Mengatasi WhatsApp Desktop Outdated
fathurhoho

Mengatasi WhatsApp Desktop Outdated

Published by:
WhatsApp desktop, legacy version, yang `.exe` tea, bakal end of life, cenah. Saat ini statusnya sudah Outdated, pengguna diminta untuk menginstall WhatsApp desktop native vertion (win10 style), atau kalau ga mau, tetap bisa pake WhatsApp Web.

whatsapp outdated

Padahal sebelumnya tulisan saya tentang menginstall 2 whatsapp desktop yang berbeda di laptop. Maka sekarang tulisan tersebut (mungkin) sudah tidak relevan. 

Saya pun menyayangkan karena menurut saya WhatsApp desktop native belum begitu stable, masih ada beberapa bug dan beberapa menu-menu pengaturan umum yang tidak tersedia, secara UI/UX masih sangat kurang.

Sedang menggunakan WhatsApp Web juga kurang asyik, karena browser hanya saya jadikan peramban private, tanpa menyimpan cookies dan history.

Tetap (masih) Bisa Menggunakan WhatsApp Desktop Biasa

Entahlah saya menyebutnya apa, whatsapp desktop biasa, whatsapp desktop legacy, whatsapp desktop stand alone version, yang sudah menyandang status outdated ini, hingga detik ini tetap bisa saya gunakan.

Kita bisa mengakalinya dengan memodifikasi compatibility mode aplikasi WhatsApp tersebut ke Windows 7, filenya bisa ditemukan di C:\Users\<user-kamu>\AppData\Local\WhatsApp\WhatApp.exe seperti berikut:

whatsapp outdated compatibility

Hal ini sudah berjalan beberapa minggu sejak statusnya Outdated, namun faktanya saya masih mendapatkan update. Seperti terlihat di layar, saya masih menerima latest update versi 2.2318.4

Walaupun layar "New app is available" macem di atas selalu muncul, dan juga disuruh update OS karena tadinya sudah diubah kompatibelnya ke Windows 7.

update whatsapp

Beberapa kali juga saya 'force update' dengan option 'install' di winget seperti di atas.. Walau memang versi di winget ini sedikit lebih telat dibanding kita download dan install langsung .exe nya dari server whatsapp.

Lalu apa kesimpulan tulisan ini?

Yah sampai saat ini WhatsApp desktop legacy masih bisa digunakan, jadi saya masih bisa pake 2 whatsapp desktop di laptop. Satu buat kerjaan, satu buat personal, sekian. Met lebaran.


0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak