Aplikasi Berbasis Cloud Yang Mendukung Kegiatan Mahasiswa
fathurhoho

Aplikasi Berbasis Cloud Yang Mendukung Kegiatan Mahasiswa

Published by:
Revolusi internet terus berkembang, penggunaan bandwith terus meningkat menjadikan teknologi cloud computing semakin dibutuhkan. Bermula dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan penyimpanan skala besar tanpa harus repot-repot membeli perangkat server penyimpanan, maka lahirlah Amazon Web Service di tahun 2006, kemudian disusul oleh Google Cloud.

Sebenarnya teknologi cloud computing tidak hanya bisa dinikmati oleh kelompok perusahaan, seperti halnya Facebook, secara tidak langsung pengguna menyewa menumpang server mereka untuk data-data akun facebooknya.

Sekarang tengah populer aplikasi-aplikasi berbasis cloud seperti Dropbox, Google Drive, One Drive, dan MS Office. Ketika kuliah saya menggunakan aplikasi-aplikasi ini hanya sebagai penyimpanan dokumen saja, sekedar melakukan backup terhadap dokumen-dokumen penting.

Manfaat Yang Ditawarkan Aplikasi Berbasis Cloud
Source: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/16389740882/
Ternyata manfaat yang ditawarkan aplikasi berbasis cloud ini sangat banyak, bisa dinikmati oleh semua kalangan, pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha, semuanya bisa.

Berikut manfaat dari aplikasi cloud yang belum saya ketahui sebelumnya.

Pada Umumnya, Gratis

Google Drive, One Drive, Dropbox semuanya dapat kita gunakan secara gratis. Syaratnya hanya satu: create account.  Ini pasti karena demi keamanan, menjaga agar informasi kita tetap aman itu adalah tanggung jawab mereka (penyedia aplikasi).

Berbeda dengan Office 365, kita harus membeli lisensi terlebih dahulu, untuk versi desktop tentunya. Versi cloud hanya sebagai tambahan fitur.

Setiap aplikasi memberikan ruang penyimpanan terbatas, tapi cukup untuk keperluan sehari-hari seperti tugas kuliah. Jika ingin mendapatkan penyimpanan lebih, kita harus membeli.

Berbagi File Lebih Gampang

Kita sering kesulitan jika mengirimkan file berukuran besar. Memilih menggunakan email, ternyata dibatasi maksimal hanya 25 MB. Kesulitan semakin bertambah jika harus mengirimkan file tersebut ke beberapa orang.

Dengan aplikasi penyimpanan cloud kita bisa menyimpan file berukuran besar. Mudah untuk mengontrol siapa saja yang berhak mengakses file tersebut. Privilleges nya juga dapat ditentukan, contohnya Google Drive, bisa ditentukan privilleges nya, edit atau view only.

Dapat Diakses Dari Perangkat Manapun, Dimanapun, dan Kapanpun

Asalkan memiliki akses internet, semua dokumen yang kita simpan di aplikasi penyimpanan cloud dapat diakses dengan mudah. Hal ini sangat membantu karena kita tidak perlu repot-repot membawa laptop atau harddisk eksternal kemana-mana.

Pernah mengisi kuisioner mahasiswa tingkat akhir yang dibuat menggunakan google form? Itu salah satu manfaatnya.

Belum lagi aplikasi cloud tersedia untuk berbagai perangkat, smartphone, tablet, laptop. Dengan design halaman yang responsif sehingga tampilan lebih user friendly.

Kolaborasi Dengan Orang-Orang

Yang ini adalah fitur yang paling menonjol, terutama buat kamu mahasiswa. Kamu tidak harus repot-repot membuat jadwal kerja kelompok, menentukan tempat, dan kamu harus stress karena ujung-ujungnya kamu juga yang ngerjain sendirian, belum lagi yang datang pada telat.

Dengan fitur kolaborasi ini, tugas-tugas presentasi, dokumen word, excel, semua bisa kalian kerjakan bersama-sama, di waktu yang sama, dimanapun, kapanpun. Setiap orang bekerja dengan device nya masing-masing. Mudah bukan?

Setiap perubahan yang telah dilakukan tersimpan otomatis sehingga tidak perlu save secara manual, disamping itu ada catatan revision history. Revision history akan menyimpan keadaan dokumen secara berkala untuk membantu sewaktu-waktu kita ingin mengembalikan file tersebut dalam bentuk sehari yang lalu, bahkan ketika pertama kali file tersebut dibuat.


Mungkin sedikit kekurangannya, aplikasi membutuhkan internet, sebenarnya ini juga dapat diatasi. Ada fitur yang memungkinkan kita mengakses dokumen secara offline, segala perubahan akan disinkronisasi jika perangkat sudah terhubung ke internet.

Nah, tunggu apalagi. Jadikan aktifitasmu lebih mudah dengan aplikasi-aplikasi cloud ini. 

0 comments:

Post a Comment

Back to top