Cara Mengatasi “Aw Snap” di Google Chrome
fathurhoho

Cara Mengatasi “Aw Snap” di Google Chrome

Published by:
mengatasi aw snap google chrome“Aw Snap!” di Google Chrome! Saat tengah asik menjelajahi internet dengan google chrome, eh tiba-tiba google chrome malah crash.

Kira-kira pesannya seperti ini: "Aw Snap! Something wrong while displaying this webpage. To continue, reload or go to another page". Blabalbala…

Mengatasi aw snap di google chrome memang lumayan agak susah, (menurut saya). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi aw snap di google chrome. Silakan coba cara dibawah satu persatu sampai berhasil.

Cara Mengatasi Aw Snap di Google Chrome

Solusi berikut hanya hasil coba-coba saja. Soalnya, saya gatau troubleshootnya, karena di tampilan layar aw snap tersebut hanya dikatakan bahwa "ada kesalahan ketika menampilkan halaman. Untuk melanjutkan, silahkan di load ulang, atau buka halaman yang lain.

1. Ikutin Panduan di Halaman Support

Kita ikutin dulu panduannya si google chrome. Bisa saja aw snap tersebut hanya karena alasan-alasan kecil. Tapi jika kamu terlalu sering ngalamin aw snap ini, silahkan lanjut ke cara berikutnya.
Bisa jadi juga, memory tidak terlalu cukup untuk memproses seluruh halaman yang kita buka.

Oleh karena itu, silahkan close tab tab yang lain. Atau… Bisa jadi juga ada yang salah sama komputer/laptop itu sendiri, oleh karena itu silahkan di restart dulu.

2. Periksa Extension

Jika cara-cara diatas tidak berhasil. Coba periksa dulu extension di google chrome. Seringkali beberapa extensions di google chrome ada yang tidak support. Point kedua ini menjadi solusi buat saya,

Ternyata Extension Evernote Web Clipper yang jadi penyebabnya. Kalau kamu bingung extension yang mana, silahkan disable saja semuanya. Kemudian enable satu persatu.

3. Cleaning Google Chrome

Cache, history, cookies bisa jadi penyebabnya. Silahkan clear browsing data, semuanya.
Saya sangat menyarankan cara ini, apalagi jika kamu menggunakan google chrome dengan akun yang terhubung di beberapa perangkat.

Kamu bisa menggunakan tools cleaner untuk google chrome. Jika masih aw snap, coba lakukan browsing menggunakan mode penyamaran atau incogniteo, masih juga? Coba hapus profile dan create kembali.

4. Malware

Yahh, malware bisa jadi penyebabnya. Pernah ngalamin search engine default jadi berubah? Atau tab google chrome malah ngebuka halaman-halaman aneh secara otomatis? Ini salah satu ulahnya si malware. Untuk yang ini, silahkan gunakan program malwarebytes anti malware. Kalau kamu pengguna Linux, saya rasa di step ke 3 harusnya sudah berhasil.

Apabila Masalah Aw Snap Belum Bisa Terselesaikan

Tulisan ini dibuat setahun yang lalu, artinya masalah dihadapi saat menggunakan google chrome versi yang rendah, dibanding sekarang. Pastikan kamu sudah mengupdate google chrome ke latest stable version:
  • Periksa versi google chrome, caranya dengan melihat menu option di pojok kanan atas, lalu "help" dan google chrome version. 
  • Catat halaman yang menyebabkan aw snap google chrome. --atau bisa jadi setiap mengunjungi halaman apapun.
  • Ketik teks berikut di search bar chrome: ://crashes ini akan menampilkan ID error di chrome.
  • Selanjutnya masuk ke pengaturan chrome dan enable advance setting, aktifkan "Automatically send usage statistics and crash reports to Google".
  • Data akan dikirimkan ke developer, dan mari kita berdoa.
Back to top