Tips Agar Segera Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah
fathurhoho

Tips Agar Segera Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Published by:
Tips Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Hampir semua orang memiliki keinginan agar segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, termasuk saya sendiri. Apalagi melihat kakak-kakak kelas yang terlebih dahulu lulus kuliah dan langsung mendapatkan pekerjaan, rasanya kita ingin seperti itu juga.

Namun nyatanya, mahasiswa yang cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah sangat sedikit. Tidak sebanding dengan jumlah mereka yang tidak kunjung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah.


Berikut tips agar segera memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah.

1. Tentukan Target

Kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah?
“Cepat” begimana dulu nih? Cepat seperti apa yang dimaksud?
Begini, yang pertama kali harus punya target, kapan kamu harus segera mendapatkan pekerjaan. Apakah sehari setelah wisuda, sebelum wisuda, atau bahkan setelah yudisium? haha. Tentukan segera mungkin, tujuannya supaya bisa lebih bersiap-siap diri dan lebih terpacu untuk menjemput target tersebut.
Saya sendiri menargetkan “paling tidak sebelum wisuda saya sudah mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan”.

2. Cari Pekerjaan Sejak Dini

Loh kan belum lulus?
Iya, tapi yang namanya mencari pekerjaan itu tidak harus setelah lulus kan?
Kamu bisa memanfaatkan situs-situs info lowongan kerja. Darisini kamu akan tau bahwa ternyata ada banyak sekali profesi pekerjaan dengan masing-masing jobdescnya. Tentunya ini bisa menambah bayangan tentang dunia kerja dan mematangkan persiapan nantinya. Mulailah melirik profesi-profesi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlianmu, jangan lupa buat daftar jenis perusahaan yang kamu sukai..

Apalagi ketika sedang melihat-lihat lowongan kerja yang ada, kamu malah tertarik untuk melamar saat itu juga. Kamu bisa jadi freelancer, bisa punya “duit sampingan”. Tapi, jangan dulu memikirkan uang, salah-salah malah bisa lupa tanggung jawab kamu sendiri untuk kuliah. Cukup manfaatkan saja kegiataan freelance sebagai caramu untuk mengasah skill yang kamu miliki.

3. Abadikan Karyamu

Masih berkaitan dengan Point 2. Kehidupan kuliah tentunya banyak tugas-tugas rutin kan, jangan biarkan tugas-tugas itu hanya “singgah” saja dikehidupanmu. Maksudnya, tugas-tugas kuliah itu lebih baik jika dirangkum dengan rapi dan dijelaskan dengan pemahaman dan kata-katamu sendiri. Dengan cara seperti ini kamu akan terus mengasah skill yang kamu miliki.
Kemudian, kamu bisa publikasikan karyamu di:
  1. Situs jejaring sosial akademisi seperti academia.edu
  2. Blog pribadimu, atau bahkan kamu bisa menjual tulisan tersebut. (silahkan di searching caranya)
Nanti, publikasimu bisa berguna saat melamar pekerjaan. Perusahaan akan dengan mudah mengenalimu dan kemampuanmu sehingga mereka lebih tertarik untuk memanggil interview.

4. Maksimalkan Organisasi

Mengikuti organisasi ketika kuliah memberikan banyak manfaat. Terutama dalam pembangunan karakter, untuk menjadi orang lebih percaya diri, lincah dalam pergaulan, dan cekatan dalam bekerja sama. Jika kamu mengikuti organisasi kampus, pastikan kamu memperoleh manfaat tersebut. Yah paling tidak kamu tau bagaimana caranya menulis surat resmi, berbahasa formal baik secara lisan maupun tulisan.

5. Relasi Itu Penting

Bangunlah relasi yang luas, kejar manfaat semaksimal mungkin dari mereka. Mulai dari orang-orang terdekat seperti dosen, kakak kelas, alumni, juga orang-orang diluar kampus.

Maklum saja kalau melihat pekerja yang proffesional memiliki relasi yang luas.
Tapi bagaimana jika seorang mahasiswa yang baru lulus sudah memiliki relasi yang luas? Menurut saya ini sangat luar biasa. Saya jelaskan berdasarkan Point 2, 3 dan 4 diatas:
Contoh kasus:
  • “Suatu ketika kamu pernah menyelesaikan projek dari salah satu perusahaan dari jasa freelance yang kamu jalani. Seorang project owner tersebut tertarik dengan hasil yang kamu ciptakan. Begitu lulus, kamu mendapat tawaran untuk bekerja di kantornya. Atau,,, dia merekomendasikan kamu ke teman-temannya yang lain.” atau..
  • “Ketika kamu melamar pekerjaan di perusahaan, seorang “headhunter” mencari tau reputasimu di dunia maya dan tertarik dengan aktifitasmu, terutama ketika mereka melihat publikasimu yang telah beredar”
Dengan kasus diatas, berarti kamu sudah lebih maju beberapa langkah dibanding yang lain ‘kan?

6. Manfaatkan Magang Dengan Baik

Beberapa kampus, ada yang mengkhususkan periode magang untuk mahasiswa mereka dan dijadikan sebagai mata kuliah. Ada juga kampus yang tidak menerapkan kegiatan magang, namun mahasiswa tetap bisa mengajukan izin kalau ingin mengikuti magang.
Waktu magang merupakan kesempatan yang sangat baik untuk kamu benar-benar merasakan pengalaman kerja. Apalagi jika magangnya dijalani dengan maksimal, dan perusahaan tertarik untuk langsung merekrutmu. Karena biasanya perusahaan lebih memprioritaskan untuk merekrut karyawan yang pernah magang di kantor mereka.

Nah itulah tips agar cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah..

Baca Juga: Cara Membuat CV Untuk Melamar Pekerjaan

Kesimpulan

Setelah melakukan tips diatas, rencana untuk segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah InsyaAllah mudah untuk didapatkan, pekerjaan apapun itu. Tapi, perlu di ingat bahwa cepat lulus, tidak selalu berbanding lulus dengan cepat kerja. Cepat kerja, juga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas pekerjaan itu sendiri.

Masa-masa kuliah adalah masa yang terpenting untuk kita benar-benar serius memikirkan dan mempersiapkan masa depan. Karena di masa-masa kuliahlah kita sangat memiliki banyak waktu untuk menempah diri.

Referensi

Sumber gambar: http://www.bankingyoucantrust.com/how-to-stand-out-and-land-a-job-after-graduation

2 comments:

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Cara Dapatkan kerja setelah lulus kuliah berikut artikel yang terkait tersebut di TIPS AMPUH LULUS KULIAH LANGSUNG KERJA

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Published mas Burhan..
      Sudah saya baca juga artikelnya. Terimakasih sudah melengkapi point-point yang kurang pada tulisan saya ^^

      Delete

Back to top