mereka.
Banyak juga channel yang memang dibuat untuk tujuan khusus tanpa berawal dari grup seperti:

Channel @kumpulanlink

Biasanya pengguna baru telegram merasa 'males' menggunakan telegram karena tidak ada kontak, tidak tahu juga mau ngapain karena grupnya tidak ada.
Ini channel katalog. Isinya adalah daftar grup-grup atau channel-channel telegram berkualitas yang kamu ikuti.
Kamu juga bisa mendaftarkan grup atau channel kamu ke admin kumpulanlink.

Channel @belajarnetworking

Nah ini favorit saya :)
Banyak sekali yang saya peroleh dari channel ini terutama dalam mempelajari jaringan komputer. Channel ini berisi banyak sekali bahan-bahan pelajaran baik buku, video, dan lab-lab jaringan komputer (umumnya Cisco level CCNA hingga CCNP).

Seperti kebanyakan channel lainnya, @belajarnetworking dikelola oleh member grup "Belajar Networking" dan member channel itu sendiri.
Cara kontribusinya gampang, silakan hubungi admin channel tersebut lalu submit apapun (artikel blog, buku, lab, video, dst) yang berkaitan dengan jaringan komputer, nanti akan di publish.

Itulah sedikit daftar grup dan telegram terbaik yang saya rekomendasikan.
Milik kamu belum dicantumkan?

Silakan submit ke kolom komentar dibawah ini dan sertakan deskripsinya :)
*Note: link grup line apalagi whatsapp SANGAT tidak diperkenankan.

0 comments:

Post a Comment

Back to top