Setahun Blog Belajar Ngonfig: Perkembangan Traffic dan Rencana Blog Kedepannya
fathurhoho

Setahun Blog Belajar Ngonfig: Perkembangan Traffic dan Rencana Blog Kedepannya

Published by:
setahun blog ngonfig.netSudah agak telat saya menulis ini. Blog belajar ngonfig sudah live per bulan September 2017. Tidak termasuk kontennya. Lalu saya tunggu beberapa waktu hingga data di google analyticsnya tepat setahun karena google analytics baru dipasang sekitar bulan Oktober.

Sesuai janji diawal, saya akan ceritakan rutin perkembangan blog Belajar Ngonfig. Hingga nantinya bisa menembus goal yakni puluhan ribu pengunjung (masih optimis kok). Yah walaupun nulisnya juga mulai macet-macet.

Traffic Blog Belajar Ngonfig

Jika dibandingkan dengan ‘hasil kerja’ para blogger profesional dalam membangun blog otoritas, hasil blog belajar ngonfig sangatlah jauh berbeda. Tidak ada 20% nya. Setahun ini, blog belajar ngonfig dikunjungi sedikitnya 59.843 user.

pengunjung blog ngonfig.net
Google analytics baru dipasang tanggal 25 Oktober 2017
Jika dilihat dari grafiknya, memang traffic selalu bertambah setiap bulannya. Hanya ada penurunan sekitar bulan Juli. Entah kenapa, belum terlalu peduli juga (hehe). Lalu, mari kita lihat pengunjung hariannya.

Unique Visitor per-day Blog Belajar Ngonfig
Saya ambil range nya dari tanggal 21 September bulan lalu, sampai 21 Oktober hari ini. Hasilnya ada 11.840 user.  Total ada 31 hari, berarti pengunjungnya sekitar 370 unique user perhari. Wah masih sangat sedikit sekali.


Sudah Ketemu Stylenya

Dalam mengembangkan blog belajar ngonfig, saya tidak mau terburu-buru. Jika blog lain akan ‘membantai’ tanpa henti kata kunci targetnya, di blog belajar ngonfig, saya tidak terlalu fokus kesana. Sudah dilakukan, tapi hanya 6 bulan awal saja.

Misal dengan kata kunci “apa itu CCNA” atau “cara belajar CCNA’ dan semacamnya. Blog ini sudah menduduki halaman 1 google dan duckduckgo. Saat ini masih fokus di topik Cisco CCNA sehingga saya tidak terlalu banyak mempublish artikel yang menarget kata kunci lain.

Selanjutnya.. blog ini lebih diperuntukkan untuk menulis guide, layaknya buku online, yang gaya penulisannya pun benar-benar tidak mau memusingkan SEO. Tulisannya juga sudah cukup banyak berada di draft, saya tidak terburu-buru menerbitkannya.

Hal diatas saya lakukan atas pertimbangan runutan konten, dan kematangan materi. Karena ‘materinya mikir’, saya khawatir kedepannya saya akan semangat menyunting tulisan-tulisan lama layaknya yang saya lakukan di blog ini sendiri.

Jadi intinya, mungkin dalam setahun kedepan, materi yang terbit di blog belajar ngonfig, sifatnya masih guide (bukan layaknya artikel pada umumnya). Eumm, sungguh kaku sekali blog ini.


Masa Depan Blog (?)

Blog ini terlahir dari sebuah komunitas, yang didukung oleh banyak orang. Sehingga bukan hasil kerja saya sendiri, meskipun saat ini tulisan yang terbit masih berasal dari saya. Itu juga… karena idealisme saya dalam mengembangkan blog ini.

Beberapa artikel pernah saya terima namun belum diterbitkan, atas pertimbangan yang saya sebutkan diatas. Jadi, untuk saat ini, teman-teman @belajarnetworking yang mau share, mereka menulis di medium, telegra.ph, atau blog pribadi masing-masing.

No problema, manfaatnya tetap diperoleh. Hehe. Lalu akan kemana arahnya blog ini nanti?

Secara pribadi, saya tetap fokus di tanggung jawab saya sebagai pengisi konten, sudah cukup. Mungkin nanti dalam waktu dekat, blog belajar ngonfig akan berjualan ebook (sebagai bahan donasi perkembangan blog), juga buku cetak.

Jika blog sudah lebih berkembang nanti, kita akan butuh partner yang dedicated untuk mengelola media sosial blog belajar ngonfig seperti facebook, instagram, twitter dan forum (wacananya gitu).