Optimalkan Google Chrome dengan Extension
fathurhoho

Optimalkan Google Chrome dengan Extension

Published by:
Ekstensi Chrome
Pengertian extension di google chrome adalah sebuah aplikasi kecil yang dapat memberikan fitur tambahan, memodifikasi, dan meningkatkan fungsionalitas dari google chrome itu sendiri.

Ekstensi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML, Javascript, dan CSS.


Seberapa Penting Ekstensi di Google Chrome?

Seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang aplikasi dasar setelah install Windows, di era internet sekarang web browser menjadi aplikasi wajib yang harus di-install di komputer.

Disamping itu, jika kamu hanya menggunakan google chrome sebatas fungsinya sebagai penjelajah internet saja, menurut saya masih kurang. Menurut saya yah.. Karena ekstensi ini memberikan manfaat yang cukup banyak untuk google chrome.

Berdasarkan kebutuhan saya sendiri, ekstensi google chrome berfungsi untuk menutupi kekurangan sistem operasi Linux dengan keterbatasan aplikasinya. Seperti halnya Line Mesenger tidak dapat di-install di Linux, namun saya dapat menggunakannya dengan bantuan Google Chrome Extension.

Google Chrome Extensions
Jumlah ekstensi-ekstensi di google chrome semakin hari kian bertambah. Artinya pengguna sangat terbantu dengan keberadaan aplikasi kecil ini.

Apa Saja Ekstensi-Ekstensi yang Ada?

Sampai hari ini ada sekitar ratusan, ehmm, ribuan, eh jutaan ekstensi. Ada yang tau jumlah pastinya?
Saya tidak tau pasti ada berapa jumlahnya, yang jelas sangat banyak. Seolah-olah google chrome ini bekerja seperti sistem operasi :/ , ekstensi nya lengkap seperti aplikasi desktop. Berikut contohnya:
  • Checker Plus for GmailTM:
  • checker plus gmailKamu tidak perlu membuka Gmail atau Inbox untuk mendapatkan pemberitahuan email masuk. Ekstensi ini juga mendukung multiple account (lebih dari satu akun gmail). Jika ada email masuk, pemberitahuan akan tampil di dekstop.
  • Chrome Remote Desktop:
  • chrome remote desktopDengan ekstensi ini kamu dapat melakukan remote desktop komputer tanpa menginstall aplikasi desktop seperti Teamviewer, TightVnc, Radmin, dan sejenisnya. Ekstensi ini cukup ringan untuk fungsi yang ditawarkan
  • Draw.io Diagrams:
  • draw io chromeSalah satu aplikasi Diagram Tool yang terpopuler adalah Microsoft Visio, namun  draw.io memberikan fitur yang hampir sama. Artinya kamu tidak harus membeli aplikasi berbayar seperti visio.
  • History Eraser:
  • history eraser chromeSetelah seharian berselancar di internet, pasti browser kamu menghasilkan banyak history, cache, dan cookies. Dengan sekali klick kamu dapat menghapus semua history google chrome. Silahkan gunakan history eraser.
  • Masih banyak ekstensi yang lain, jika penasaran boleh cari-cari disini, tersedia untuk berbagai kategori.

Ekstensi yang Saya Gunakan

Halahh, penting banget yang ini?
Jika kamu sudah cukup terbantu dengan celotehan saya diatas, silahkan disudahi, atau kamu bisa membaca tulisan saya yang lain yang tidak kalah membosankan.

1. Whatscrome, Line Mesenger, dan Telegram.
Ketiga ekstensi ini saya gunakan untuk menjaga kredibilitas saya di era kekinian. Sampai sekarang whatsapp belum menyediakan versi desktop baik untuk Windows maupun Linux, jadi terpaksa saya install di google chrome. Kalau line, saya sengaja menggunakan versi ekstensi demi menghindari timeline-timeline yang tidak penting (Line Mesenger di google chrome memberikan fitur mini yang lebih lite).

2. Facebook Unseen:
Ekstensi ini berfungsi untuk menghilangkan tulisan “read/seen” di chatting facebook. Bukan untuk facebook saya pribadi, namun untuk facebook-facebook official yang saya kelola. Biasanya kalau sudah facebook official gitu banyak yang nge-chat, saya takut mereka baperan kalau mereka tau chat mereka “di read tapi ga dibales”.

3. Evernote Web Clipper:
Sebagai manusia yang suka lupa, saya menggunakan Evernote sebagai catatan pribadi saya. Dengan evernote web clipper ini, saya bisa nge-klip halaman-halaman di internet dan otomatis tersinkronisasi dengan aplikasi evernote baik di laptop maupun handphone saya sehingga halaman tersebut bisa dibaca secara offline.
Untuk penggunaannya bisa searching-searching yaa.

4. Audio EQ
Audio EQ ChromeFungsinya sebagai equalizer di google chrome.
Jika kamu sering streaming musik baik melalu grooveshark maupun youtube, ekstensi ini cocok kamu gunakan.
Kamu bisa menentukan di url mana ekstensi ini akan aktif.

5. Momentum.
Aneh ya namanya, sebenarnya saya kurang ngerti ini ekstensi jenis apa.
Momentum ini … emmm, fungsinya,.. adalah,, mengganti tampilan “new tab” di google chrome.
Saya jelaskan lewat gambar saja ya.

Momentum Google Chrome
Tampilan new tab google chrome dengan Momentum
Bagaimana? Tampilannya seperti wallpaper, tapi sebenarnya ini adalah halaman tab di google chrome.
Ada kolom search di pojok kiri, ada jam di tengah-tengah. Kita juga bisa membuat todo list di momentum.

Kesimpulan

Terlalu banyak menggunakan ekstensi di google chrome dapat menyebabkan google chrome menjadi berat, bahkan bisa jadi crash, seperti “Aw, Snap!”.
Untuk mengatur ekstensi kamu dapat menggunakan extension manager, atau cara yang sederhananya cukup akses chrome://extensions dan hapus/disable ekstensi yang jarang kamu gunakan.

Terakhir, pada halaman https://chrome.google.com/webstore/category/apps?hl=en-US sebenarnya tidak hanya ekstensi saja, namun ada “apps, games, extensions, dan themes”, namun judul tulisan saya mengatakan “extensions”, mungkin juga contoh-contoh diatas ada yang bukan extensions.
Silahkan dibedakan sendiri ya, yang mana ekstensi, yang mana bukan. haha

0 comments:

Post a Comment

Back to top