Mengatasi Public Key IDs: 1397BC53640DB551
fathurhoho

Mengatasi Public Key IDs: 1397BC53640DB551

Published by:
Mengatasi Public Key IDs: 1397BC53640DB551Beberapa hari belakangan ini, pengguna linux khususnya Ubuntu maupun Linux mint sering mendapatkan kode error seperti berikut: There is no public key available for the following key IDs: 1397BC53640DB551

Error tersebut terjadi ketika kita melakukan update dengan perintah : sudo apt-get update.
Nah, pesan diatas itu hanyalah sekedar pesan "warning" , bukan "error", kalau diabaikan juga mustinya gapapa.

Cara Mengatasi There is no public key available for the following key IDs: 1397BC53640DB551

Mengatasi Mengatasi There is no public key available for the following key IDs: 1397BC53640DB551
Sangat sederhana:
Silahkan ketik saja perintah berikut di terminal:
wget -q -O - https://dl.google.com/linux/linux_signing_key.pub | sudo apt-key add -
Kemudian lakukan update kembali. Error public key itu tidak terjadi lagi.
Ini hasilnya. Gampang kan? Tapi rasanya saya perlu sedikit membahas tentang public key.

Sedikit Pembahasan Tentang Public Key

Ada 2 jenis key atau kunci enkripsi yang dikenal dari penggunaan linux, yaitu Private Key dan Public Key.  Kunci enkripsi pribadi atau private key hanya bisa diakses oleh si pemilik kunci tersebut saja. Key ini nantinya akan mep file yang akan dia terima.

Sedangkan public key, kunci ini disebarluaskan. Sehingga dapat digunakan oleh orang banyak yang ingin menggunakan program si pemilik. Public key dibuat menggunakan teknik kriptografi. Penggunaan key ini berfungsi agar informasi yang dipertukarkan hanya bisa diterima oleh penerima yang berhak

Kita ambil contoh google chrome diatas tadi. Google chrome punya private key, hanya miliknya sendiri, ndak boleh diakses oleh siapapun kecuali dia. Disamping itu, do'i nyediain public key. Nah itu lah file yang ada di https://dl.google.com/linux/linux_signing_key.pub. Sehingga, pengguna bisa mengakses produknya do'i (google chrome).

Ada banyak cara menambahkan public key, dan biasanya ini ditambahkan secara otomatis sih. Kita aja yang ga sadar, selama kita ngikutin tutorial instalasi software di linux, coba diperhatiin pasti ada beberapa perintah yang fungsinya untuk memasukkan public key.

Disamping itu, biasanya penyedia software sudah menyimpan public key nya di keyserver seperti pgp.mit.edu, keyserver.net, de el el.

Nah jadi, jika kamu mengalami hal yang sama di kemudian hari.. Ada 2 tempat yang bisa kamu tuju, website si penyedia software, dan keyserver. Selebihnya silakan di searching. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak