Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge [SOLVED]
fathurhoho

Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge [SOLVED]

Published by:
Woy lek, cemana kabar? Sehatko kan? Masih ingat kau sama si Togar dan Ucok yang semalam kuceritakan? Kalo gak, cak tengok la dulu tulisan ku semalam neh “Togar, Ucok, dan HP Xiaomi”. Aku bukannya apa-apa, biar nyambung sikit cerita kita malam ini ya nggak?!

Jadi, kemarin saya sempat menyinggung tentang Handphone Xiaomi pada tulisan saya yang sebelumnya. Sambil menulis, sebenarnya kemarin saya sedang menguprade ROM Xiaomi Mi4i saya ke ROM terbaru, yakni MIUI 7.2.3.0 | Stable.

Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge Setelah Upgrade

Mengatasi Xiaomi Mi4i Tidak Mau di Charge
Ini masalah yang sedang saya alami sekarang. setelah muter-muter di internet seharian, saya tidak menemukan cara mengatasi Xiaomi Mi4i yang tidak mau di charger setelah upgrade ke MIUI 7.

Walaupun saya sudah menemukan sekitar 5 thread yang sama di forum-forum terbeda, namun belum ada yang case closed.

Akhirnya saya coba mengatasi dengan analisa dan penalaran saya sendiri. Saya berpikir, mungkin upgrade nya kurang hati-hati. Berikut pemahamannya:
  • Upgrade berbeda dengan clean install, atau kalau ga salah orang nyebutnya flashing. Dari notifikasi upgrade xiaomi sendiri, kita hanya diminta mengupgrade saja kalau sudah punya ROM terbarunya. Tentu dengan langkah yang dianjurkan.
    Kemarin saya upgrade yah langsung main upgrade aja, apalagi hp saya sudah sering saya rusak-rusakin , sudah di root dan segala macem. Bisa jadi ini masalahnya. Tapi belum saya coba karena saya langsung hapus downloaded rom nya, maka saya lanjut ke penalaran kedua.
  • Masih dengan keadaan hp saya yang sudah di root + twrp nya juga. Saya mencoba clean cache dan reset, semoga-semoga ini berhasil. Maka saya masuk ke twrp dan reset seluruh settingan di hp saya. Sehingga kondisinya balik lagi menjadi factory setting, semua aplikasi saya hilang. Hmmm. Cara kedua ini berhasil, kalau tidak berhasil, saya anjurkan pakai cara yang pertama.

Solusi Paling Mutakhir Mengatasi Xiaomi Mi4i Tidak Mau Di Charge

Perlu diketahui, xiaomi memiliki fitur auto cut. Fungsinya? Autocut ini adalah fungsi untuk menahan daya yang masuk, ketika pengisian baterai sudah sampai 100%. Apakah bisa di customize? Kayaknya ga bisa. Beda dengan laptop yang beberapa merk punya fitur yang sama, namanya mungkin smart charging, contohnya kalau di Laptop Vaio kita bisa mengatur pada level berapa % baterai tidak menerima daya yang masuk.

Jadi, di beberapa hp xiaomi yang beredar, fitur ini tidak berjalan mulus, banyak yang gagal. Harusnya fitur auto cut tersebut akan mati sendirinya kalau charger sudah dilepas. Sayangnya tidak.
Ini menyebabkan hp xiaomi tidak mau di charger walaupun baterai nya sudah low bahkan 0% sekalipun.
Untuk mengatasinya, coba langkah berikut:
  1. Coba reboot hp kamu, kemudian charge kembali.
  2. Jika tidak bekerja, biarkan charge tetap terhubung sekitar 30 menitan atau lebih.
  3. Jika belum berhasil juga, lakukan hal yang sama.
    Namun hp dalam keadaan mati.
  4. Biasanya di langkah ke 3 ini berhasil.
    Tapi masih ada masalah selanjutnya, yaitu chargingnya “lost and connect”, so, karena putus nyambung, pengisian baterainya cukup lama.
  5. Untuk mengatasi masalah di nomor 4, coba lakukan kalibrasi baterai. Caranya, gunakan baterai sampai benar-benar habis, lalu charge dalam keadaan mati, sampai 100%.
    Yah kalau kamu bersabar, lakukan sampai 3x sirkulasi pengisian sampai penuh.

Cara Paling Ampuh Mengatasi Xiaomi Mi4i yang Tidak Mau di Charge

Bagaimana jika belum berhasil juga?
Sebelumnya saya ingatkan, saya sudah mencari solusinya di beberapa forum, tapi belum ada yang closed. Maka cara ini hanya berdasarkan nalar saya aja. Silahkan di coba kalau kamu siap untuk lelah. Di thread yang saya baca, hampir semua menyarankan untuk membawa hp xiaomi yang tidak mau di charge agar dibawa ke service center.

Nah bisa dikatakan ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi hp xiaomi yang tidak mau di charge. Apalagi jika masih garansi, jika mereka tidak bisa memperbaikinya, maka biasanya diganti yang baru. Mayan kan..

Yaah, begitulah caranya mengatasi hp xiaomi mi4i yang tidak mau di charge. Apa boleh buat, cuma ini hp saya satu-satunya dan memang sedang dibutuhin banget untuk bulan-bulan ini, sehingga saya mengurungkan niat untuk membawanya ke service center.

Update!! Mengatasi Masalah HP Xiaomi Tidak Bisa Di Charge | Sabtu April 2016

Setelah berhasil dengan langkah-langkah sebelumnya yang telah saya jelaskan diatas, ternyata hasilnya tidak berjalan maksimal. Beberapa hari kemudian, hp xiaomi mi4i tidak mau di charge lagi. Saya sempat berpikiran untuk membawa hp xiaomi saya ke Xiomi Service Center Jakarta Roxy Mas.

Eh tapi tunggu dulu, bukankah hp xiaomi tidak mau charge awalnya karena upgrade ROM? Apa salahnya di downgrade lagi? PAS! Akhirnya saya coba untuk downgrade ROM xiaomi mi4i saya.
  • Pertanyaan pertama, ke versi berapa? Awalnya juga saya bingung, saya coba cari-cari release version ROM untuk xiaomi mi4i yang paling stabil dan ketemu di satu forum xiaomi, yakni Global Stable ROM V6.5.6.0.LXIMICD. Tidak tersedia di website resmi, karena disana hanya menampilkan 3 versi terakhir saja.
    Untuk mendapatkannya kamu bisa gunakan link berikut.
  • Sebentar sebentar, kan hp nya tidak bisa di charge, otomatis tidak bisa terhubung ke MiPhone juga dong. Saya terpaksa download melalui hp, gunakan Cm Browser supaya lebih cepat.
  • Selanjutnya, silahkan reboot ke recovery.
    Jangan lupa untuk wipe cache dan … happy flashing.
  • Kalau sudah berhasil, silahkan di upgrade lagi ke ROM yang terbaru, InsyaAllah masalah baterai tidak mau di charge di hp xiaomi sudah teratasi.

Update!! | Senin 31 Juli 2017

Buat teman-teman yang masih menghadapi kendala dengan masalah xiaomi tidak mau di charge, bisa mengikuti tips berikut:
  1. Cari colokan lain (dari sebelum2nya
  2. Colok, dan seperti biasa tidak ada respon, kalaupun ada paling cuma kedip-kedip LED merah, dan kemudian no respon.
  3. Coba biarkan berkedip, atau mati sendiri dalam 5 sampai 10 menit.
  4. Tekan tombol kunci + volume atas secara bersamaan. 
  5. Xiaomi akan menyala dan muncul pilihan bahasa, pilih Inggris (dengan menggunakan tombol volume), pilih dengan tombol power atau kunci. 
  6. Kemudian akan muncul berbagai opsi, pilih power off, dengan cara yang sama (tombol power dan volume). 
  7. Charging akan bekerja, biarkan dalam kondisi ini hingga 75%. 
Tested on Xiaomi 4C.
Credit: Ridho Azlam Ambo Asse

Terima kasih mas Ridho atas sarannya pada komentar di artikel ini. Semoga membantu.

99 comments:

  1. Wah, nggak keren nih caranya.. Masak gitu aja nggak bisa.. :D
    Nih, abang kasih tau cara yang lebih mudah lagi buat ngatasinya:
    1. Buka aplikasi browser, kalo bisa UC Browser atau browser lain juga nggak apa - apa..
    2. Ketikkan alamat ini : Lazada.co.id atau Blibli.com atau blanja.com atau tokopedia.com dan alamat kawan - kawannya
    3. Ketikkan di kolom pencarian dengan keyword : "Xiaomi Mi4i"
    4. Pilih beli sekarang
    5. Silahkan lakukan pembayaran
    6. Tunggu HP Xiaomi Mi4i lae sampai ke kostan / kantor
    7. Dijamin, HP Xiamoi lae bisa dicharge

    Selamat Mencoba :)

    NB.
    *Untuk menghilangkan prustasi, Lae sebaiknya juga melemparkan HP Xiaomi Mi4i lae yang lawas ke sumur atau kali juga boleh lah..
    **Cara ini mungkin agak sedikit kurang cocok untuk anak kostan, terutama di tanggal - tanggal tua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaaha makasih loh ndu atas solusinya. Tapi kayaknya makin frustasi ini.

      Delete
  2. Halo gan, aku punya mi4i yg betrai 0%, posisi mati,aju coba cas tp 0% dan padam lagi layarnya.. Begitu terus berulang2 dan gak kunjung mengisi layar hanya berkedip muncul logo mi dan gambar betrai 0% lalu padam dan muncul lg logo mi lalu gambar betrai 0% begitu seterusnya.. Aku harus gimanq gan.. Mohon solution nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa gan, biarin aja chargernya tetap terhubung. Pelan-pelan nanti daya nya masuk ke baterai.
      Setelah > 10 % bisa dihidupin, di charger lagi, kemungkinan ga putus nyambung. Setelah itu manfaatin deh baterai yang ada buat reinsall ROM nya ,

      Delete
    2. Bang fathur, kalo yang saya xiaomi redmi 3, di cas indikatornya ga nyala, tapi pas hp gua dinyalain paksa dia mau nyala dan cuma sampe logo xiaomi aja, itu gimana ya mohon solusinya

      Delete
    3. Maaf Sepertinya masalakita sama, tetapi bagi saya bukan Batrai yg kehabisan Power/tegangan sebab, batrai saya buka trus saya ukur tegangannya menunjukkan 3,4xx Volt


      sepertinya ada yg lain,

      Delete
  3. Gan, saya punya xiaomi redmi 3, udah 3 hari ini saat di charge hanya sampai 45%, walaupun di charge semalaman, itu pun juga boros, gimana cara ngatasinnya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di upgrade dulu deh ROM nya mas :)

      Delete
  4. Kasus nya hampir sama dgn xiaomi punya ku gan..tp bedanya punya ku redmi 3 gan...udah hmpir 2 bulan gk masih gk bisa juga di charger..smpai nekat untuk ganti baterai..tp gk ada hasilnya juga gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lebih parah ,dibawa keservice ternyata ditolak dengan alasan rusaknya udah parah -_- padahal matinya tiba" waktu dicarger dan indikatornya jga g hidup.
      Kalo aku Redmi 3s pro.

      Delete
  5. Sumpah mi4i ku udh mati.mau d charge gk bs.pusing bgt ini gmn ya.udh d diemin dlm keadaan mati selama 4 jam pun gak bisa.gimana ya :(

    ReplyDelete
  6. Untuk kasus yang hampir sama :) , coba di upgrade dulu ke ROM yang terbaru yaaa
    Kalau terkendala di quota/dll , coba di restore default .. ahahaa
    Biasanya sih emang pengaruh dari ROM sendiri... Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  7. bagaimna mengetahui kalau baterainya sudah penuh untuk dicoba lagi, karna di kasus saya indikator warna merah, setelah beberapa menit indikator mati

    ReplyDelete
  8. Gan mau tanya gimana caranya flashing dari hp ya? Ane udah download rom nya dari link yang ente kasih, terus udah di wipe cache juga, nah pas mau update dari boot mode kagak mau soalnya batre 0%, ane udah charger tuh hp tapi kagak naik naik persentase nya ada saran gak gan?

    ReplyDelete
  9. Gan hp gue xiaomi redmi note 3. Uda seminggu kalo di chager gak mau penuh. Lama bangrt penuh nya. Semalam di charger beleum tentu penuh.
    Mohon bantuan nya gan..

    ReplyDelete
  10. Hp gue xiaomi redmi note 3 gan. Uda lima hari kalo di charger gak mau penuh. Walau semalaman di charger gak mau penuh.
    Mohon bantuan nya gan..

    ReplyDelete
  11. Gan hp gue xiaomi redmi note 3. Uda seminggu kalo di chager gak mau penuh. Lama bangrt penuh nya. Semalam di charger beleum tentu penuh.
    Mohon bantuan nya gan..

    ReplyDelete
  12. Hp xiaomi note 3 gue gak bisa di charger

    ReplyDelete
  13. Masalah ini terjadi pada redmi 3 saya. Hp hanya bisa di charge ketika dalam keadaan fastboot, kalo udh di OS tidak mau charge. Saya sudah coba downgrade ke miui 7, masih belum bisa. Sekarang kl mau charge harus ke fastboot mode.Ada saran solusi gan?

    ReplyDelete
  14. punya saya redmi note 3
    indikatornya -2

    ReplyDelete
  15. Kayaknya xiaomi punya penyakit permanen nih. Pengalamanku sama. Beli redmi note 3 pro. Baru seminggu mampet saat di cas. Aku kembalikan toko. 3 hari jadi. Aky pakai. Hidup 1 minggu, baterai nggak bisa diinfus lagi setrumnya, saya kembalikan ke toko. Katanya 3 bulan baru jadi. Ini sudah 3 minggu. Belum ada berita. Kapok rasanya belu xiaomi 2 kali selalu punya kasus.

    ReplyDelete
  16. gan, mau nanya. xiaomi redmi 3 saya abis batre gegara chargenya ilang, dan ketika aku cas pake charge temen ga bisa nyala, cuma lampu idikatornya kecip kedip warna merah, udah aku tungguin berjam jam tetep cuma kedip kedip merah, solusinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  17. Pinya saya juga gan.. gimana iya di carjer semalaman gk masuk2

    ReplyDelete
  18. Bang hape saya Xiaomi resmi 3 pro bermasalah pada pengisian baterai. Baterainya abis/0% di sambungkan ke charger cuma keluar logo mi trus pengisian baterai udah semalaman nge cas kok cuma 2 % ya. Tolong dong mungkin ada yang bisa d sarankan

    ReplyDelete
  19. Bang kalau punya ku Xiaomi Mi4c dia kehabisan batrai dari semaleman terus udah ak coba ces tp di lampu leg nya gag muncul warna kuning sama sekali ak kira kan cesnya yg rusak jadi ak coba deh beliin ces yg baru pas ak tekan tombol powernya, di lampu lag nya dia cuma berkedip kedip warna merah doang posisi hp gag panas jga gag dingin bngt.
    Pas ak cabut ehh dia tetep mati gag mau nyala pas ak coba ces lagi tp respon tetep sama cuma kedip kedip doang
    kasih solusi dong bang.
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. Wahhh, makin kemari kok makin banyak yang ngalamin yah :(

    ReplyDelete
  21. Om...hp saya cuma bisa di xharge klo kondisi hp mati..klo hp dinyalkan otomatis putus koneksi listriknya...kejadian setelah update yg baru..xiaomi mi4i versi miui 8.1.5.0

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru denger ini kasusnya,
      waktu upgrade, prosedurnya udah bener?
      ada putus ditengah jalan?

      Delete
    2. samaan tapi bukan karna upgrade versi punyaku gara" kehujanan

      Delete
    3. wahh sama tuh gan kasus nya kyk ane.. abis naik versi, trus parah nya lagi kalau mw nyalain hp nya enggak bisa nyala klo enggak sambil di cas.. ada saran nya enggak gan.?

      Delete
    4. sama gan kasus nya kyk ane, itu kejadian abis naik versi.. trus lebih parah nya lagi hp enggak bisa di nyalain klo abis di matiin.. cara nyalain nya itu harus sambil di cas.. nahh itu saran nya gmna yh.?

      Delete
    5. Ane juga ngalamin. Mi4C kalo mau dinyalain kudu sambil di cas. Kalo di cabut HP langsung koid, walaupun kondisi batere di atas 90%.
      Mohon solusinya

      Delete
  22. yeay berhasil, heheheh trs setelah ini cr upgrade rom yang baru nya gimana, trs kl instalan nya yg di download td boleh ga di hapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat :D
      bisa update langsung dari system update di hape nya, atau download manual di web xiaomi miui nya
      http://en.miui.com/download-263.html

      kalau udah berhasil di update, image nya gapapa kok dihapus

      Delete
  23. gan klo saya redmi note 4 gk bisa di charge pake cargher asli tapi klo pake charger laen bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan charger nya beda gak mas?
      charger yang ga bisa udah dicoba ke hp lain?

      Delete
  24. HP Android redmi 3 ... Kejadian baru kemaren, abis upgrade ke MIUI terbaru ... Abis itu ane langsung bawa jalan tuh seharian sampe sore udah sisa 10% pas ane cas ga masuk" ... Terus ane coba matiin hpnya ... Pas mati ane cas cuma muncul logo terus indikator baterai tapi mati lagi ... Udah di biarin semaleman malah 0% gimana nih solusinya ? Ada yg bisa bantu ?

    ReplyDelete
  25. mas redminote 3 pro saya ketika di charge, ga nyala indikator charging nya. dan daya gamau masuk sama sekali. searang gabisa nyala udah pake segala jenis kabel data...

    ReplyDelete
  26. very useful article... Sangat bermanfaaat ...thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Hariyanto sudah berkunjung :))

      Delete
  27. Xiaomi banyak penyakitnya. Nyesal belik nya. Baru belik sebulan udah banyak ngulah. Pasang kamera atau video macet2. Ngecas dari pagi ampe malam batrenya gak penuh2. Produk gagal ni kayak nya. Pantesan murah. Wkwkw.. punyaku redmi note 4. Masalah yg paling buat aku gondok di chas dari 0% ditunggu 24 jam cma nambah 15%. Padahal fast charging. Please kasi solusi bang ucok.

    ReplyDelete
  28. saya punya permasalahan yang hampir sama dengan teman-teman di atas, hp saya xiaomi redmi 3prime. awal mulanya muncul permasalahan pada saat saya update ROM, ketika itu saya berhasil mendownload file nya(resmi dari aplikasi update di Mi3Prime) namun karena batre saya tinggal 3% sehingga tidak memungkinkan untuk update karena harus minimal 30% kemudian saya charge mi3prime dan daya tidak masuk termasuk indikator charging tidak menyala, kemudian saya googling dan info yang saya dapatkan harus di reset kemudian saya lakukan petunjuk tersebut dan alhasil tetap saja tidak bisa di charge. kemudian setiap saya charge mi3prime selalu "lost and connect" . ketika saya menyoba untuk menekan tombol power mi3prime hanya mampu menyala hingga logo xiaomi dan padam kembali. dan akhirnya batre selalu 0% dan nyambung kemudian padam kembali ketika di charge. penggunaan mi3prime baru sebulan.

    ReplyDelete
  29. kalau masalah saya sama juga, ga mau di charge gara gara kehabisan bateray dan waktu saya charge tidak mau masuk daya nya, itu setelah saya update rom miui8 terbaru,namun saya coba buat bongkar lepas battery nya. saya lakukakan trick kecil dengan nonremove batterry nya, saya beli dekstop charge dengan berbekal kabel serta pencapit saya pasang di kutup positif dan negatif nya, batterry bisa di charge sampek 50% ,tapi setelah saya pasangkembali hp pun kembali nyala, tapitetap tidak mau di charge, aduh bingung. langkah terkhir saya charge lagi dan saya flash ulang,,,

    ReplyDelete
  30. Kak hp saya xiaomi mi4i trs kalo dicas meskipun udh semalem tapi tetep cuma sedikit ngecasnya. Harus digimanain ya?

    ReplyDelete
  31. Hp saya Xiaomi Mi4 4GLTE beberapa hari ini di cas kadang ga mau, tapi sekarang bener bener ga mau di cas sama sekali, ada yang tau solusinya?

    ReplyDelete
  32. mas mau nanya hp saya redmi note 3 pro udah ubl root twrp, kemaren sblm tidur jam 2 pagi baterai 20% lalu ak cas dan br aku cabut skrg jam 2 siang tp kok malah berkurang jd 10% y gan? aneh ya gan? aku juga bingung... tp barusan dpt info dr emak gue emang dr td malem sedang pemadaman listrik gan... qeqeqe...

    ReplyDelete
  33. Bgi temen2 ak punya masalah yg sama dgmu smua tp ak punya solusi gampang ganti aja conector/colokan baterenya udah beres ga ada putus nyambung lgi

    ReplyDelete
  34. Masalahku sama solusiy gampang ganti conector/colokan baterey sharga 50rb udh gak putus nyambung lagi.. Slmat mencoba drpda pusing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, terkadang permasalahan bisa juga di chargernya.
      Biasanya karena sering pakai charger yang ga sesuai daya keluarannya dengan charger bawaan.

      Seperti xiaomi saya sekarang, kalau pakai charger lain, ex; samsung, mentok di 30% setelah itu gamau nge charg lagi. (0.15 A) , lebih kecil daripada yg dibutuhkan hp :)

      begitu juga kalau kebiasaan pakai charger yang ampere nya kegedean, pas pakai charger bawaan, daya nya ga masuk

      ^ ^

      Delete
  35. ternyata banyak kasus serupa yah. ane googling case ini mas fathur ini di list no satu.
    ane baca2 beragam korban dan cerita.
    termasuk ane juga sama nih, tapi liat curhatan yg lain ternyata masih agak mendingan sih, ane ga bisa ngcash klo kondisi nyala, tapi klo mati dia masuk normal.

    pertama saya beli hp mi4c itu samaan pa ce ane.
    jadi pas ane ga bisa charge ane coba pake kabel punya ce ane, atau coba charge ke hp doi ternyata jalan.
    jadi kabel kyknya aman. apa kasus gw dari OS nya yang eror di auto cut nya?

    ReplyDelete
  36. gan... xiaomi mi4i saya stlh dcaz dlm keadaan mati stlh 100% trus dhidupkan trnyta 95 %, trus saya caz lg smpe full 100% bsok pginya saya hidupkan kok jd 50%?? itu prmslahannya apa gan?? mohon dbantu thx...

    ReplyDelete
  37. gan.. xiaomi mi4i saya klo dcas dlm keadaan mati smpe full 100 % trus dhidupkan trnyta cma 95% sja, trus klo dcas smpe 100 % trus dimatikan bsok paginya dhidupkan lg trnyta sisa baterai 50% sja... itu mslahnya knpa gan?? mohon dbantu.. thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas,
      Saya juga pernah gitu. ROM nya masih default atau sudah custom ya?
      Coba di kalibrasi saja baterainya, itu permasalahannya ada di pengukur daya baterainya, sudah ga akurat lagi, jadi perlu dikalibrasi.

      Caranya bisa dilihat disini yah: http://www.fathurhoho.id/2016/04/cara-kalibrasi-baterai-hp-android-yang-benar.html

      Delete
    2. ROM nya msh default gan...

      Delete
  38. salken mas fatur ,kejadian nya sama dgn yang sy alami kemarin penyebab nya gr2 pake colokan dr charge mobil yg agak longgar ( hp sy xiaomi mi note lte).Waktu pertama kejadian sy biarin aja colok charger dr pagi ampe sore (konfisi hp nyala-mati2), tau nya bener sendiri.. trus pas dah bener sy flash pake rom global miui 8 success dan charger normal menu batery power pun bisa di buka. Tapi malem besok nya pas sy mau nge charge kejadian kayak gitu lagi error gak mau nge charge,sy coba cbut colok charge masih tetep ga nge charge, sy coba colok pc ga ke detect juga, akhirnya setelah set.jam sy utak atik kepikiran pake cara yg agak keras.Sy liat ada jarum pentul ane coba colok ke lobang konektornya tapi pelan2 di geser muter2 maksud sy ngebersiin rongga konektor nya barangkali ada kotoran yg nempel setelah itu sy coba colok lagi charger nya eh.. alhamdulillah bisa jalan lagi dan sy cb colok pc juga dah bisa ke detect lagi, jd klo yg sy alamin kynya murni dr konektor.Itu share dr saya moga membantu ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas Riky.
      Wah iya terimakasih share nya, ada beberapa kasus juga terjadi karena tembaga di port adapternya sudah korosi :D, jadi emang bisa dibersihkan dengan cara mas diatas. Tapi biasanya, ini gak lama lho, hehe. Biasanya suuka balik lagi charginngnya gamasuk.

      Btw thanks buat share dan kunjungannya ^ ^

      Delete
  39. Hallo mas mas. Minta bantuannya ni. Hp xiaomi redmi 4 saya kena air hujan. Trus saya udah keringing , tp pas di cas batre nya cuman ada logo mi dan 0% terus ga nambah2. Udah beberapa kali di cibain gt terus msh ttp aja 0%. Minta solusinya mas. Terimakasih sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 0% di layar saja namun daya sebenernya tetap terisi kan?
      Berarti sensornya udah bermasalah mas. Dibiarin gapapa, asal nyaman :D

      Tapi saya sarankan buat bawa ke service center atau teknisi yg berpengalaman deh, ga harus ke service center. Kan biayanya lebih murah :D

      Delete
  40. Hallo gan. Saya punya redmi 4 tp pas di charger dlm keadaan mati cuman ada logo mi trus chargernya naik tp ttp aja 0% ga nambah2. Lalu saya ulangin tetep aja gt. Solusinya gmn ya gan.

    ReplyDelete
  41. Gan hp xiaomi redmi note 3 pro ane 0 % terus padahal rom nya udah rom global,tolong dong gan

    ReplyDelete
  42. bang hape saya redmi note 3 pro, gatau knapa ini kok kalo keadaan normal di charge gabisa. tapi kalo di reboot sambil connect-in charger nya bisa ngisi. begitu juga kalo keadaan mati dia bisa ngecharge. gimana cara balikin jadi normal lagi ya bang? terimakasih

    ReplyDelete
  43. kak HP xiaomi 4a mati total..... ngak bisa di charge ..... udahganti charger tetep gk bisa....... saya musti gimana yah kak .... padahal tadi nya bisa ...... cuman kayak ada pemberitahuan powerbank kepanasan gtu sebelumnya..... saya harus gimana yah kak

    ReplyDelete
  44. kak hpsaya xiaomi 4a ngak bisa di charge padahal udah diganti ganti chargernya tetep gk bisa .... sebelumnya saya charge pakai powerbank kayak ada pemberi tahuan penggisiian panas gtu .... saya musti gimana yah kak

    ReplyDelete
  45. Kak HP redmi note 3 tidak bisa cas dengan normal, pertama saya harus kasih mati HP saya dan keluarkan kartu SIM haibis itu kasih masuk lagi langsung dia langsung ter cas. Ada solusinyanya kah tidak

    ReplyDelete
  46. Bang kalo upgrade rom datanya juga harus di apus yah?

    ReplyDelete
  47. Hape saya xiomi redmi note3 masalahnya hampir sama ga bisa ngecas langsung klo mau ngecas harus di restart dlu baru bisa ngecas. Itu solusinya gimana ya..

    ReplyDelete
  48. Gan ko sy perhatiin semua masalah Xiaomi 0%

    Punya saya ni ga mau di case mash 0% tidak mau masuk masuk...

    Pusing Xiaomi heran

    ReplyDelete
  49. gan tolong sayaaa, hp xiaomi redmi 1, nah dicharge mentok terus 1-2% pas dicharge tiba" putus dayanya
    sekitar 2-3 menit didiamkan gatau kenapa, jadi ga ngecharge, dan kalau dicharge harus dilipat" kabelnya. saya charge pake chargeran kodok selama 20-30 menit juga nihil, cuma 2% ngisinya, saya gatau masalahnya ada dibaterai, konektor, apa software? tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  50. Mi4i saya jg sprti itu, tp udh ktahuan caranya gmn, yaitu, sebelum hp khabisan batre, hubungkan charger dgn hpnya trlebih dahulu, lalu tekan tombol on/off yg lama sampai layar dlm keadaan mati lalu muncul huruf mi dilayar, baru lepas tombol on/off yg ditekan, alhasil hp bisa ke charge, namun indikator dilayar tdk menunjukan sedang ng'charge, tp led indikatornya hidup, artinya itu sedang ng'charge..
    Selamat mencoba.

    ReplyDelete
  51. Hp Redmi 3 di-charge semalam cuma 55%

    ReplyDelete
  52. AnonymousMay 04, 2017

    wow masuk di akal punya ane xiaomi redmi 3 bisa dicharge tapi 0% di flashing gk mau jalan program,sampai 3 jam gk jalan2 apa penyebabnya ?

    ReplyDelete
  53. Maaf min izin bertanya, saya punya Xiaomi resmi 3 pro, setiap di charger tuh lama banget naik ke persen selanjutnya, kadang suka stuck di persen tersebut, dan sayapun pernah mencharger hp semalaman, tapi hanya terisi ±35%, mohon solusinya min, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  54. Maaf min izin bertanya, saya punya Xiaomi resmi 3 pro, setiap di charger tuh lama banget naik ke persen selanjutnya, kadang suka stuck di persen tersebut, dan sayapun pernah mencharger hp semalaman, tapi hanya terisi ±35%, mohon solusinya min, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  55. Tulisan ini sudah setahun yang lalu namun kasusnya makin ramai sekarang .. wah wah.
    Xiaomi saya sejak artikel ini dibuat, sampai sekarang Alhamdulillah tidak pernah bermasalah lagi.

    Kurang tau apa penyebabnya mungkin ntar perlu di research dan di update lagi artikel nya.

    Untuk saat ini sarannya coba gunakan charger originial, paling tidak daya nya sesuai dengan requirements handphone, jangan kelebihan apalagi kurang (biasanya ini yg suka pakai powerbank) ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. si om pake miui versi berapa ..??

      Delete
    2. skrg posisi pake MIUI berapa om ..??

      Delete
    3. Saat ini saya menggunakan MIUI Global 8.1 | Stable
      8.1.7.0 (LXIMIDI) dan tidak pernah mengalami kasus baterai tidak mau di charging sejak artikel ini dibuat. hehe

      Delete
  56. Gan nambaah 1 kasus lagi ni punya saya mi4 prime.. di cas mesti ke laptop baru naik tp mengok 25 persen solusi gan

    ReplyDelete
  57. COba lakukan ini bagi yg cas tidak mau masuk. atau nyala LED dan terakhir batre tersedot hingga 0%.

    1. Cari colokan lain (dari sebelum2nya)
    2. colok, dan seperti biasa ga ada respon. kalaupun ada paling cuma kedip2 LED merah. dan no respon again.
    3. coba biarkan berkedip, atau mati sendiri selama 5-10 menitan
    4. tekan tombol kunci + volume atas.
    5. ntar nyala dan muncul pilihan bahasa , pilih inggris (kasih turunnya pakai tombol volume) , pilih dgn tombol power/kunci.
    6. kemudian muncul berbagai opsi pilihan, pilih power off. masih pakai tombiol voulme dan kunci/power.
    7. cas masuk. biarkan cas sambil mati hingga 75% kalau bisa.

    saya coba di xiaomi 4c saya yg makin rewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa, terima kasih mas Ridho atas tips nya :)

      Delete
    2. so far.. cara ini yang paling ampuh, makasih mas.. hampir nyerah pake mi4, gegara mogok di cas!

      Delete
    3. mohon maaf gan. kalo misalkan hp ndak mau ngecas. tp setelah hp restart baru bisa ngecas gimana solusinya gan. hpq mi4c

      Delete
    4. Apakah cara-cara diatas sudah ada yang dilakukan dan tidak berhasil mas @Mari Wisata?

      Delete
  58. Maaf gan saya mau tanya kenapa hp saya xiaomi redmi 3x saat mau di cas putus nyambung padahal saya nggak ngapa-ngapain.

    ReplyDelete
  59. Bro hp saya xiomi redmi 3s, ketika saya cas hp tst malah putus nyambung", udh di coba jg dgn carger lain gt jg putus nyambung",, kira" kenapa ya, apa tw agan cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicoba untuk kalibrasi baterainya mas?
      Kebetulan saya punya artikel untuk ini : http://www.fathurhoho.id/2016/04/cara-kalibrasi-baterai-hp-android-yang-benar.html

      Semoga membantu

      Delete
  60. kalo redmi 3 saya lumayan bikin pusing juga gan. ketika charger dicolokin muncul tulisan "charging" di layar, tp pd status bar gak ada tanda2 spt bateray yg lagi dicas dan meski semalaman dicas ga nambah 1% pun. yg juga aneh menurut saya ketika dicolokin ke pc bisa kebaca, bisa transfer file tp ttp gak bisa ngecas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika di hubungkan dengan PC masih bisa terbaca. Coba download saja ROM yang resmi nya mas.
      Lalu upgrade atau reinstall.
      Jangan lupa wipe cache agar hasilnya lebih maksimal.

      Delete
  61. Salam kenal mas rizki, saya mau konsultasi nih,hp saya xiaomi 4i kasusnya fast charging nya gak berfungsi mas, saya sudah coba ganti kabel datanya, sempet berfungsi lagi tapi cuma beberap kali terus kambuh lagi, kondisi charger 2 ampere, kira2 solusinya gimna y mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang saya ketahui memang xiaomi rata2 memiliki ampere lebih tinggi pada adaptor2 handphone yang lain.
      Kebiasaan charging melalui laptop atau charger lain non original bisa mengakibatkan ketidak akuratan pembacaan kapasitas baterai atau bahkan daya tidak bisa masuk.

      Jika sudah seperti ini caranya bisa dengan kalibrasi baterai atau upgrade-downgrade ROM mas.
      Semoga berhasil.

      Delete
  62. Redmi note 2 ane g bisa di carge kalau hp ny on tpi kalau hp ny dlm kondisi off bisa di carge.itu kira2 ap permasalahan nya Gan

    ReplyDelete
  63. Cara ngatasi xiaomi mi4c klo ces harus keadaan mati , klo dalam keadaan hidup gk bisa...itu gimana ya gan...Solusinya...

    ReplyDelete
  64. Hp saya xiomi redmi 3s prime
    Tidak mau ngcharge klo pakai chasan
    Indikator hidup tapi gak lama mati
    Malah berkurang daya ponsel

    Tapi klo ngcharge pakai powerbank bisa
    Gimana ya solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai charger lain bisa mas?
      Kemungkinan begitu adalah chargernya.

      Delete
  65. Ane punya masalah hampir sama dengan semuanya, redmi 3 pro, cuma bisa di charge via fastboot. Kali di downgrade bisa normal lagi gak ya? Atau ada cara lain yg bisa bantu tolong comment

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai latest rom mas?
      Coba saja tidak ada salahnya kok.

      atau biar engga terlalu cape coba dikalibrasi dulu baterainya.

      Delete
  66. Gan, ada punya scatter file untuk xiaomi redmi note 2 miui8?

    ReplyDelete
  67. Gan ane mau tanya mi4i ane stuck di logo mi, tp kedip kedip aja, ga bisa masuk recovery, sudah coba di flash ulang ttp aja sama, malah kadang stuck di menu fastboot, udh coba gonta ganti versi rom pas flashing tp ttp aja ga bisa, ada solusi ga gan ? Mohon bantuan nya terima kasih.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak