Semangat nge-Blog Lagi!! InsyaAllah
fathurhoho

Semangat nge-Blog Lagi!! InsyaAllah

Published by:
Keinginan saya nge-blog sebenarnya sudah lama sekali. Sejak SMA saya sudah berkeinginan memiliki sebuah blog untuk saya jadikan tempat curhat, corat-coret celotehan saya, dan sebagai profil saya di dunia maya.

Yah namanya juga sekedar keinginan, belum cukup motivasi, akhirnya bertahun kemudian hal itu baru tercapai. Tepatnya setelah saya bekerja di Tokopedia. Karena di Tokopedia ada sebuah kegiatan Nakama Academy (sejenis training) untuk newkama (sebutan bagi karyawan baru di Tokopedia).

Kami dibentuk menjadi beberapa kelompok, yang salah satu tanggung jawabnya adalah membuat blog. Banyak manfaat yang saya peroleh dari kegiatan ini, saya tidak hanya mengerti bagaimana membuat blog, menulis di blog, lalu menerbitkan artikelnya.

Saya paham kalau blog sangat penting bagi suatu perusahaan komersil, yakni untuk memasarkan produk mereka. Menjadi menarik lagi kalau ternyata blog yang saya pikir selama ini sangat jauh berbeda daripada yang sebenarnya.

Setelah menuliskan artikel, kita bisa melihat berapa kali tulisan kita dibaca oleh orang-orang, darimana pembaca itu datang, kata kunci apa yang mereka gunakan, berapa usia mereka, dan bagaimana lalu lintas aktifitas mereka di blog kita.

Motivasi Nge-Blog


Akhirnya setelah mengetahui kalau membuat blog itu tidak susah, saya langsung membuat blog saya sendiri. Saat itu masih menjadi rahasia dan belum saya terbitkan secara publik. Blog ini saya buat sekitar bulan februari 2016. Membutuhkan sekitar 1 bulan untuk mengembangkannya dari tema, custom domain, niat, semangat, dan seterusnya.

Saat itu saya benar-benar pemula sekali dalam dunia blogging. Biasanya, blogger pemula banyak membuang waktu untuk mencoba-coba tema yang menarik, mencari tips-tips bagaimana menghasilkan uang dari blog, dan mempercantik blog dengan widget-widget atau hiasan lainnya.

Kemudian pada bulan maret saya menerbitkan artikel perdana saya di blog ini tentang perantauan, klik disini untuk membacanya.

Enam bulan berhenti nge-Blog, kemana aja?!

Sebenarnya ngeblog itu harus benar-benar dari hati. Kalau niatnya hanya meraup dollar, biasanya yah sebentar saja bakal nyerah. Karena untuk berpenghasilan dari blog itu benar-benar susah, kalau ga dari hati, yahh mustahil. Paling juga dalam hitungan 1 - 2 bulan sudah kapok.

Orang-orang pasti berfikiran begitu. Kenapa saya tidak merawat blog ini 6 bulan lebih lamanya.
Artikel terakhir saya yaitu tentang Menjalani Probation Kerja, diterbitkan pada bulan Mei 2016.
Setelah itu saya benar-benar tidak pernah lagi membuka blog ini.

Sebenarnya sih, bulan Desember 2016 saya menulis artikel lagi. Tentang jaringan komputer, ini karena tuntutan teman saya. Saat itu kami sedang belajar CCNA pemula, dan saya dituntut untuk membuat rangkuman. Sudah ada beberapa yang saya buat, namun tidak saya terbitkan di blog ini. Melainkan di telegra.ph.

Hingga bulan Juni yang lalu saya kembali menerbitkan artikel di blog ini. Artinya blog ini sudah hiatus selama 1 tahun lamanya. Jadi, 1 tahun woh. bukan 6 bulan. (emangnya siapa yang peduli sih, sampe segala ditebalin).

Sebabnya bukan karena niat saya nge-blog hanya untuk mencari uang dan blog saya tak kunjung menghasilkan, lalu saya pun nyerah.
Bukan.. justru sebaliknya.

Enam bulan itu saya bisa menghasilkan 4 sampai 6 juta dari menulis artikel, tentunya bukan di blog ini. Ini yang saya lakukan selama 6 bulan tersebut:
  1. Lelang artikel di forum-forum internet marketing. Dengan penghasilan sekitar $20 per 12 artikel yang berisi rata-rata 400-700 kata.
  2. Menulis untuk orang lain, dengan setoran minimal 10 artikel perbulan, artikel rata-rata 400 sampai 900 kata.
  3. Menulis untuk website-website terkenal, yang ini penghasilannya jauh lebih besar. Saya bisa memperoleh $50 hingga $150 untuk artikel 1500 - 2500 kata. Namun lebih sulit karena artikelnya cukup dalammm...
    Sedalamm kasih sayang bunda kepada anak-anaknya.
Kalau bukan karena blog ini, saya tidak akan bisa menulis dan berpenghasilan seperti itu. Hari ini.
Saya memutuskan untuk bertekad mengaktifkan kembali blog ini. Walaupun blog ini gado-gado, tak jelas arah, saya punya cita-cita rahasia di blog ini. Nanti akan saya beberkan sedikit rahasianya yah..

Ada hal yang campur aduk di kepala saya ketika menjadi penulis lepas. Dengan tidak bermaksud untuk menyinggung penulis lainnya, saya menulis benar-benar hasil riset sendiri. Saya sama sekali tidak bisa men-spinning artikel orang lain, lalu memutar balikkan kalimatnya.

Entahlah.. Saya ini tidak sekuat mereka yang bisa menyetor tulisan secara konsisten dengan target dan deadline. Rasanya sayang juga dengan artikel-artikel yang sudah susah payah saya tulis dengan jerih payah dan keringat, kemudian hilang dan berlalu berganti dengan duitt yang sekarang entah dimana jasadnya :((

Lebay! Alasan utamanya adalah karena hal itu belum menjadi prioritas utama saya untuk saat ini.
Mungkin nanti kalau kepepet yah ini salah satu jalan yang saya tempuh untuk mempertahankan hidup.. uyeah.

Oh ya, sekedar saran buat kamu yang pengen cepat menghasilkan uang dari blog. Gausah lelah-lelah mengelola blog sendiri, susyah cyn. Mending langsung jadi penulis saja. Caranya gimana jadi penulis? Tinggal tulis. Jual. Kaya raya ~ hore.

#1 Ini adalah blog pertama saya

Sama seperti seseorang memiliki barang, contohnya motor. Motor pertama yang sanggup ia beli sendiri adalah motor yang paling berharga sepanjang sejarah. Demikian hal nya dengan blog ini. Sejarah blog ini sudah banyak. Cukup saya saja yang yang tau.
Cukup saya saja yang tau kalau saya membuat blog ini sampe begadang tengah malem.
Cukup saya saja yang tau kalau dari blog ini saya jadi ngerti dunia blogging dan sempat merasakan seluk beluk internet marketing.
Cukup saya saja yang tau kalau dari blog ini saya ternyata memang bisa menulis, terlepas tulisan saya bagus atau tidak, saya tidak peduli.

Cukup saya saja yang tau.

#2 Ternyata tulisan saya dibaca orang

Saya sama sekali ga punya obsesi untuk membuat blog ini menjadi terkenal. Karena ini blog personal, gado-gado, acak-acakan, saya ga berharap banyak. Selama saya bisa menulis disini dengan bebas, menuang ide-ide yang berputar-putar di kepala saya yang seringkali membuat saya stress, melepas penat, itu saja saya sudah bahagia.

Ternyata tulisan saya dibaca orang. Contohnya tulisan saya tentang xiaomi yang tidak bisa di charge, sudah dibaca sekitar 100 ribu kali. Tulisan saya tentang melamar kerja, sudah dibaca hampir 100 ribu kali. Tulisan lainnya juga rata-rata sudah dibaca puluhan ribu kali.

Saya juga melihat beberapa tulisan saya di share pembaca ke media sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Hemm, mengagumkan. Diluar ekspektasi. Trafik blog ini rata-rata 700 pengunjung unik perhari, dari mesin pencari. Ketika saya anggurin, trafiknya pernah mencapai seribu pengunjung.

Hemm, luar biasa. wkwkw. Sebenarnya itu angka yang yang sangat kecil dibanding pengunjung blog lain. Tapi tak apalah, itu saja saya sudah bahagia.

Walau begini saya beberapa kali mendapat email tawaran kerjasama dari beberapa situs online untuk mereview laman mereka, atau ada juga beberapa pembaca yang mengirimkan artikel nya ke email saya untuk ditampilkan di blog ini. Saat ini hal itu belum menjadi prioritas saya, kedepannya akan saya pertimbangkan.

#3 Saya ingin menjadi blogger otoritas

Seperti kata mas Herman Yudiono di artikelnya tentang Cara Menjadi Seorang Blogger Otoritas menjadi blogger otoritas adalah cara meraih keuntungan jangka panjang baik dari sisi finansial maupun personal.

Secara finansial, saya telah memiliki beberapa blog diluar blog ini, yang sampe sekarang belum ketemu dimana finansial masuknya, keluarnya doang yang terasa.

Secara personal saya berharap blog ini menjadi identitas saya. Saya ingin ide-ide yang telah saya tulisan secara gamblang dan tuntas menjadi identitas yang saya hargai. Seperti kata Pak Romi, nge-blog itu wow banget!! Tulisan di blog akan bertahan lebih lama, tak cepat lekang layaknya status di facebook atau di twitter

Yoa, dibanding media sosial lainnya. Blog adalah social networking yang paling berkelas menurut saya. Karena blog, kita belajar menjadi seseorang yang profesional. Dalam arti, apa yang kita tampilkan di blog benar-benar berbeda dengan media sosial lain, pokoknya berkelas. Tidak semua orang mampu, dan mau mencapai keprofesional-an ini.

Semua catatan disini nanti akan menjadi hal arsip berharga bagi saya pribadi. Banyak tulisan-tulisan lawas disini yang kalau saya baca terkadang merasa malu dan ingin tepok jidat. Saya bisa menilai seperti apa saya di masa lalu, dan perubahan-perubahan apa saja yang berhasil saya raih.

Rencana yang paling indah dari blog ini adalah. Saya berharap apa yang saya tulis disini dapat memberi dampak positif bagi orang lain, sehingga saya mendapat predikat manusia yang berguna bagi orang lain. Aamiin.

Ada tantangan tersendiri

Ngeblog adalah kegiatan yang sangat menarik, dan membuat blog menjadi sukses memang gampang-gampang susah. Faktanya, seorang blogger pada umumnya adalah orang-orang yang pintar.

Saya punya prinsip bahwa ilmu adalah bukan hanya pengetahuan yang didapat. Namun ilmu adalah pengetahuan yang didapat dan kita bisa mengajarkan / mengabarkannya kepada orang lain.
  • Blogging adalah kegiatan dimana sesoerang berbagi informasi bermanfaat bagi sesama lewat tulisan. Mereka adalah orang-orang pintar.
  • Seorang blogger adalah orang yang ahli media digital, tidak buta teknologi. Ini pasti.
  • Seorang blogger pasti punya ilmu pengetahuan, dan mereka berhasil membagikannya kepada orang lain. Ini profesional!
Untuk mencapai semua itu, seorang blogger harus bisa menulis dengan baik sehingga ide dan ilmu mereka bisa dicerna oleh para pembaca. Seorang blogger harus bisa mengembangkan blog nya sehingga tampil menarik, melakukan riset kata kunci, melakukan hal-hal teknis dan non-teknis lainnya untuk membuat blog mereka menjadi sukses. Ini keren!

Sebagai blogger pemula, saya pernah berulang kali berusaha memonetize blog ini sebelum saya menjadi penulis lepas. Saya sempat mendaftarkannya ke google adsense dan berulang kali ditolak, haha. Akhirnya saya nyerah dan membiarkan blog ini begitu saja, sambil berharap datang keajaiban yang memaksa saya harus mengelolanya kembali.

Namun beberapa bulan lalu saya iseng mendaftarkannya lagi, dan blog saya diterima sepenuhnya menjadi publisher adsense. wah
diterima google adsense
Bagaimanapun, diterimanya blog ini menjadi publisher google adsense membuat saya percaya diri.
Ternyata blog ini sudah 'cukup menarik'. Entahlah. Bukan prioritas utama saya untuk mendapatkan penghasilan dari blog ini.

Paling tidak saya bisa mengisi sisi-sisi kosong sehingga tampilannya terlihat lebih berwarna.
Jika kamu merasa blog ini menjadi semakin berat, silakan beritahu saya dan saya akan segera mengurangi intensitas tampilan iklannya.

Tapi ada tantangan tersendiri bagaimana saya bisa membuat blog ini menjadi sarana yang benar-benar bisa membuat saya mencapai impian-impian diatas. Diam-diam saya juga penasaran bagaimana orang-orang lain bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta dari google adsense atau program iklan lainnya.

Update: iklannya sudah saya lepas. Cuma ngotorin blog saja. Karena blog ini sudah kotor, saya tidak mau tambah kotor lagi.

Harus terus belajar

Nge-blog membuat saya harus terus belajar, memahami hal-hal baru, apapun yang menarik hati dan sesuai dengan passion saya kemudian membagikannya kepada orang lain. Dengan kata lain, seorang blogger adalah orang-orang yang memanfaatkan waktu luang.

Saat ini saya sedang fokus mempelajari Linux dan Jaringan Komputer. InsyaAllah saya akan menuliskannya di blog ini. Bukan di blog lain. (Ralat: dengan beberapa alasan saya dan teman-teman membuat blog tentang jaringan komputer -- "Belajar Ngonfig)

Agar tetap berbagi, saya membuat studi kasus tentang blog Belajar Ngonfig tersebut:
Dengan semua alasan diatas, saya yang sebelumnya cukup acuh dengan blog ini sekarang merasa blog ini tidak sepatutnya dianaktirikan. Hal yang sudah saya mulai patutnya dapat diselesaikan dengan baik.

Saya juga ingin blog personal ini menjadi ramai pembaca, mengisi waktu luang dengan tanya jawab di kolom komentar, saling sapa dengan teman-teman pembaca ataupun blogger lainnya. Nah, sekarang, bagaimana dengan kamu? Hal-hal apa yang membuatmu tetap semangat nge-blog? Buat kamu yang disana, kenapa masih belum mulai nge-blog juga? 😏

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak