Cara Install Shutter di Linux - Alternatif Snipping Tools
fathurhoho

Cara Install Shutter di Linux - Alternatif Snipping Tools

Published by:
shutter, alternatif snipping tools windowsSalah satu program kecil namun justru sangat diperlukan sehari-harinya adalah program untuk screenshot. Fungsi ini sebenarnya sudah ada secara built-in, buktinya setiap keyboard hampir dilengkapi dengan tombol "Print Screen", namun teknik ini masih banyak kekurangan.

Salah satunya adalah, kita tidak bisa memilih area mana yang ingin kita screenshot atau capture. Untuk mengatasi ini, pengguna Windows biasanya menggunakan snipping tool (aplikasi bawaan). Namun bagaimana dengan Linux?

Shutter, Aplikasi Screenshot Banyak Fitur untuk Pengguna Linux

shutter di linux
Foto diambil dari shutter-project.org
Banyak aplikasi-aplikasi yang lain dengan fungsi yang sama, seperti contoh gnome screenshot tool yang udah preinstalled saat kita menggunakan DE gnome, masih banyak lagi yang lain. Saya belum pernah coba, jadi cuma bisa rekomendasikan shutter.

Untuk keperluan saya pribadi, shutter sudah cukup powerfull, bahkan lebih powerfull dibandingkan dengan snipping tool di windows.

Beberapa fiturnya adalah:
  1. Bisa capture area tertentu yang diinginkan
  2. Capture window (jendela, workspace, dan ini tidak ada di snipping tool)
  3. Delay capture, ini cukup membantu jika saya ingin meng-capture halaman yang otomatis tertutup jika kita meng-klik area yang lain.
  4. Capture halaman web (ini juga feature yang lebih signifikan daripada di Windows, dengan web capture kita bisa screenshot halaman web secara penuh, dari atas sampai bawah, keren gak?)
  5. Crop, share, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Install Shutter

Berikut saya jelaskan cara menginstall shutter di Linuxmint/Ubuntu, untuk distro lain kebetulan saya belum pernah install.
Cukup mudah, silahkan jalankan perintah ini di terminal (CTRL+ALT+T):
sudo apt-get install shutter
Shutter akan otomatis terinstall. Namun, untuk ubuntu versi 10 kebawah, shutter harus di install melalui PPA (Personal Package Archive).

Ubuntu 9.10 Karmic
sudo add-apt-repository ppa:shutter/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install shutter

Dibawah ubuntu 9.10
  • Buka Administration - Software Source, opsi: bisa dari ubuntu software center atau synaptic package manager.
  • Kunjungi halaman : https://launchpad.net/~shutter/+archive/ppa
  • Copy salah satu baris sesuai ubuntu yang kamu gunakan. (lihat gambar diatas)
    Tambahkan ke /etc/apt/source.list,
    atau... gunakan software source untuk dan pilih "add source".
  • Sampai disini, tujuannya adalah untuk mendaftarkan PPA shutter di ubuntu. 
  • Setelah itu, kita perlu mendaftarkan public key,
    Gunakan perintah berikut, paste ke terminal:
    wget -q http://shutter-project.org/shutter-ppa.key -O- | sudo apt-key add -
  • Terakhir, silahkan install shutter dengan perintah sudo-apt-get install shutter.

Install Paket Tambahan di Shutter

Sampai langkah diatas, sebenarnya shutter sudah bisa digunakan. Kamu dapat mengeksplore fitur-fiture bawaannya sendiri. Namun, untuk mendapatkan fitur seperti editor built-in (setelah screenshot, kita bisa edit langsung sesuai dengan editor foto yang kita gunakan, biasanya namanya libgoo-canvas-perl).

Banyak lagi sih fitur yang lain, saya tidak akan jelaskan panjang lebar.  Untuk mendapatkan fitur nya secara lengkap, install semua dependency shutter.

Berikut command nya:

$ sudo apt-get install libgtk2-perl libgtk2-imageview-perl libglib-perl libgnome2-perl libgnome2-vfs-perl libgnome2-wnck-perl libgnome2-gconf-perl liblocale-gettext-perl libxml-simple-perl libwww-mechanize-perl libwww-perl libnet-dbus-perl imagemagick perlmagick libx11-protocol-perl librsvg2-common libgtk2-trayicon-perl xdg-utils procps libproc-processtable-perl libgtk2-unique-perl libpath-class-perl libjson-perl libjson-xs-perl libnet-dropbox-api-perl libnet-oauth-perl libfile-which-perl libfile-spec-perl libfile-basedir-perl libfile-copy-recursive-perl libproc-simple-perl libsort-naturally-perl libgtk2-appindicator-perl libimage-exiftool-perl libnet-dbus-glib-perl gnome-web-photo libgoo-canvas-perl nautilus-sendto

Agar fiturnya aktif, silahkan restart shutter dan buka kembali.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak