6 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dengan Bergabung di Forum Online
fathurhoho

6 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dengan Bergabung di Forum Online

Published by:
manfaat bergabung di forum onlineGara-gara internet. Semua-muanya dilakukan dengan online. Berbelanja online, kuliah online, sampai pesan taksi juga dilakukan secara online. Aneh juga kalau difikir-fikir, terlebih saat kita membandingkan dengan era ayah ibu atau nenek kita terdahulu.

Saya sendiri termasuk orang yang kesehariannya berada di depan desktop dan mengakses internet, setiap hari. Bahkan di hari libur.  Salah satu alasan terbesarnya adalah karena forum.  Lalu apa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bergabung di forum online?

#1. Social networks

manfaat bergabung di forum online
Kalau kamu tinggal di Jakarta yang macet, kita senasib. Orang-orang disini cenderung tidak peduli dengan sekitarnya. Sibuk dengan urusan mereka masing-masing. Namanya juga manusia makhluk sosial, pasti membutuhkan orang lain minimal untuk ngobrol.

Nah untuk hal ini, forum online bisa jadi solusinya. Zaman sekarang bukan hal aneh memiliki banyak teman, yang dikenal melalui dunia maya, hingga berlanjut ke dunia nyata. 

#2. Lebih fleksibel

Jika forum online yang kamu ikuti bermanfaat, biasanya akan terbentuk sebuah komunitas. Komunitas yang bekerja sama untuk membuat produk bermanfaat. Apapun itu. Ini lebih fleksibel dilakukan secara online juga.

Karena pertemuan nyata biasanya selalu dibarengi dengan ‘kebiasaan ngaret’, kesulitan mencari tempat yang cocok, macet-macetan dijalanan, ah banyak. Kalau online, cuma butuh internet, target bersama pun tercapai. Sama saja kan? Jauh lebih fleksibel.

#3. Membentuk otoritas diri

Hal ini tidak sama dengan ‘terkenal di dunia maya’  karena kamu upload foto cantik/ganteng di instagram. Berbeda. Forum online merupakan tempat sharing, diskusi dan memecahkan masalah bersama-sama.

Jika apa yang kamu bagikan bermanfaat bagi orang lain dan dapat mengatasi masalah mereka, ini luar biasa. Dibawah saya paparkan manfaatnya.

#4. Menaikkan nilai penjualan

Sudah dipercaya, karena sering berbagi tips keren dan sering membantu yang lain. Lalu kamu menawarkan barang atau jasa. Orang-orang juga pasti tidak ragu untuk membelinya. Ya kan? Promosi juga jauh lebih gampang dilakukan.

#5. Menambah ide

Misal kamu seorang blogger, kehabisan ide untuk menulis. Bahasan-bahasan di forum bisa menjadi ide untuk tulisan blog. Tapi, ada rahasia kecil disini. Aktivitas berinternet itu pada dasarnya membuat otak kita menjadi pasif.

Tidak ada pergerakan, kecuali membaca. Ilmunya memang terserap, tapi biasanya akan cepat hilang. Disinilah butuh aksi, agar ide itu benar-benar melekat. Caranya dengan menuangkannya langsung di forum, apakah itu berupa jawaban atas pertanyaan, atau membuat topik yang baru.

#6. Mentoring

Sering dengar kalau orang bilang “materi kuliah yang harganya berjuta-juta itu sekarang bisa didapatkan gratis di internet”. Betul, saya sendiri membuktikan. Apalagi kalau di forum, kita langsung memiliki teman diskusi. Yang biasanya dengan sukarela mau membantu.

Forum yang saya maksud ada banyak – dan bisa di situsnya beda-beda seperti quora, reddit, google group, mailing list. Silakan searching sesuai minat kamu, atau silakan bergabung ke channel dan grup telegram yang bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak